Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Rekomendasi Hotel dan Hiburan di Chinatown Singapura, Autentik Banget!

Pesona budaya Tiongkok yang penuh sejarah

Aisyah Banowati

Baru-baru ini Time Out menempatkan Chinatown Singapura pada urutan ke-14 dalam daftar “Coolest Neighborhood in the World”. Lingkungan yang dipenuhi dengan imigran asal Tiongkok ini punya sejarah panjang yang menarik untuk dibahas. 

Pada abad ke-19, penduduk Tiongkok banyak yang pergi untuk memperbaiki hidupnya dari kelaparan, kekeringan, dan kerusuhan di kampung halaman mereka. Para imigran ini berlayar melalui Laut Cina Selatan untuk mencari kehidupan yang lebih baik di Singapura. 

Kebanyakan dari imigran tersebut menetap di Singapura bagian selatan dan menghuni daerah yang dikenal sebagai Chinatown. Kini, wilayah Chinatown banyak dijadikan destinasi wisata para turis yang sedang berlibur ke Singapura. 

Ada banyak hal unik yang akan kamu jumpai di kawasan Chinatown. Mulai dari rumah pengobatan tradisional kuno, pijat dan ahli akupuntur dengan metode tradisional, kuil Tiongkok, hingga wangi menenangkan dari toko rempah-rempah. 

Rekomendasi tempat menginap di Chinatown

Area Chinatown telah berkembang jauh dari asal usulnya yang sederhana dan kumuh menjadi tempat berkumpulnya budaya modern. Di sekitar wilayah ini ada banyak hotel berbintang yang biasa menjadi tempat para turis menginap. Berikut beberapa hotel yang paling terkenal di daerah Chinatown. 

1. PARKROYAL COLLECTION Pickering, Singapore

Bask Communications

PARKROYAL COLLECTION Pickering, Singapore menghadirkan hotel dengan konsep ramah lingkungan. Tempat ini dirancang sebagai hotel sekaligus taman dengan fungsi ganda. Hotel ini berlokasi di tepi barat kawasan pusat bisnis antara Hong Lim Park dan blok apartemen HBD di Chinatown. 

2. Mondrian Singapore Duxton

Bask Communications

Mondrian Singapore Duxton memadukan seni dan kemewahan ke dalam hotel di tengah lingkungan paling ramai di Singapura, Chinatown. Setiap kamar dalam Mondrian Singapore Duxton dirancang oleh Studio Carter yang terinspirasi dari arsitektur tradisional Singapura dengan memberikan sentuhan kontemporer ke dalamnya.

3. Hotel 1900

Bask Communications

Hotel 1900 memberi sentuhan cita rasa dan pesona tradisional yang kental. Hotel butik ini terdiri dari beberapa ruko tradisional empat lantai, dengan suasana yang kental akan sejarah. Hotel ini berjarak 100 meter dari street market dan letaknya strategis di samping dua jalur MRT. 

4. Heritage Collection on Pagoda

Bask Communications

Heritage Collection on Pagoda adalah apartemen studio dengan sistem check-in seluler yang mana kunci untuk pintu diakses melalui aplikasi. Akses masuk ke dalam kamar didapat setelah para tamu berhasil memasukkan rincian kartu kredit atau debit yang valid. Letaknya yang persis di jantung Chinatown sehingga memudahkan para tamu yang ingin menjelajahi setiap sudut kota. 

Rekomendasi tempat yang harus kamu kunjungi selama berada di Chinatown

1. Chinatown Walking Trail

Asia 361

Chinatown Walking Trail menawarkan pengalaman terbaik untuk berkelana di Chinatown tanpa pemandu. Juga dikenal dengan sebagai  牛车水 Niu Che Shui atau kereta air lembu dalam bahasa Mandarin, panduan ini akan mengajak para turis untuk berhenti di 11 titik terbaik. 

Rute Chinatown Walking Trail akan melewati tempat paling populer di Chinatown yakni Temple Street dan Pagoda Street serta lokasi wisata yang penuh akan sejarah dan warisan budaya seperti kuil Tionghoa dan Hindu, masjid, serta gereja. Juga tempat bersenang-senang seperti bar, restoran, dan kafe.

2. Kuil Relik Gigi Buddha

Chinatown Business Association

Kuil Relik Gigi Buddha merupakan tempat beribadah umat Buddha yang menaungi berbagai artefak religius yang dihormati. Kuil bergaya Dinasti Tang Tiongkok ini dirancang oleh Chief Abbot Venerable Shi Fa Zhao yang terinspirasi oleh Mandala Buddha, sebuah simbol Buddha yang mewakili alam semesta.   

Dibangun di tahun 2007, nama Kuil Relik Gigi Buddha diperoleh dari benda yang dianggap umat Buddha sebagai gigi taring sebelah kiri sang Buddha yang ditemukan dari sisa kreamasinya di Kushinagar, India. Relik ini tersimpan dalam sebuah stupa raksasa yang hanya memperbolehkan para biksu untuk memasuki ruangan relik.

3. Kuil Sri Mariamman

Chinatown Business Association

Kuil Sri Mariamman adalah kuil Hindu tertua di Singapura yang telah dibangun sejak tahun 1827 oleh imigran dari distrik Nagapatnam dan Cuddalore di India Selatan. Kuil ini didedikasikan untuk Dewi Mariamman yang terkenal karena kekuatannya dalam menyembuhkan epidemi dan berbagai penyakit. 

Di masa kolonial, kuil ini menjadi tempat perlindungan bagi imigran juga sebagai tempat pencatatan pernikahan umat Hindu. Setiap tahunnya, Kuil Sri Mariamman akan menjadi tempat untuk festival Theemithi, Navarathiri, dan 1008 Sankabishegam. 

Rekomendasi tempat bersantai sambil memperkaya wawasan di Chinatown

1. Yixing Xuan Teahouse

Yixing Xuan Teahouse

Yixing Xuan Teahouse adalah tempat terbaik untuk turis yang ingin mencoba meminum teh tradisional Tiongkok. Sempatkanlah waktu untuk mengikuti lokakarya apresiasi teh mereka sembari memperkaya pengetahuan tentang teh tradisional.

2. Chinese Theatre Circle

Chinese Theatre Circle

Nikmati juga pertunjukan Opera Tiongkok tradisional dengan para pemain yang mengenakan kostum rumit sembari menampilkan berbagai bentuk seni seperti musik, lagu, dan tarian sambil menyesap teh di Chinese Theatre Circle. 

3. Nanyang Old Coffee

Chinatown Business Association

Untuk merasakan budaya kopi Singapura dan cita rasa tradisional yang sesungguhnya, mampirlah ke Nanyang Old Coffee untuk menikmati secangkir kopi klasik atau kopi-o yang merupakan minuman kopi lokal dengan rasa sangrai yang berbeda. Nikmati seporsi sarapan tradisional dengan roti panggang kaya mentega dan telur rebus.

4. The Wizard's Brew

The Wizard’s Brew

The Wizard's Brew adalah surga untuk para penggemar Harry Potter dengan suguhan yang memukai seperti ramuan ajaib dan kuali yang menyala-nyala. Bar yang satu ini dilengkapi dengan berbagai alat sihir seperti lilin yang melayang, awan warna-warni, hingga buku terbang. Sungguh menyenangkan!

5. Smith Street Taps

Smith Street Taps

Terletak di dalam Kompleks Chinatown, Smith Street Taps adalah tempat minum sederhana yang berjejer di samping kedai makanan yang menyajikan lebih dari 20 bir lokal dan internasional premium.

Chinatown Street Market by China Business Association

Rasanya kurang jika tidak menikmati santapan lezat selama berada di Chinatown Singapura. Jangan lewatkan berbagai hidangan lokal terbaik dengan harga terjangkau yang dijual di kios jajanan sepanjang Chinatown. 

Manjakan lidah dengan mencicipi hidangan populer sepanjang masa seperti laksa, nasi ayam, dan xiao long bao hingga camilan dan makanan penutup seperti popiah dan chendol.

Selamat menjelajah!

IDN Media Channels

Latest from Travel