Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Pulau yang Terinspirasi dari Nama Hewan di Indonesia, Apa Saja?

Bukan cuma Pulau Komodo

Audia Natasha Putri

Sebagai negara kepulauan, Indonesia terkenal akan ribuan pulau indah yang tersebar luas dari Sabang hingga Merauke. Gugusan kepulauan ini memiliki nama, bentuk, sejarah, serta pemandangan yang khas.

Di Indonesia, terdapat beberapa pulau unik yang memiliki nama seperti nama hewan. Penamaan ini tak lepas dari sejarah atau sebagai daya tarik pulau tersebut untuk menarik wisatawan untuk berkunjung.

Salah satunya adalah Pulau Komodo yang dijadikan sebagai penangkaran dan habitat asli komodo yang merupakan hewan endemik Indonesia.

Selain Pulau Komodo, berikut adalah deretan pulau dengan nama hewan di Indonesia. Apakah kamu tahu apa saja itu?

1. Pulau Pari yang terletak di Kepulauan Seribu terkenal akan keindahan lautnya, lengkap dengan pantai biru yang eksotis. Banyak wisatawan datang ke pulau ini untuk snorkeling sembari menikmati keindahan biota lautnya.

Instagram.com/pulauparijakarta

2. Terdapat susunan batu granit besar yang menyerupai paruh burung di Pulau Burung. Lokasinya ada di Belitung dan terdapat pantai cantik berhiaskan pasir putih dan ombak laut yang kecil.

Superlive.id

3. Menurut mitos, Pulau Ular yang terletak di Nusa Tenggara Barat dihuni oleh ribuan ular yang merupakan jelmaan manusia. Siapa pun yang membawa pulang ular dari pulau tersebut akan mendapat petaka.

Radar Mukomuko

4. Adalah Pulau Biawak yang bertempat di Indramayu. Dinamakan demikian karena pulau ini dihuni oleh banyak biawak. Setelah puas bermain di pantainya, kamu bisa mengunjungi makam Syekh Imam, tokoh penyebar agama Islam asal Indramayu.

Java Travel

5. Pulau Kucing di Maluku Utara ini dulunya tempat pembuangan kucing liar dari Pulau Sulabesi. Merupakan surga bagi cat lovers karena pulau ini menjadi rumah bagi ratusan kucing.

Instagram.com/eurikeoetama

6. UNESCO mencatat Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur sebagai situs warisan dunia. Pulau ini merupakan habitat asli komodo sebagai hewan endemik Indonesia.

Indonesian Travel

7. Karena bentuknya kecil, sebuah pulau di Bengkulu ini dinamakan Pulau Tikus. Spot wisata bahari di sini cukup populer dan menjadi favorit para turis untuk berlibur.

Instagram.com/ayuraminda

8. Nusa Tenggara Timur terkenal akan wisata bahari yang menakjubkan. Salah satunya adalah Pulau Kera yang memiliki keindahan alam dan lautan yang luar biasa.

Instagram.com/kedatkedut

9. Pulau Buaya di Papua Barat adalah wisata bahari dengan pesona yang cantik di Sorong, ada beragam pilihan atraksi air yang menegangkan.

Top Travel Indonesia

10. Namanya Pulau Kambing di Sulawesi Selatan. Lautnya bersih dengan air sebening kristal. Punya panorama bawah laut yang menakjubkan, pulau ini menjadi pilihan pas buat kamu yang hobi diving dan snorkeling.

Phinemo.com

Sepuluh nama pulau yang diambil dari nama hewan di Indonesia ini bisa menjadi inspirasi bucket list liburan selanjutnya, nih. Mana saja nih, pulau di atas yang ingin kamu kunjungi?

IDN Media Channels

Latest from Travel