Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Lokasi Syuting 'Cafe Minamdang' buat Lepas Penat di Korea

Dijamin betah nongkrong pas liburan

Ajenk Rama

Café Minamdang telah berakhir di episode ke-18. Drama Korea yang dibintangi oleh Seo In Guk ini membukukan rating yang stabil sekitar 5%. Berkisah tentang Nam Han Joon yang mencoba eksis dengan profesi dukun usai melakukan kesalahan di pekerjaan terdahulu.

Bersama sang adik, Nam Hye Joon yang meretas CCTV klien dan melakukan background checking. Nam Han Joon berusaha menyelesaikan masalah klien di sebuah kafe. Selain kisah investigasi yang jenaka, lokasi syuting drama Seo In Guk ini juga mencuri perhatian.

Lokasi syuting Café Minamdang cocok banget dipakai buat nongkrong atau foto bareng bestie saat liburan Korea. Di mana saja lokasi syuting tersebut? Melansir dari berbagai sumber, berikut daftarnya. 

1. Candy Birds Café

Instagram.com/candybirds1

Berlokasi di 207, Munbal-ro, Paju-si, Gyeongggi-do, Korea Selatan. Candy Birds merupakan sebuah kafe mungil yang berada satu area dengan Kompleks Penerbitan Ilsan. Kafe ini muncul di episode ke-8 dalam drama Korea, Cafe Minamdang.

Saat itu, Lee Ji Eun mengatakan bahwa ia melihat sesuatu sebelum Kang Eun Hye (Kim Min Seol) hilang dan dinyatakan meninggal dunia. Mereka berkumpul di sebuah kafe kecil berdinding dan berlantai kayu.

2. Ttang Ttang Chicken

Klook.com

Pada episode ke-7, Han Jae Hui (Oh Yeon Seo) dan Jang Du Jin (Jeong Man Sik) makan malam bersama di sebuah restoran ayam usai minum bersama rekan mereka. Restoran ayam yang dikunjungi kedua pemain Cafe Minamdang adalah Ttang Ttang Chicken.

Ttang Ttang Chicken sendiri memiliki banyak cabang di Korea. Sedangkan, lokasi syuting buat drama ini terletak di cabang Universitas Myeongji, tepatnya Gajwa-ro, Seodaemun-gu, Seoul, Korea Selatan.

3. Hongdae Bebeco

Philstarlife.com

Empat episode adegan Café Minamdang dilakukan di kafe Hongdae Bebeco, terutama saat Nam Han Joon diserbu oleh orang-orang. Adegan tersebut menampilkan bangunan berwarna oranye dan berdinding biru tua dengan lampu di sekelilingnya.

Hongdae Bebeco atau Minamdang and Bebeco adalah kafe dua lantai yang trendi dan terletak di 25, Dongmak-ro 15-gil, Mapo-gu, Seoul, Korea Selatan. Kafe ini menyuguhkan makanan manis seperti donat isi dengan berbagai krim rasa, kue tart, roti isi, dan pie buah.

Saat mengunjungi kafe ini, kamu bisa melihat sejumlah memorabilia dari Café Minamdang seperti instrumen ritual dukun, foto, hingga tanda tangan para pemain.

4. Gogaet Maru Swimter

Koreandramaland.com

Berlanjut ke episode 11, adegan dimulai ketika Han Jae Hui (Oh Yeon Seo) dan tim datang ke sebuah kedai kecil di dalam kabin kayu dan mengetahui Gu Tae Su mengalami insiden dan meninggal beberapa tahun lalu.

Kedai tersebut adalah Gogaet Maru Swimter. Kamu bisa mampir ke kedai saat jalan-jalan ke Gyeonggi-do. Lokasinya tidak jauh dari perbatasan Goyang di lingkungan kota Byeokje, tepatnya 193-2 Bogwang-ro, Deogyang-gu, Goyang-si, Seoul, Korea Selatan.

Di Gogaet Maru Swimter, kamu bisa merasakan minuman dan makanan tradisional khas pedesaan Korea. Pasalnya, kedai mungil ini sudah berdiri sejak 1985 silam. Kedai menjual aneka kopi, teh, dan penganan tradisional seperti goguma rebus atau chesnut.

5. Yeoncheon Hanok Café

Happycow.net

Masih di episode ke-11, ada adegan saat Nam Han Joon (Seo In Guk) dan Kong Soo Cheol (Kwak Si Yang) menyamar menjadi pramusaji di sebuah pertemuan, untuk mengetahui informasi lengkap mengenai Bibi Im (Jung Da Eun).

Lokasi penyamaran Nam Han Joon berada di Yeoncheon Hanok Cafe atau dikenal dengan nama lain C'est La Vie, sebuah kafe dengan pemandangan bukit dan jangdokdae (sebuah teras untuk menyimpan atau memfermentasi makanan).

Untuk bisa mengunjungi kafe bernuansa tradisional ini cukup mudah, karena terletak di perbatasan Gunnam-myeon dan Jung-myeon di Yeoncheon. Alamat lengkapnya di 134, Modong-ro, Gyeonggi-do, Seoul, Korea Selatan.

6. Laveniche March Avenue

Koreatimes.co.kr

Pada episode ke-13, terdapat adegan Nam Han Joon mengantar Han Jae Hui (Oh Yeon Seo) pulang. Mereka mendiskusikan perjalanan hidup di sekitar bangunan mewah dan mengatakan kepada Han Jae Hui bahwa timnya harus menangkap Gopuri secepatnya sehingga bisa berkencan seperti orang normal.

Bangunan mewah tersebut menarik perhatian warganet, ternyata bangunan itu adalah Laveniche March Avenue, sebuah kompleks perbelanjaan luar ruangan dengan tata ruang yang terinspirasi dari kanal-kanal di Venesia, Italia.

Laveniche March Avenue telah dibuka bertahap sejak 2020 lalu dan terletak di lingkungan Janggi-dong, Gimpo. Bangunan tersebut dirancang oleh Junglim Architects & Engineers. Alamat ini berlokasi di 12 Gimpohangang-4ro, Gimpo-si, Gyeonggi-do, Korea Selatan.

7. Donggang Riverview Natural Recreation Forest

Gangwon.to

Masih ingat dengan adegan Nam Han Joon (Seo In Guk) bersepeda bersama Han Jae Hui (Oh Yeon Seo) di sebuah kompleks perkemahan di episode ke-14. Kamu tentu penasaran dengan lokasi tersebut, kan?

Lokasi adegan kedua pemain di Hutan Rekreasi Alam Donggang Riverview, yang terletak di Unchri-ri, Jungseon-gun, Gangwon-do, Korea Selatan. Pemandangan sungai Donggang yang indah membuat Hutan Rekreasi Alam tidak pernah sepi dari warga sekitar.

Hutan Rekreasi Alam Donggang Riverview telah dibuka sejak 2012 dan merupakan taman ekologi atau pusat berkemah bagi keluarga bersama anak-anak.

8. Romy Zian Garden

Visitkorea.or.kr

Lokasi yang tidak kalah indah dari Cafe Minamdang ada di Taman Romy Zian. Lokasi ini muncul saat adegan Nam Han Joon dan Han Jae Hui yang menghabiskan waktu bersama di episode ke-14.

Dari layar kaca, terlihat betapa indah dan menyejukkan lokasi Taman Romy Zian. Terletak di Puncak Hwabong, Romy Zian adalah taman berukuran 330 meter persegi dan dibangun oleh seorang Presiden untuk istrinya yang sakit.

Pada tahun 2017, taman indah ini dibuka untuk umum dan dipenuhi simbol yang mewakili siklus kehidupan di sekeliling taman. Kamu yang mau berkunjung ke taman ini bisa puas menjelajahi area taman yang begitu luas dan beristirahat di salah satu kafe yang tersedia di taman ini.

Taman Romy Zian beralamat di 12, Eodowon-gil, Bukpyeong-myeon, Jeongseon-gun, Gangwon-do, Korea Selatan dan buka setiap hari jam 10:00 - 17:00 waktu setempat.

9. Najeon Station Café

Koreabyme.com

Korea memang memiliki banyak kafe mungil nan estetik, namun kafe satu ini tidak kalah menarik yang dipakai untuk lokasi syuting Café Minamdang episode ke-14 dan terletak di luar Seoul, tepatnya di Gangwon-do. 

Kafe Stasiun Najeon adalah stasiun kereta api tua yang diubah fungsinya menjadi sebuah kafe cantik. Berdasarkan informasi Koreabyme, pasca industi pertambangan batu bara di Korea runtuh, stasiun Najeon direvonasi sebagai kedai kopi untuk orang-orang yang ingin bernostalgia.

Salah satu hal yang membuat kafe ini terkesan manis dan hangat bagi pengunjung adalah kartu pos yang digantung di seluruh ruangan berisikan pesan dari para pelanggan. Tidak ketinggalan, kafe Stasiun Najeon juga memiliki spot foto yang cocok mengisi feed atau reel Instagram.

Lokasi kafe berada di 38 Bukpyeong 8-gil, Bukpyeong-myeon, Jeongseo-gun, Gangwon-do dan buka setiap Senin sampai Jumat jam 10:30 - 19:00 waktu setempat.

10. Yapyeong Cafore

Worldarchitecture.org

Cafe Minamdang episode ke-15, kamu dapat melihat sebuah bangunan putih berarsitektur modern yang menuai sorotan. Dalam drama, bangunan tersebut dijadikan sebagai Klinik Kesehatan Mental Hyyeyoon. 

Bangunan putih itu aslinya adalah sebuah fasilitas budaya yang selesai dibangun pada 2019 oleh arsitek Heesoo Kwak bernama Yapyeong Cafore, berasal dari kombinasi kata kabinet dan hutan. 

Fasilitas budaya ini terdiri dari galeri, kafe, aula pertunjukkan luar ruangan, hingga taman empat musim yang pasti bikin pengunjung atau wisawatan betah berlama-lama di tempat ini. Lokasinya berada di 458, Gangnam-ro, Gangha-myeon, Yapyeong-gun, Gyeonggi-do, Korea Selatan.

Itulah lokasi syuting Café Minamdang. Tertarik untuk mengunjunginya saat ke Korea Selatan, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel