Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Kota Termurah di Eropa, Cocok Untuk Liburan Low Budget

Mulai dari Rp3 juta-an saja!

Natasha P.

Eropa, benua terluas nomor 6 di dunia ini tak hanya sekadar memiliki pesona alam dan bangunan bersejarah yang mahsyur. Tetapi juga menjadi salah satu pionir imperialisme yang bertanggung jawab atas terbentuknya sejarah besar hampir di seluruh dunia. Termasuk persebaran budaya, perkembangan ekonomi, Perang Dunia, dan bahkan persebaran ideologi, agama, dan politik.

Eropa juga menjadi destinasi wisata impian para turis mancanegara karena menyimpan wisata sejarah dan wisata alam yang memukau. Apalagi, beberapa negara di Eropa memiliki biaya terbilang cukup murah untuk liburan. Ini juga mencakup harga tarif akomodasi, makanan, atraksi budaya, tempat wisata, transportasi di kota tujuan, dan lainnya.

Nah, kalau kamu berencana ingin menjelajahi Eropa, Popbela akan memberikan rekomendasi 10 kota termurah di Eropa yang bisa kamu datangi. Check it out!

1. Athena, Yunani

Wikipedia.com

Yunani menjadi tempat lahirnya mitologi dan kepercayaan mengenai Dewa-Dewi Yunani. Menurut sejarah, Ibu Kota Yunani, Athena sendiri dibuat pada hari saat para dewa-dewi mengadakan kompetisi. Nama Athena berasal dari nama Athena, dewi kebijaksanaan dan perang.

Mengutip Survey City Costs Barometer oleh Post Office, Athena yang berada di Yunani mendapat predikat nomor satu kota termurah di Eropa. Bagaimana tidak, untuk berlibur singkat di Athena, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 207, 18 poundsterling atau Rp3,77 juta saja, Bela!

Kamu pun bisa menyambangi destinasi wisata menarik di Athena seperti Parthenon dan Akropolis.

2. Lisbon, Portugal

collegiate-ac.pt

Kota termurah kedua di Eropa yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Kota Lisbon yang berada di Portugal. Negara ini terkenal akan wisata kuliner dan bertabur restoran ternama di Eropa.

Di Lisbon, kamu pun masih bisa menikmati hidangan mewah nan lezat di restoran ternama di sana tanpa perlu khawatir kantongmu jebol.

Survei Post Office menuliskan bahwa rata-rata biaya liburan singkat di Lisbon hanya sebesar 218,03 poundsterling atau setara Rp3,97 juta. Beberapa destinasi wisata terkenal di Lisbon antara lain Biara Jeronimos, Kastel St. George,  Praca do Comercio, dan lainnya.

3. Krakow, Polandia

Earth Trekkers

Krakow yang berlokasi di selatan Polandia menjadi surga bagi para penikmat arsitektur dan bangunan klasik bersejarah. Dengan total biaya liburan sebesar 218,55 poundsterling atau Rp3,98 juta, para wisatawan dapat memuaskan jendela wawasan dengan wisata sejarah dan edukasi yang menarik di Krakow.

Destinasi wisata ikonik di Krakow didominasi oleh bangunan kuno bersejarah, seperti Wawel Royal Castle, Rynek Glowny, Gereja Perawan Maria, dan lainnya.

4. Riga, Latvia

Cunard.com

Jika diibaratkan manusia, maka Ibu Kota Latvia, Kota Riga digambarkan sebagai sosok perempuan cantik dan modis dengan wawasan luas akan politik dan bisnis. Kiasan tersebut bukan sekadar hiperbola, Bela. UNESCO sendiri telah menetapkan Kota Riga sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO lantaran kota ini menjadi pusat budaya, politik, busnis, dan industri di wilayah Baltik.

Apalagi Riga juga menjadi kota termurah di Eropa untuk liburan. Cukup merogoh kocek rata-rata sebesar 220,32 poundsterling atau setara Rp4,01 juta, kamu pun bisa angkat koper untuk berlibur singkat di sana.

 Kota yang terletak di pesisir Laut Baltik dan muara Sungai Daugava ini juga menjajakan wisata populer seperti Kota Tua Riga (Vecriga), Central Market, Schwarzhaupterhaus.

5. Budapest, Hungaria

pexels.com/ Immortal shots

Budapest merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di Hungaria yang wajib masuk itinerary jika kamu ingin berlibur ke Eropa. Budapest menyimpan banyak bangunan bersejarah yang menawan, alam yang indah, dan juga budaya lokal yang melekat erat pun menjadi nilai jual tersendiri. Saking mahsyurnya, Budapest pun juga sering menjadi lokasi syuting film-film tersohor di dunia. Salah satunya adalah The Grand Hotel Budapest (2014) besutan sutradara Wes Anderson yang terkenal akan seni filmnya yang nyentrik.

 Survei Post Office telah mencatat bahwa dibutuhkan biaya rata-rata biaya sebesar 220,95 poundsterling, atau setara Rp4,02 juta untuk berlibur singkat di Budapest. Kota yang pernah masuk dalam daftar 20 kota terbaik 2018 versi Conde Nast Traveller ini juga memiliki wisata menarik yang wajib ditandangi.

Di antaranya adalah Fisherman’s Bastion, Istana Buda, Sungai Danube, Szechenyi Chain Bridge dan Matthias Church.

6. Praha, Republik Ceko

Prague FM

Pada urutan nomor enam, ada Kota Praha yang menjadi Ibu Kota Republik Ceko yang menawarkan liburan singkat dengan harga cukup murah. Dengan menghabiskan biaya sebesar 248,50 poundsterling atau setara Rp4,53 juta, kamu pun bisa menikmati liburan singkat di sana. Destinasi wisata di Praha yang tak kalah beken dibanding dengan kota-kota di Eropa lainnya. Antara lain Jembatan Charles, Kastel Praha, Old Town Square.

Kota ini berbatasan dengan Sungai Vltava. Jadi, nggak ada salahnya untuk mencoba untuk menaiki kano sambil mengelilingi kota melalui sungai terpanjang di Republik Ceko tersebut.

7. Madrid, Spanyol

HRS.com

Madrid adalah kota terbesar ketiga sekaligus Ibu Kota Spanyol dan merupakan kota kelahiran klub sepak bola legendaris dunia, Real Madrid. Kota ini mempunyai destinasi wisata yang lengkap dan menarik. Mulai dari landmark bersejarah ikonik, museum, wisata outdoor, wisata alam, bahkan wisata belanja pun ada di sana. Berkat popularitasnya di kancah pariwisata internasional, Madrid pun ditetapkan sebagai markas United Nations World Tourism Organization (UNWTO).

 Survei Post Office mencatat total rata-rata biaya liburan singkat di Madrid sebesar 298,81 poundsterling atau setara Rp5,44 juta. Daftar destinasi populer di Madrid pun wajib kamu kunjungi, mulai dari Istana Kerajaan Madrid, Plaza Mayor, Plaza de Espana, Museum.

8. Berlin, Jerman

pixabay.com

Sebagai ibu kota sekaligus kota terbesar di Jerman, Berlin mempunyai segudang sejarah vital yang mempengaruhi peradaban dunia. Tak hanya itu, Berlin juga memiliki beragam bangunan tua bersejarah yang megah nan historik, pesta dan kehidupan malam yang gemerlap, serta jembatan paling banyak di Eropa, yakni berjumlah 1.700 jembatan.

Menurut Survei Post Office, rata-rata biaya liburan singkat di Berlin hanya memakan sekitar 316,97 poundsterling atau setara Rp5,7 juta. Kota yang menjadi idola banyak para pecinta travelling ini juga menawarkan atraksi populer yang tak kalah menarik. Termasuk Gerbang Bradenburg, Gedung Reichstag, Tembok Berlin, Holocaust Memorial.

9. Dubrovnik, Kroasia

Lonely Planet

Dubrovnik merupakan sebuah kota di Kroasia yang berdekatan dengan Laut Adriatik. Kota ini meraup popularitasnya sebagai lokasi syuting serial terkenal Game of Thrones. Kota yang berjarak 600 kilometer dari Ibu Kota Zagreb dan berada di ujung selatan Kroasia.

Kalau kamu ingin berlibur singkat di Dubrovnik, kamu hanya perlu mengeluarkan total rata-rata biaya sebesar 318,30 poundsterling, atau setara Rp5,8 juta, mengutip Survei Post Office. Kota yang dinobatkan sebagai Warisan Dunia UNESCO ini juga menawarkan tempat wisata yang photogenic dan estetik. Antara lain Tembok Kota Kuno, Kereta Gantung Dubrovnik, Lokrum Island, dan Fort Lovrijenac.

10. Roma, Italia

Viator.com

Sebagai Ibu Kota Italia, Roma menghipnotis mata para wisatawan dengan pesona bangunan dan gereja kuno yang masih kokoh dan kental akan nilai historik. Maka tak heran, Roma selalu dihinggapi puluhan juta wisatawan lokal atau mancanegara setiap tahunnya.

Banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sana. Salah satunya melemparkan koin ke kolam air mancur Trevi dengan harapan agar impiannya akan segera terkabul. Bahkan dalam sehari, kolam ini mampu mencapai 3.000 euro yang nantinya disumbangkan kepada yayasan amal.

Selain pesona tempat wisatanya yang memukau, Kota Roma juga tergolong murah bagi para backpacker yang berencana untuk liburan singkat. Dengan total rata-rata biaya sebesar 347,17 poundsterling atau setara Rp6,33 juta.

Itulah rekomendasi kota termurah di Eropa yang patut kamu kunjungi, Bela. Kira-kira, kota mana, nih, yang ingin kamu kunjungi untuk liburan?

IDN Media Channels

Latest from Travel