Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Rekomendasi Glamping Ciwidey Beserta Harga, Mulai dari Rp500 Ribu

Cocok buat short escape kalau lagi stress

Aisyah Banowati

Bela, terasa nggak sih kalau akhir-akhir ini cuaca di Jakarta semakin panas? Selain terik matahari yang membakar kulit, paparan debu dan polusi yang berterbangan berhasil buat wajah kusam. Huft… . Kalau sudah kayak gini kayaknya paling asik kalau kabur sebentar nggak, sih?

Nggak perlu jauh-jauh sampai harus naik pesawat, Ciwidey bisa jadi destinasi terbaik untuk kamu yang mau short escape. Udaranya yang sejuk bisa jadi obat stress dari sumpeknya Jakarta. Alamnya yang masih hijau akan memanjakan mata yang lelah karena melihat kemacetan di mana-mana. 

Kedengarannya asik, kan? Biar makin seru POPBELA saranin untuk berlibur dengan konsep glamping (glamorous camping) di Ciwidey. Tertarik? Butuh rekomendasi tempat glamping di Ciwidey beserta harga menginap per malam? Cek artikel ini, yuk!

1. Ecopark Curug Tilu

Mulai dari Rp525.000

Alamat: Jl. Raya Rancabali No.KM.01, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung

Sejak pertama kali dibuka, Ecopark Curug Tilu telah mengusung konsep “Tourism Eco Friendly” yang ramah anak dan lingkungan. Letaknya yang berada di tengah perkebunan teh lengkap dengan udara yang sejuk di pagi hari. Dijamin membuat pengunjung betah menginap, deh!

Ecopark Curug Tilu menyediakan tiga pilihan penginapan yakni Bukit Pamidangan yang cocok untuk keluarga kecil, Mini Camp yang merupakan mini tenda semi permanen, serta Family Tent yang mampu menampung dua orang dewasa dan satu anak.

Jika berniat menginap dengan gaya glamping sebaiknya memilih Mini Camp sebab di bagian depan pengunjung diperbolehkan menyalakan api unggun.

2. Ciwidey Valley Resort

instagram.com/resortciwideyvalley

Mulai dari Rp750.000

Alamat: Jl. Barutunggul No.KM. 17, Alamendah, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung

Ciwidey Valley Resort dikelilingi perkebunan teh dan perbukitan hijau dengan bangunan yang mengusung konsep Indian. Fasilitas yang disediakan lokasi glamping yang satu ini cukup unik karena memiliki kolam air panas alami. 

Lokasinya pun dekat dengan tempat wisata Kawah Putih, sekitar 8 kilometer atau kurang dari setengah jam berkendara. Namun, jika hanya ingin bermain di waterpark atau berendam di air panas, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp70.000.

3. Igloo Camp Ranca Upas

instagram.com/ranca_upas

Mulai dari Rp750.000

Alamat:  Jl. Camp Ranca Upas, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung

Berniat bermalam di Ranca Upas? Kini, kamu bisa mencoba menginap dengan gaya glamping di Igloo Camp. Seluruh glamping berlokasi di tepi sungai dengan total tujuh bangunan. Sebelum menginap, pengunjung perlu melakukan reservasi terlebih dahulu untuk melihat ketersediaan kamar. 

Setiap pengunjung yang menginap dapat menikmati WiFi, twin bed, toilet (terpisah), kursi untuk bersantai di tepi danau, sarapan, hingga free tiket ke penangkaran rusa. Pihak Igloo Camp juga menyediakan paket barbeque dan privat onsen yang dapat dipesan dengan penambahan biaya.

4. Green Hill Park TWA Cimanggu

instagram.com/greenhill_ciwidey

Mulai dari Rp257.000

Alamat: Jl. Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Green Hill Park TWA Cimanggu cocok untuk pengunjung yang suka menghabiskan waktu dengan kegiatan outdoor. Letaknya yang masih satu kawasan dengan area Taman Wisata Alam Cimanggu membuat pengunjung bebas berpetualang di dalam hutan yang menyimpan 31 jenis pohon ini. 

Lelah setelah berjalan seharian? Area Green Hill Park TWA Cimanggu punya kolam air panas alami dan sauna yang baik untuk kesehatan. Fasilitas di area wisata ini semakin lengkap dengan tersedianya permainan paintball dan wahana outbound. Sebagai catatan, untuk menikmati setiap wahana pengunjung perlu membeli tiket kembali.

5. Pine Forest Camp

instagram.com/pineforestcamplembang

Mulai dari Rp995.000

Alamat: Suntenjaya, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Pine Forest Camp adalah bumi perkemahan—alam terbuka yang boleh digunakan untuk berkemah—yang terletak di Lembang. Lokasi ini sering kali digunakan untuk kegiatan bonding keluarga maupun team building karyawan kantor. 

Tanahnya yang lapang, rumputnya yang hijau, serta udaranya yang sejuk di Pine Forest Camp memang cocok digunakan sebagai tempat untuk beraktivitas outdoor bersama banyak orang. 

Tak kalah seru, Pine Forest Camp memiliki wahana high rope course dan flying fox yang menegangkan. Last, pengunjung dapat menyewa tempat ini secara eksklusif untuk acara gathering tanpa perlu terdistraksi dengan pengunjung lain.

