Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pernah Resmi Ditutup, Ini 8 Fakta Gunung Anjasmoro di Jawa Timur

Pernah dikunjungi pendaki ilegal

Cynthia Claudia

Gunung Anasmoro merupakan salah satu pegunungan yang dapat ditemukan di pulau Jawa. Gunung Anjasmoro ini berdampingan secara langsung dengan gunung-gunung lainnya seperti Gunung Arjuna, Welirang hingga Gunung Argo Wayang. 

Gunung yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Jombang, Kediri, Mojokerto, Malang, dan Kota Batu ini memiliki ketinggian 2.282 mdpl. Gunung ini pendakiannya masih jarang dilakukan karena masih banyak area yang terutup dan dipenuhi dengan tanjakan. 

Gunung ini dulu juga pernah resmi ditutup dan sebenarnya tidak dibuka bagi para pendaki. Berikut ini adalah fakta Gunung Anjasmoro yang telah Popbela rangkum dari berbagai sumber.

1. Dikenal sebagai surga durian

huffingtonpost.com

Gunung Anjasmoro memiliki lereng gunung yang dipenuhi oleh pohon durian yang juga dipelihara. Jenis durian yang ada di Gunung Anjasmoro ini biasa adalah durian bido wonosalam, yang berbentuk lonjong, dan berwarna lebih dominan cokelat hijau abu-abu.

Daging duriannya diketahui pulen dan rata-rata tidak berbiji. Di sana, para pengunjung bebas mencicipi dan melihat berbagai pepohonan durian yang tumbuh subur.

2. Jalan menuju Gunung Anjasmoro

unsplash.com

Para pengunjung disarankan untuk berangkat dengan kendaraan pribadi atau kendaraan yang dapat disewa di daerah kota Jombang menuju desa Wonosalam. Menggunakan GPS menuju desa Wonosalam juga sekarang lebih mudah, namun para pengunjung juga bisa menanyakan rute kepada para penduduk sekitar jika masih kurang jelas.

3. Harga tiket masuk dan jam buka

tempatwisata.pro

Menurut Javatravel.net, para pengunjung dikenakan biaya seharga Rp5 ribu sebagai tiket masuk. Terkait jam bukanya juga tidak ditentukan, sehingga para pengunjung bisa bebas datang setiap hari.

4. Fasilitas umum di Gunung Anjasmoro

tempatwisata.pro

Fasilitas-fasilitas yang dapat dinikmati para pengujung di Gunung Anjasmoro juga termasuk masih sedikit. Gunung Anjasmoro hanya menyediakan lahan parkir luas bagi yang membawa kendaraan pribadi, pos istirahat bagi para pendaki, dan toilet umum. 

5. Gunung Anjasmoro pernah resmi ditutup

tempatwisata.pro

Gunung Anjasmoro sebenarnya dulu pernah resmi ditutup, namun masih ada pendaki ilegal yang berusaha mengunjungi Gunung anjasmoro. Kemunculan pendaki ilegal ini alasannya karena rasa ingin tahu para pendaki untuk menjelajahi Gunung Anjasmoro. Para pendaki tersebut menemukan berbagai jalur menuju Gunung Anjasmoro

6. Jalur pendakian ilegal menuju Gunung Anjasmoro

https://www.google.com/maps/contrib/111717276947998279691

Menurut Kompas.com, jalur pendakian ilegal paling sering ditemukan di jalur Wonosalam Jombang menuju Cemoro Sewu, yang merupakan bagian puncak dari Gunung Anjasmoro. Namun, menurut sumber lain yaitu manusialembah.com, jalur lain menuju Gunung Anjasmoro juga bisa dilakukan melalui Pabrik Jamur Cangar.

7. Alasan Gunung Anjasmoro dilarang untuk pendakian

https://www.google.com/maps/contrib/107822270548428271958

Menurut Kompas.com, ada beberapa alasan mengapa Gunung Anjasmoro dilarang untuk pendakian. Pertama, kondisi ekosistem di gunung masih utuh dan terdapat banyak flora dan fauna yang dilindungi di sana. Sehingga, keputusan untuk menutup pendakian adalah untuk melestarikan ekosistem gunung. 

Kedua, Gunung Anjasmoro juga dikenal sebagai gunung yang memiliki topografi yang curam dan terjal. Ini sangat berbahaya dan berisiko bagi para keselamatan para pendaki yang mendaki gunung tersebut. 

Ketiga, munculnya jalan tikus yang dibuat oleh para pendaki ilegal ini turut merusak ekosistem gunung, sehingga pada akhirnya juga membahayakan mereka jika terjadi kerusakan.

8. Pilihan pendakian gunung lainnya

Pexels/Yaroslav Shuraev

Di sekitar gunung Anjasmoro juga telah hadir berbagai pilihan gunung bagi para pendaki. Terdaapt 3 pilihan gunung lainnya bagi para pendaki yang ingin berkunjung, yaitu Gunung Arjuno Welirang, Gunung Watu Jengger, dan Gunung Pundak.

Itulah fakta-fakta Gunung Anjasmoro yang menyajikan pemandangan pegunungan yang cantik. Meskipun jalur pendakiannya termasuk sulit, apakah kamu tertarik mendaking gunung ini, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel