Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Depok, Murah Meriah dan Penuh Alam

Isi waktu senggang sambil menunggu azan Magrib berkumandang

Audia Natasha Putri

Tradisi ngabuburit adalah tradisi khas yang lekat dengan bulan Ramadan. Menurut Kamus Bahasa Sunda yang diterbitkan Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS), ngabuburit berasal dari kata dasar "burit" yang berarti sore atau petang. Atau secara harfiah, ngabuburit merupakan aktivitas menarik mengisi waktu seraya menanti tibanya sore hari.

Bagi kamu yang sedang atau berencana pergi ke Depok, sedang bingung mencari tempat ngabuburit? Tenang aja, Popbela telah membagikan 9 rekomendasi tempat ngabuburit seru dan murah di Depok, lho.

Di mana saja itu? Langsung saja simak informasinya di bawah ini, yuk!

1. Masjid Kubah Emas

Rumah.com

Masjid Dian Al Mahri adalah sebuah masjid besar seluas 8.000 meter yang berlokasi di Jalan Raya Meruyung, Sawangan, Kota Depok. Ciri khas masjid berarsitektur Timur Tengah ini terlihat pada 5 kubah yang dilapisi emas yang menghiasi atapnya. Lantas itu, masjid ini lebih populer dengan nama Masjid Kubah Emas.

Masjid ini menjadi favorit warga Depok untuk ngabuburit sambil menunggu bedug Magrib berbunyi. Area masjidnya cukup luas, lengkap dengan bangku taman serta pepohonan membuat suasana rindang dan sejuk.

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, kamu bisa mengisi waktu dengan perbanyak aktivitas penambah pahala di sana. Seperti berzikir, membaca Alquran, atau pun mengikuti kajian Islam. Setelahnya, kamu bisa duduk santai menikmati sore di area masjid tersebut.

2. D'Kandang Amazing Farm

Instagram.com/triisanty

D'Kandang Amazing Farm bisa menjadi opsi tempat ngabuburit di Depok berikutnya. Tempat ini menjadi andalan bagi kamu yang menyukai aktivitas berbau alam.

Di sana, kamu bisa melihat dan memberi makan hewan, belajar menangkap ikan, hingga bercocok tanam. Suasananya pun sejuk karena dikelilingi oleh pohon rindang. Cocok untuk menghilangkan penat atau ingin menyegarkan.

Harga tiket masuk D'kandang cukup ramah kantong yakni Rp20 ribu untuk hari biasa dan Rp25 ribu untuk akhir pekan.

3. Taman Lembah Gurame

Anandastoon.com

Taman Lembah Gurame menjadi tempat ngabuburit favorit bagi banyak keluarga di Depok. Di sana, beragam fasilitas menarik siap menghibur dan melukiskan canda tawa para pengunjungnya. Seperti taman bermain, alat olahraga, taman bacaan, kolam ikan, gazebo, patung warna warni hingga jalur jogging.

Bukan hanya itu, Taman Lembah Gurame dikelilingi banyak pohon rindang dan menambah kesan teduh, cocok sebagai tempat untuk bersantai sembari menunggu waktu buka puasa.

4. Hutan Kota Universitas Indonesia (UI)

Rumah.com

Hutan Kota Universitas Indonesia bisa menjadi pilihan tempat ngabuburit yang murah dan gratis di Kota Depok. Letaknya berada di dalam area Universitas Indonesia, lengkap dengan 186 jenis pohon di dalamnya. Salah satu yang menjadi primadona di Kampus UI Depok adalah pohon baobab asal Afrika, yang diameter batangnya saat ini sekitar 3,5 meter.

Untuk mengisi waktu hingga berbuka nanti, kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru di sana, mulai dari naik sepeda, jogging, memancing atau hanya sekadar berjalan santai.

5. Alun-alun Kota Depok

Travelingyuk.com

Jangan ngaku pernah ke Depok kalau kamu belum menyambangi Alun-alun Kota Depok, Bela. Di sana, kamu tak perlu khawatir ngabuburitmu akan suntuk. Kamu bisa menjajal beragam fasilitas seru yang tak boleh dilewatkan. Seperti lapangan basket, futsall, skateboard, wall climbing, arena BMX, taman bermain anak, kolam ikan, air mancur, dan lainnya.

Lokasinya berada di Jalan Boulevard Grand Depok City Nomor 25, Jatimulya, Cilodong, Depok, Jawa Barat. Alun-alun Depok buka setiap Selasa-Jumat pukul 07.00-17.30 WIB, sementara Sabtu-Minggu buka sejak pukul 07.00-18.00 WIB.

6. Situ Pengasinan

Daka Tour

Selain taman alam, kamu bisa mencoba ngabuburit di danau luas sambil menikmati cantiknya matahari terbenam di ujung danau. Di Depok, Situ Pengasinan bisa menjadi tempat menarik yang bisa kamu kunjungi.

Lengkap dengan kegiatan seru yang bisa kamu coba di tempat ini. Mulai dari bermain wahana seperti perahu bebek, bersepeda, jogging. Sedangkan untuk anak-anak, bisa menaiki kereta api mini dan sepeda mini yang tersedia di sana

Tak perlu khawatir untuk mencari hidangan berbuka puasa, di sana kamu akan menemukan banyak warung makan, street food, hingga pedagang kaki lima yang menawarkan kuliner murah dan lezat.

Lokasinya ada di Jalan Setu Pengasinan Indah Nomor 27, Sawangan, Depok Jawa Barat.

7. Situ Rawa Kalong

Opsi.id

Situ Rawa Kalong tak hanya menawarkan panorama danau yang luas dengan pepohonan hijau di sekelilingnya. Tetapi juga memikat pengunjung dengan spot foto berupa panggung apung di tengah danau yang Instagrammable.

Selain panggung apung, terdapat dinding berhiaskan mural berbagai warna yang digunakan sebagai latar foto oleh pengunjung. Tak heran, Situ Rawa Kalong menjadi tempat favorit para kawula muda untuk bernarsis ria sambil berwisata kuliner.

Lokasinya berada di Kelurahan Curug, Depok, tak jauh dari Kantor Wali Kota Depok.

Dari tujuh tempat di atas, kamu tertarik pergi kemana, nih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel