Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Rekomendasi Tempat Kamping di Magelang, Panorama Alamnya Menakjubkan

Menawarkan jajaran pegunungan yang cantik

Natasha P.

 Magelang memiliki ragam destinasi rekreasi yang menyenangkan. Lebih dari itu, kota ini juga menawarkan panorama alam ciamik nan eksotik. Kiranya ide menghabiskan waktu liburan dengan berkemah di area camping di Magelang, bisa menjadi agenda seru yang patut dicoba. Selain bisa merasakan sensasi bermalam di alam terbuka, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam dan langit malam yang indah.

Jangan khawatir dompetmu meringis ketika ingin berlibur di sini. 7 rekomendasi tempat kamping di Magelang di bawah ini mematok harga yang terjangkau, lengkap dengan pemandangan alam yang menawan. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Nirwana Loka Jaya

Dok. Nirwana Loka Jaya

Rekomendasi tempat kamping di Magelang pertama adalah Nirwana Loka Jaya. Kawasan camping ini bertempat di kawasan hutan pinus alami yang masih terjaga kelestariannya.

Sebuah pilihan sempurna buat kamu yang ingin bermalam di tengah hutan dengan pohon yang menjulang tinggi.

Area Nirwana Loka Jaya cukup luas dan bisa menjadi opsi tepat sebagai tempat kegiatan komunitas atau healing bersama keluarga. Fasilitas lengkap yang menyertai di sini yakni kamar mandi dan musala.

Lokasi Nirwana Loka Jaya: Jalan Salaman-Pancar, Pancar 2, Ngampeldento, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Kontak Nirwana Loka Jaya: 0815-7892-8221

Harga tiket masuk Nirwana Loka Jaya: sekitar Rp12 ribu per orang

2. Pinea Forest Mangli

Googlemaps.com/maps/480

Berada di tengah kawasan hutan pinus, Pinea Forest Mangli menjajakan pengalaman berkemah yang seru. Lengkap dengan aneka wisata alam yang representatif dan berpadu dengan pemandangan Gunung Andong.

Karena lokasinya berdekatan dengan pegunungan, udara di area perkemahan pun sejuk dan adem. Ragam kegiatan seru bisa kamu jajal di sini dengan mencoba beragam  wahana permainan menyenangkan.

Lokasi Pinea Forest Mangli: Grabag Ngablak, Area Hutan/Kebun, Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Kontak Pinea Forest Mangli: 0856-4029-6096

Harga tiket masuk Pinea Forest Mangli: sekitar Rp10 ribu per orang

3. Silancur Highland

Badan Otorita Borobudur

Pengalaman mahal berupa melihat langsung panorama enam gunung sekaligus dari kejauhan, hanya bisa kamu dapatkan di Area perkemahan Silancur Highland, Magelang.

View menawan berupa barisan pegunungan yang ciamik sering dimanfaatkan pengunjung sebagai latar foto yang Instagrammable. Jangan ketinggalan juga untuk menangkap momen berupa potret sunrise yang cantik di pagi hari

Lokasi kawasan kamping ini cukup strategis dan mudah dijangkau dengan motor atau mobil. Jaraknya 16 km dari pusat kota Magelang dan dibutuhkan waktu tempuh 35 menit untuk sampai ke sana.

Lokasi Silancur Highland: Dadapan, Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Kontak Silancur Highland: 0821-1010-7080

Harga tiket masuk Silancur Highland: sekitar Rp5 ribu-Rp10 ribu per orang

4. Jurang Jero

Tiket

Jurang Jero menjadi rekomendasi tempat kemah di Malang yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Hadir dengan pepohonan pinus hijau yang menjulang tinggi, mengitari seluruh area Jurang Jero.

Rentetan pohon ini membuatmu turut merasakan hawa sejuk dan adem di tempat kamping saat siang hari. Kamu bisa memanjakan jiwa petualanganmu dengan menjelajahi jejak rute lahar dingin akibat letusan Gunung Merapi di dekat area kamping.

Lokasi Jurang Jero: Dusun 4, Ngargosoko, Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Kontak Jurang Jero: -

Harga tiket masuk Jurang Jero: sekitar Rp5 ribu per orang

5. Gunung Andong

Ivacanza.co

Gunung Andong merupakan salah satu tempat kamping favorit di Magelang. Walau tak terlalu tinggi, kamu bisa menikmati pemandangan jajaran gunung memukau yang jelas dari atas puncak.

Gunung ini memiliki empat buah puncak, yaitu Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Andong, dan Puncak Alap-Alap. Para pendaki bisa bermalam memandang langit Milky Way yang indah sembari mendirikan tenda di Puncak Jiwa.

Sarana dan prasarana lengkap pun tersedia untuk menunjang kenyamanan para pendaki. Setiap posnya memiliki tempat istirahat dan warung makan. Fasilitas umum lainnya seperti musala, toilet, dan juga tempat parkir juga bisa kamu gunakan.

Lokasi Gunung Andong: Girirejo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah

Kontak Gunung Andong: -

Harga tiket masuk Gunung Andong: sekitar Rp20 ribu per orang

6. Negeri Kahyangan

Instagram.com/negeri.kahyangan

Dinamakan Negeri Kahyangan  karena tempat camping di Magelang ini melukiskan panorama alam seperti di negeri cantik di atas langit, tempat para bidadari singgah. Lokasi camping menakjubkan ini menawarkan pemandangan Gunung Merbabu yang indah yang bisa kamu saksikan dengan mata telanjang.

Fasilitas lengkap yang memadai menjadi kelebihan Negeri Kahyangan dalam memanjakan para pengunjung. Sarana operasional ini meliputi meliputi kamar mandi, musala, dan akses listrik.

Jangan khawatir juga kalau kamu perutmu keroncongan di tengah malam. Karena di sini  juga warung makan di sekitar area perkemahan yang bisa memenuhi bunyi perutmu.

Lokasi Negeri Kahyangan: Surodadi, Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Kontak Negeri Kahyangan: 0815-1071-0464

Harga tiket masuk Negeri Kahyangan: sekitar Rp13 ribu per orang

7. Mangli Skyview

Dok. Mangli Skyview

Mangli Skyview menjadi rekomendasi tempat kamping yang wajib kamu datangi. Lokasinya strategis dan akses transportasinya cukup mudah. Tempat kamping ini juga menawarkan view berupa barisan pegunungan yang eksotis dan memikat mata.

Dari sini, kamu bisa melihat jajaran pegunungan di Magelang seperti Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, hingga Gunung Andong. Cocok buat kamu yang hobi buat hunting foto. Karena di sini menawarkan spot foto berlatar pegunungan yang instagrammable.

Pihak manajemen Mangli Skyview juga menawarkan kemudahan bagi pengunjungnya dengan menyediakan fasilitas sewa tenda dan prasarana ibadah dan toilet. Jadi nggak perlu repot bawa perlengkapan sendiri, deh!

Lokasi Mangli Skyview: Area Hutan/Sawah, Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Kontak Mangli Skyview: 0818-0934-5888

Harga tiket masuk Mangli Skyview: sekitar Rp15 ribu per orang

Itulah rekomendasi tempat camping di Malang yang patut kamu kunjungi, Bela. Apakah kamu sudah merencanakan liburanmu dari sekarang?

IDN Media Channels

Latest from Travel