6. Glamping Legok Kondang

instagram.com/glamping_ciwidey

Mulai dari Rp1.000.000 per malam

Alamat: Jl. Kurunangan, Lebakmuncang, Kec. Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Menginap di Glamping Legok Kondang terasa seperti sedang berlibur di Ubud, Bali. Bangunannya sengaja dibuat layaknya pondok di tepi pantai dengan tambahan kursi malas untuk bersantai. 

Kesan ‘pantai’ semakin melekat dengan dekorasi ban penyelamat yang sengaja digantung di dinding luar. Bedanya, jika pergi ke Ubud kita amat melihat pantai, Glamping Legok Kondang menyiapkan kolam renang untuk kamu yang ingin bermain air. 

Jika ingin menginap, Glamping Legok Kondang menyediakan tipe kamar Standard hingga Luxury. Umumnya, setiap kamar akan disediakan fasilitas satu kasur king bed atau dua single bed, sarapan, persediaan kopi dan teh, kamar mandi, WiFi, televisi, dan hammock. 

7. Glamping Lakeside Rancabali

instagram.com/glamping_lakesiderancabali

Mulai dari Rp1.200.000 per malam

Alamat: Jalan Raya Ciwidey No.Km, RW.39, Situ, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Glamping Lakeside Rancabali terletak di pinggir danau sehingga para pengunjung yang menginap akan disuguhkan pemandangan Situ Patenggang yang alami. Jika berminat untuk menginap ada empat tipe penginapan yang ditawarkan, yakni Keong Tent Resort, Lakeside Tent Resort, Family Tent Resort, dan Sayang Heulang Resort. 

Lokasi glamping yang satu ini juga terbuka untuk pengunjung yang ingin berwisata saja. Terdapat beberapa objek wisata seperti Teras Bintang, Taman Kelinci, Taman Angsa, Strawberry Farm, hingga Kawah Rengganis. Satu lagi yang tak kalah populer adalah Pinisi Resto sebab memiliki bangunan menyerupai kapal.   

8. The Lodge Maribaya

instagram.com/thelodgemaribaya

Mulai dari Rp1.000.000 per malam

Alamat: Jalan Maribaya No.149/252 RT 03 RW 15 Kp. Babakan Gentong - Cibodas Lembang, Lembang, Bandung

Jangan bilang kamu anak hits Bandung kalau belum coba menginap di Fun Camp di The Lodge Maribaya. Letaknya yang berada di area hutan pinus ini cocok untuk pengunjung yang senang berkegiatan outdoor seperti camping dan trekking. Terdapat pula lima wahana seru yang dapat dinikmati selagi berlibur di The Lodge Maribaya. 

Tenda permanen di area Fun Camp berbentuk setengah botol yang mampu menampung dua orang dewasa dengan WiFi yang tersambung hingga kamar. Meski kamar mandi yang disediakan harus sharing dengan pengunjung lainnya, namun pihak pengelola telah menyiapkan water heater yang siap digunakan.

9. Dusun Bambu Leisure Park

Mulai dari Rp2.122.000 per malam

Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.KM. 11, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat

Saat berniat untuk menginap di Dusun Bambu Leisure Park, pengunjung akan dihadapkan dengan beberapa tipe penginapan, salah satunya model glamping khas Sayang Heulang. Tersedia tiga jenis tenda yakni single mini, double mini, dan luxury. 

Menginap akan terasa lebih menyenangkan dengan memesan paket BBQ. Tak perlu repot membawa bahan makanan dari luar sebab pihak Dusun Bambu Leisure Park akan menyediakan paket sarapan. 

Di pagi hari, jangan lewatkan waktu untuk jogging atau sekadar berjalan-jalan ditemani udara sejuk khas pedesaan. Pemandangan hijau Taman Arimbi dan panorama di sepanjang Danau Purbas menunggu untuk di-explore

10. Trizara Resort Lembang

trizara.com

Mulai dari Rp1.655.000

Alamat: Jl. Pasir Wangi, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Bara

Ingin merasakan pengalaman glamping mewah? Trizara Resort Lembang adalah jawaban untuk kamu yang ingin dekat dengan alam tanpa perlu bersusah payah. Penginapan yang dibangun di atas tanah seluas tiga hektar ini dikelilingi pemandangan kehijauan yang memanjakan mata. 

Bangunannya sendiri berbentuk seperti tenda besar—berbentuk seperti tenda tentara—dengan dinding yang didominasi dengan penggunaan kayu. Fasilitasnya pun lengkap bak hotel berbintang. Tak perlu takut bosan sebab ada berbagai aktivitas produktif yang bisa kamu coba sepanjang hari. 

Salah satunya zumba dan yoga di pagi hari, bermain atv biking, adu nyali lewat permainan flying fox, ikut membakar lemak di bungee trampolin, hingga berdiam diri sambil menonton api unggun. 

Itulah 10 rekomendasi glamping di Ciwidey beserta harganya. Lokasi glamping mana nih yang paling bikin kamu tertarik?

IDN Media Channels

Latest from Travel