Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Fakta Masjid Sheikh Zayed Abu Dhabi yang Dikunjungi Jennie BLACKPINK

Arsitekturnya sangat megah dan memanjakan mata

Audia Natasha Putri

Tahun lalu, kedatangan BLACKPINK ke Abu Dhabi dalam rangka menggelar konser BORN PINK sempat viral beberapa hari. Bahkan, keseruan para anggota BLACKPINK ketika menapaki tempat terkenal ke Abu Dhabi tentu tak luput dari sorotan mata. Termasuk Jennie yang mengabadikan momen dirinya di Sheikh Zayed Grand Mosque atau Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi melalui akun Instagramnya @jennierubyjane pada Kamis, (2/2/2023).

Instagram.com/jennierubyjane

Sebagai informasi, Masjid Sheikh Zayed Abu Dhabi merupakan salah satu masjid termegah sekaligus terbesar di Abu Dhabi. Arsitektur masjid yang mahsyur serta didominasi warna putih nan hangat tentu menjadi pesona tersendiri bagi wisatawan yang melancong ke Abu Dhabi.

Jika di bulan Ramadan ini kamu ada rencana ke Abu Dhabi, simak rangkuman seputar fakta Masjid Sheikh Zayed Grand Abu Dhabi yang perlu kamu ketahui.

1. Masjid terbesar ketiga di dunia

Dok. Sheikh Zayed Grand Mosque Centre

Masjid Sheikh Zayed Grand Abu Dhabi menapaki tangga nomor tiga masjid terbesar di dunia. Dengan luas 22.412 meter persegi atau sepadan dengan 4 kali lapangan sepak bola, masjid ini mampu menampung hingga 40.000 jamaah.

2. Terinspirasi dari presiden pertama UAE

Dok. Sheikh Zayed Grand Mosque Centre

Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan adalah presiden pertama yang telah memimpin Uni Emirat Arab (UAE) selama tiga dekade lebih.

Mengutip dari Abu Dhabi Culture, demi mencerminkan pesan Islam kepada dunia, mendiang Sheikh Zayed pun membangun masjid ini sebagai tempat untuk mencerminkan nilai-nilai perdamaian, toleransi, dan keberagaman. Tak sampai situ saja, masjid ini menjadi pijakan bagi arsitektur Islam modern tanpa harus menghilangkan unsur budaya Islam yang kental.

3. Terdiri dari 82 kubah

Dok. Sheikh Zayed Grand Mosque Centre

Masjid Sheikh Zayed Grand Abu Dhabi juga berhiaskan 82 kubah yang mengitarinya. Hadirnya kubah ini tak hanya menambah kemegahan masjid ini saja. Tetapi juga berhasil menggandeng pulang rekor Guinness World Records, sebagai kubah masjid terbesar di dunia.

Ketika memasuki pintu depan masjid ini, kamu akan disapa dengan kubah berlapiskan marmer putih serta lambang bulan sabit berlapiskan mozaik kaca emas di atasnya. Tentu, kubah ini menyuntikkan kesan suci dan megah ke dalam masjid ini.

4. Lampu gantung terbesar di dunia

Dok. Sheikh Zayed Grand Mosque Centre

Saat kamu menapakai bagian dalam masjid terbesar ketiga ini, kamu akan disambut oleh lampu hias berwarna emas yang tergantung di langit-langit.

Bukan satu, masjid megah ini mempunyai tujuh lampu gantung berbahan kristal murni. Ukuran lampu gantung kristal ini pun bervariasi dan tersebar di seluruh sudut masjid. Di ruangan salat utama, kamu akan menyaksikan lampu gantung kristal terbesar berukuran 10 meter, tinggi 15 meter, dan berat 12 ton. Wow!

5. Memiliki menara 106 meter

Dok. Sheikh Zayed Grand Mosque Centre

Mengutip Abu Dhabi Culture, Masjid Sheikh Zayed Grand Abu Dhabi mempunyai empat menara setinggi 106 meter di sekitar komplek masjid. Adanya Menara ini tak hanya menambah kesan mewah saja, tetapi juga memberikan nuansa megah. Menara masjid ini memiliki gaya arsitektur hasil perpaduan tiga budaya, yaitu Maroko, Andalusia, dan Mameluke.

6. Proses pembangunan membutuhkan waktu 12 tahun

Dok. Sheikh Zayed Grand Mosque Centre

Proses pembangunan Masjid Sheikh Zayed Grand Abu Dhabi membutuhkan total biaya yang fantastis, yaitu US$545 juta atau berkisar Rp7 triliun. Tak hanya itu saja, dibutuhkan waktu selama 12 tahun untuk membangun masjid megah satu ini hingga rampung.

7. Inspirasi Masjid Sheikh Zayed Solo

Inews Jateng

Pada tahun 2022 silam, Presiden Joko Widodo dan Presiden Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) meresmikam Masjid Raya Sheikh Zayed di Kota Surakarta. Pembanguna masjid megah serba putih ini juga terilhami dari pembangunan Masjid Sheikh Zayed Grand Abu Dhabi. Sejak peresmiannya, masjid ini langsung ramai dikunjungi publik karena arsitekturnya yang mahsyur, tentu menarik perhatian banyak pasang mata.

Bahkan masjid tersebut juga menjadi simbol persahabatan antara Uni Emirat Arab dan Indonesia. Mengingat, Presiden Joko Widodo merajut hubungan baik dengan mendiang mantan Presiden Syekh Zayed dan Presiden Mohamed bin Zayed.

Itulah 7 fakta menarik Sheikh Zayed Grand Mosque yang dikunjungi oleh Jennie BLACKPINK. Kalau kamu hendak ke Abu Dhabi, wajib banget untuk menelusuri masjid ini, Bela! Selain menawarkan wisata religi yang memukau, masjid ini juga menjadi inspirasi bagi arsitektur Islam modern yang terkenal akan kemegahannya!

IDN Media Channels

Latest from Travel