Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Murah dan Lengkap, Ini 7 Lokasi Tempat Belanja Oleh-oleh di Thailand

Tak selalu Pasar Chatuchak, kok

Audia Natasha Putri

Thailand terkenal akan surga wisata kuliner ekstrem dan panorama alam yang indah untuk disaksikan. Selain dua aspek pariwisata tersebut, Thailand juga mempunyai segudang buah tangan otentik yang khas, dari kerajinan tangan, cemilan, dan fashionnya. Karena itu, tak afdol rasanya jika berpelisir ke Negeri Gajah Putih tanpa membeli oleh-oleh.

Thailand yang digandrungi aneka street food dan pusat perbelanjaan tradisional pun cukup diburu para wisatawan.

Termasuk Pasar Chatuchak yang menjadi destinasi belanja paling terkenal di antara para pelancong. Namun, selain Chatuchak, ada tempat-tempat lainnya yang juga dapat dijadikan destinasi belanja buah tangan.

1. Pasar Chatuchak

CNN International

Kalau ke Thailand rasanya seperti ada yang kurang jika tak mengunjungi pusat oleh-oleh akbar di Thailand ini.  Sebagai tempat beli buah tangan yang beken di Bangkok, Pasar Chatuchak menjajakan berbagai pilihan oleh-oleh murah dan unik. Kamu bisa memborong bermacam-macam suvenir seperti makanan, barang seni, buku, pakaian, dan aksesoris, dan lainnya.

Masuk dalam pasar akhir pekan terbesar di dunia, Pasar Chatuchak menjajakan 15.000 kios oleh-oleh yang di lahan seluas 35 hektar.

2. Mahboonkrong (MBK) Shopping Center

Soltaire Thailand

MBK Shopping Center diperuntukkan buat kamu yang senang jalan-jalan ke mal sekaligus berbelanja oleh-oleh khas Thailand. Dengan infrastruktur cukup besar dengan delapan lantai yang menjulang, MBK Shopping memiliki 2.000 toko menjajakan suvenir khas Thailand seperti pakaian, aksesori berbahan perak, miniatur, tas.

Mal ini juga menyediakan lokasi khusus di lantai 3 Blok D yang diperuntukkan untuk wisatawan hendak membeli suvenir Thailand.

3. Talat Rot Fai Ratchada (Pasar Kereta)

Expique

Meskipun bernama Talat Rot Fai Ratchada (Pasar Kereta), tetapi pasar ini tidak dilewati kereta sama sekali ya, Bela. Penamaan unik pasar ini pun belum diketahui asal-usulnya.

Namun yang pasti, pasar ini sukses menggaet pengunjung dengan ciri khas tenda warna-warni kios yang ciamik dengan corak yang penuh warna. Dengan 1.000 toko yang menjajakan berbagai suvenir dan makanan yang ekonomis, pasar ini masuk dalam daftar destinasi pilihan turis ketika ingin berbelanja.

Daya tarik pemandangan tenda warna-warni yang indah serasi dengan cahaya lampu hangat pasar ini menjadi favorit para fotografer untuk mengabadikannya lewat jepretan kamera.

Setelah puas berbelanja, kamu pun bisa mengisi amunisi dengan menyantap sajian kuliner khas Thailand yang menggugah selera, seperti pad thai, sticky mango rice, dan tom yum.

4. Chinatown

Time Out

Tak hanya di Indonesia, di Thailand juga terdapat daerah Pecinan yang digandrungi publik. Chinatown namanya. Daerah ini berlokasi di Bangkok, tepatnya di tepi timur Sungai Chao Phrayar. Melansir dari Culture Trip, dulunya Raja Rama I ingin membangun istana di sekitar area lantaran lokasinya yang strategis. Sayangnya, kini tanah itu dihuni oleh komunitas Tionghoa yang cukup besar dan cukup berkembang.

Mau tak mau, Raja memerintah masyarakat seluruh desa untuk pindah Terusan Sampeng. Area itu kemudian dikenal sebagai Chinatown Bangkok. Beragam barang bisa ditemukan di sana, seperti boneka, mainan, aksesoris, patung, dan perhiasan dan dijual dengan harga sangat murah.

5. Khao San Road

Mad Monkey Hostel

Khao San Road menjadi lokasi legendaris dan menjadi idaman para backpacker untuk berburu ragam barang khas Thailand. Tak hanya menjajakan suvenir saja, tempat ini juga digandrungi karena dunia malamnya yang gemerlap.

Dengan panjang hingga 400 meter, kamu bisa menghabiskan waktu semalam suntuk di klub, kafe, hostel, dengan maraknya pedagang kaki lima. Kawasan ini cukup populer di kalangan wisatawan asing. Kamu pun bisa membeli berbagai macam oleh-oleh seperti suvenir, pakaian, perhiasan, barang seni, dan masih banyak lagi.

6. Pasar Malam Patpong

Asian Marvel

Bagi kamu pencinta benda nyentrik, tak ada salahnya melipir ke Pasar Malam Patpong. Pasar malam ini menjadi surganya beragam barang aneh sekaligus nyentrik, seperti pisau ninja hingga teropong.

Jika kamu mempunyai jiwa negoisasi, kamu bisa mendapat barang unik yang bagus dengan harga ramah di kantong. Bermodalkan nekat, kamu bisa melakukan aktivitas tawar-menawar yang cukup ketat dengan penjual.

Berlokasi di antara Silom Road dan Surawong Road di Bangkok, pasar malam ini juga dikenal Red District ternama di Bangkok. Persis seperti Khan Sao Road, Patpong menjadi lokasi hiburan malam dengan berjamurnya aneka klub malam dan perempuan seksi yang siap mewarnai malammu yang panjang. Tak heran, pasar malam ini menjadi lokasi hiburan malam favorit orang-orang dewasa ketika melancong di Thailand.

7. Platinum Mall

Novotel Bangkok

Selain melepas penat, kamu juga bisa menghasilkan cuan sambil traveling dengan membuka bisnis jasa titip oleh-oleh (jastip). Bisnis ini digandrungi banyak orang lantaran omzetnya yang lumayan besar dan tak sulit untuk dijalankan.

Di Thailand, kamu pun bisa membeli oleh-oleh dengan jumlah banyak di Platinum Fashion Mall. Mengutip Holidify, pusat perbelanjaan grosir di Bangkok ini menyediakan 1.300 toko oleh-oleh yang tersebar di enam lantai. Dengan harga grosir yang cukup murah, mal ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang menjalankan bisnis jastip.

Menariknya, terdapat dua jenis harga untuk pakaian, yakni harga grosir dan eceran. Sayangnya, mall ini lebih dikhususkan untuk perempuan lantaran barang yang dijajakan identik dengan kaum hawa, seperti pakaian dan aksesoris.

Itulah ketujuh lokasi oleh-oleh yang bisa kamu kunjungi jika sedang di Thailand. Mana nih, yang menjadi incaranmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel