Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kurang Populer, Ini 15 Negara Termurah untuk Berlibur di Asia

Meski murah, keindahan alamnya nggak main-main

Aisyah Banowati

Berencana liburan ke luar negeri, Bela? Meski dengan budget terbatas, berlibur ke luar negeri nggak bakal bikin dompet kamu menangis, kok! Kamu bisa nih, mencoba liburan a la backpacker ke luar negeri.

Namun, kamu juga perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Contohnya, dengan membeli tiket pesawat saat sedang promo, menukarkan uang dengan mata uang asli, mempersiapkan dokumen penting, hingga menyiapkan list tempat yang akan dikunjungi.

Nah, untuk kamu yang ingin liburan ke luar negeri dengan budget terbatas, bisa mengunjungi negara-negara di asia yang terkenal karena murah, namun menyimpan banyak keindahan. Yuk, cek daftarnya!

1. Kazakhstan

www.remotelands.com

Mata uang: Tenge Kazakhstan (1 tenge Kazakhstan setara Rp28.28)

Kazakhstan terletak di Asia Tengah dengan keragaman geografisnya yang terkenal. Negara ini menjadi tujuan sempurna bagi para petualang. Memiliki gurun pasir yang halus, ngarai yang indah, perbukitan, gletser besar, hingga situs warisan dunia UNESCO, Kazakhstan telah menarik minat pengunjung dari seluruh dunia.

2. Armenia

wallpaperaccess.com/armenia-landscape

Mata uang: Dram Armenia (1 dram Armenia setara Rp29.55)

Masih menjadi salah satu negara underrated, Armenia belum kebanjiran pengunjung. Armenia merupakan salah satu negara tertua di dunia dan pertama kali mengadopsi agama Kristen sebagai agama resminya.

Kaya akan sejarah, jajaran gereja yang dibangun di negara ini memiliki arsitektur abad pertengahan yang megah dan mengagumkan. Katerdal Echmiadzin yang merupakan katerdal pertama di dunia, di bangun di Armenia. Ibu kota Armenia, Yerevan, memiliki landmark alam yang megah, memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan puncak Gunung Ararat.

3. Kamboja

britannica.com/Cambodia

Mata uang: Riel Kamboja (1 riel Kamboja setara Rp3.55)

Salah satu wisata termurah di Asia adalah Kamboja. Negara ini terkenal dengan kuil-kuil indah yang dibangun selama era Khmer Merah (1975-1979). Daya tarik utama saat mengunjungi Kamboja adalah Angkor Wat, monumen keagamaan terbesar di dunia.

Jika ingin melihat kebudayaan Kamboja yang autentik, kamu dapat berlibur di daerah pedesaan negara ini. Sambutan ramah dari penduduk asli, latar pertanian yang menakjubkan, serta berbagai festival dapat kamu temukan di sini.

4. Malaysia

worldatlas.com

Mata uang: Ringgit Malaysia (1 ringgit Malaysia setara Rp3.404 ribu)

Malaysia termasuk negara di Asia yang paling terjangkau. Namun, banyak orang mengira Malaysia sebagai negara yang mahal, karena perekonomian yang kuat dan kota yang makmur.

Malaysia memiliki pantai dengan air sebening kristal, taman nasional, hingga arsitektur kolonial bersejarah. Selain itu, kamu dapat mengunjungi Cameron Highlands dan nikmati pendakian melalui perkebunan teh terbesar di negara ini. Adapun destinasi lain yang terkenal yaitu, Kedah, Langkawi, George Town hingga Royal Belum State Park. 

5. Indonesia

planetware.com

Mata uang: Rupiah

Sebagai negara kepulauan, Indonesia menyimpan lebih dari 17 ribu pulau dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Selain itu, Indonesia kaya akan budaya dan bahasa, menjadikan negara ini banyak dikunjungi wisatawan asing.

Banyak wisatawan lebih mengenal Bali ketimbang Indonesia sendiri. Mereka melakukan perjalanan ke Indonesia untuk berselancar, menyelam, mendaki gunung, hingga merasakan pengalaman ragam budaya. Indonesia juga memiliki Candi Borobudur, serta taman nasional komodo yang telah ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia sejak 1991. Sebagai warga negara Indonesia, kamu sudah puas mengelilingi pulau-pulau di Indonesia, belum?

6. Thailand

unsplash.com/@cadop

Mata uang: Baht Thailand (1 baht Thailand setara Rp427.45)

Setiap tahun, data wisatawan yang mengunjungi negara ini terus meningkat. Di Phuket, kamu dapat berjemur sambil menikmati pemandangan pantai yang indah. Thailand juga menawarkan lokasi menyelam yang terpelihara di Kepulauan Similian dan Kepulauan Surin.

Selain itu, lokasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat ke Thailand adalah Grand Palace dan kuil Buddha Zamrud. Tampaknya, masyarakat Thailand tidak bisa terlepas dari festival, sebab ada banyak festival perayaan yang bisa kamu nikmati.

7. Mongolia

discovermongolia.mn

Mata uang: Tugrik Mongolia (1 tugrik Mongolia setara Rp4.99)

Mongolia tidak berada di urutan teratas daftar negara di Asia yang dikunjungi kebanyakan orang, namun bukan berarti tidak menarik untuk dikunjungi. Negara ini memiliki pemandangan indah dengan pegunungan, padang rumput yang luas, serta bukit pasir yang menjulang tinggi. Cocok untuk kamu yang menginginkan ketenangan. Saat berkunjung, jangan kaget saat melihat sekelompok kuda dan domba yang sedang memakan rumput secara bebas tanpa pagar.

8. Pakistan

theculturetrip.com/asia/pakistan

Mata uang: Rupee Pakistan (1 rupee Pakistan setara Rp79.25)

Pakistan terletak di wilayah Asia paling selatan dengan populasi terbesar ke-5 di dunia. Namun, banyak wisatawan yang enggan mengunjungi Pakistan akibat kerusuhan politik. Beruntung, sejak tahun 2017, Pakistan telah berhasil meningkatkan stabilitas politik dan keamanan, membuat wisatawan bisa datang tanpa rasa takut.

Adapun lokasi wisata populer di Pakistan, di antaranya, Gunung K2 yang ditetapkan sebagai gunung tertinggi kedua di dunia, puncak Karakoram Highway di Pakistan utara, masjid Lahore, gurun berbatu kering Balochistan, hingga Lembah Swat.

9. Nepal

thetravellingfool.com

Mata uang: Rupee Nepal (1 rupee Nepal setara Rp117.70)

Negara Nepal merupakan rumah dari gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest. Sudah sejak lama, Nepal telah menjadi tujuan hiking yang populer bagi banyak trekker. Meskipun harus menyediakan budget yang cukup tinggi saat ingin mendaki Gunung Everest, biaya hidup di Nepal tergolong murah. Selain itu, Nepal merupakan rumah dari dua situs warisan budaya dunia UNESCO, yaitu Lembah Kathmandu dan Lumbini.

10. Bangladesh

pixabay.com/t_ushar-6018215

Mata uang: Taka Bangladesh (1 taka Bangladesh setara Rp166.94)

Terletak di Asia Selatan, Bangladesh bukanlah negara yang populer dikunjungi wisatawan. Namun faktanya, Cox's Bazar yang merupakan pantai terpanjang di dunia dan rawa bakau terbesar di dunia ditemukan di Bangladesh.

Saat berjalan-jalan di kota Dhaka, kamu akan disuguhkan berbagai bangunan berusia berabad-abad dengan arsitektur yang menarik. Di sisi lain, kamu dapat berbelanja dan menemukan mutiara merah muda asli yang bisa dibeli per butir.

11. Laos

diariesofmagazine.com

Mata uang: Kip Laos (1 kip Laos setara Rp1.24)

“Visit Laos Year 2018” merupakan sebuah gerakan yang berupaya meningkatkan industri pariwisata Laos. Namun, tampaknya masih banyak wisatawan yang mengabaikan negara ini saat menyusun wishlist perjalanan mereka.

Terkurung daratan, negara Laos hanya memiliki sedikit pantai. Namun, keindahan air terjunnya begitu spektakuler, sebut saja air terjun Kuang Si dan Khone Phapheng. Jangan lupakan pemandangan alam yang indah, kuil-kuil yang damai, dan arsitektur sentuhan gaya Prancis yang bersejarah.

12. Filipina

wallpaperup.com/mamaru

Mata uang: Peso Filipina (1 peso Filipina setara Rp274.42)

Filipina memiliki banyak tempat terbaik untuk menyelam dan menikmati laut. Pantai dan pulau yang terletak di Bohol, Palawan dan Boracay, merupakan yang salah satu yang terbaik di dunia. Filipina juga menyimpan pemandangan yang menakjubkan, seperti sawah terasering Banaue dan bukit cokelat Bohol yang terkenal. Memiliki lebih dari 7000 pulau, ada banyak pantai indah yang masih belum dijamah manusia.

13. Myanmar

istockphoto.com

Mata uang: Kyat Burma (1 kyat Burma setara Rp8.10)

Myanmar menyimpang segudang budaya, wisata alam yang fantastis, dan berbagai menu masakan khas yang lezat. Selain itu, UNESCO menetapkan kota Bagan sebagai situs warisan dunia.

Kota Bagan menyimpan lebih dari 3.500 stupa, kuil, biara, serta berbagai bangunan kuno yang dibangun antara abad ke-11 dan abad ke-13. Saat mengunjungi Yangon, wisatawan dapat mengunjungi beberapa tempat wisata seperti Pagoda Sule, Pasar Bogyoke Aung San, hingga Pagoda Botahtaung.

14. Sri Lanka

traveltriangle.com

Mata uang: Rupee Sri Lanka (1 rupee Sri Lanka Rp51.00)

Sri Lanka merupakan salah satu negara di Asia yang memiliki biaya hidup rendah. Negara ini adalah rumah untuk lebih dari 8 situs warisan dunia, UNESCO. Adapun di antaranya, kota suci Kandy, kota kuno Sigiriya, kota suci Anuradhapura, kota tua Galle dan bentengnya, kota kuno Polonnaruwa, kuil gua Dambulla, hutan lindung Sinharaja, serta dataran tinggi tengah.

15. Vietnam

insideasiatours.com

Mata uang: Dong Vietnam (1 dong Vietnam setara Rp0.63)

Vietnam adalah tujuan wisata yang cocok untuk siapa saja yang menyukai sejarah dan pemandangan alam yang indah. Bukan hanya Sri Lanka yang menjadi rumah dari banyak situs warisan dunia, kamu juga dapat menemukan delapan situs warisan dunia UNESCO di Vietnam.

Pertama ada sektor pusat benteng kekaisaran Thang Long, benteng Dinasti Ho, kompleks monumen Huế, Teluk Halong, kota kuno Hoi An, Suara Putraku, taman nasional Phong Nha-Ke Bang, yang terakhir kompleks lanskap Trang An.

Itulah daftar negara di Asia termurah yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Tertarik mengunjunginya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel