Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Instalasi Seni Megah yang Menghiasi Festival Coachella 2022

Menampilkan karya-karya inspiratif dari para seniman

Cynthia Claudia

Festival Coachella akhirnya diadakan kembali sejak tahun 2019. Tak hanya menampilkan acara musik, tapi juga berbagai karya seni penuh warna yang akan menghibur para pengunjung tahun ini. 

Karya seni yang dibawakan seniman dari seluruh dunia ini mengeksplorasi berbagai tema, namun semuanya berpusat pada konsep pelestarian lingkungan.

Berikut adalah potret deretan instalasi seni penuh warna yang menghiasi festival Coachella 2022. 

1. Mutts - Oana Stănescu

blueseaarticles.com/

Arsitek Rumania, yang berasal dari New York, Oana Stănescu, merancang beberapa patung anjing dengan posisi yang berbeda, terbuat dari bunga di halaman. Para pengunjung bisa duduk atau beristirahat di sekitar kaki anjing tersebut. 

2. Buoyed - Kiki Van Eijk

blueseaarticles.com/

Instalasi yang satu ini dirancang oleh seniman Belanda, Kiki van Eijk. Ia merancang tiga pelampung berukuran sekitar 10 meter berwarna biru, hijau, dan putih.

Masing-masing pelampung diolah strukturnya sehingga menyerupai sayap kupu-kupu, kincir angin, dan daun palem, yang terinspirasi dari keragaman budaya.

3. Cocoon (BKF + H300) - Martín Huberman

blueseaarticles.com/

Karya kepompong garapan Martin Huberman ini terdiri dari sculpture lima lantai yang dibangun dengan 400 kursi kupu-kupu BKF. Desain asli dari karya tersebut dibuat pada tahun 1938, di Buenos Aires, oleh desainer Antonio Bonet, Juan Kurchan dan Jorge Ferrari.

4. The Playground - Architensions

blueseaarticles.com/

Instalasi taman bermain yang dirancang oleh tim Archtensions ini tidak hanya berwarna, namun juga interaktif. Duo Alessandro Orsini dan Nick Roseboro, dari Architensions, merancang struktur lima menara taman bermain yang dihubungkan dengan jembatan. 

Masing-masing menara dibuat berdasarkan berbagai bentuk dengan warna yang berbeda. Para pengunjung juga dapat berinteraksi di area cermin, yang gunanya untuk meningkatkan pencahayaan. 

Lengkungan menaranya terinspirasi dari arsitektur Romawi.

5. Balloon chain

blueseaarticles.com/

Instalasi balon warna-warni ini membuat langit di padang gurun semakin berwarna. Tim dari Balloon Chain, yang dipimpin oleh Robert Bose, menciptakan sebuah sclupture berbentuk balon yang tampak melayang di atas langit, di bawah tema "Langit adalah kanvas kita".

6. Circular Dimensions x Microscape – Cristopher Cichocki

blueseaarticles.com/

Dibangun menggunakan dari lebih dari 7.500 pipa PVC, instalasi paviliun ini menunjukkan visual yang unik. Paviliun ini juga menghadirkan laboratorium tempat para ilmuwan dan seniman menghasilkan 'lukisan video' dengan memanipulasi air, garam, dan algae.

7. Spectra – NEWSUBSTANCE

blueseaarticles.com/

Menara tujuh lantai yang berwarna-warni, yang disebut sebagai Spectra ini, telah hadir di Coachella sejak tahun 2018. Menara ini memungkinkan para pengunjung untuk melihat pemandangan festival dari sudut yang berbeda.

Sebuah tangga spiral memungkinkan para pengunjung untuk naik ke atas dek observasi, untuk menikmati festivalnya secara 360 derajat. 

8. La Guardiana – LosDos

Julian Bajsel, courtesy of Coachella Valley Music and Arts Festival

La Guardiana merupakan patung penjaga imigran yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan dari berbagai belahan dunia. Patung tersebut mengenakan rok yang disebut plot, sebuah selendang, atau rebozo, untuk menggendong anaknya. 

Itulah potret deretan instalasi seni penuh warna yang menghiasi festival Coachella 2022. Apakah kamu tertarik mengunjunginya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel