Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Dilengkapi Fasilitas Modern, Ini 10 Bandara Termewah di Dunia

Bandara dari negara Asia mendominasi

Aisyah Banowati

Wisatawan mungkin menghabiskan waktu lebih sedikit di udara, semenjak pandemi COVID-19 melanda dunia. Namun, hal ini tidak menyurutkan antusias untuk kembali bepergian dan menikmati perjalanan menggunakan pesawat. 

Menjadi tempat kedatangan dan kepergian, bandara selalu sibuk di waktu-waktu tertentu. Di berbagai belahan dunia, ada jajaran bandara mewah dengan fasilitas modern kelas dunia. Membuat siapa saja betah berlama-lama.

Melansir dari situs rankingroyals, inilah daftar bandara termewah di dunia berdasarkan hasil survei kepuasan pelanggan, dari Skytrax airport ranking 2021. Kira-kira ada di mana saja, ya?

1. Singapore Changi Airport - Singapura

instagram.com/jamesmaloneyphotography

Singapore Changi Airport memiliki dua jalur paralel dan empat terminal yang melayani lebih dari 60 juta orang per tahun. Hampir seluruh pengunjung memuji bandara mewah ini. Pesawat seperti Tigerair, SilkAir dan Singapore Airlines berbasis di sana. 

Bandara ini menyediakan berbagai fasilitas bagi pengunjung yang sedang menunggu penerbangan selanjutnya, seperti instalasi seni kolam renang, taman, pusat hiburan, hingga seluncuran tinggi di dunia. Pengunjung juga dapat menonton bioskop atau menikmati permainan Xbox dengan konsol. Siapa pun akan menikmati waktu luangnya di sini.

2. Tokyo Haneda International Airport - Jepang

skytraxratings.com

Menempati urutan kedua, bandara internasional milik Jepang ini juga dinobatkan sebagai salah satu bandara terbersih secara global. Sebagai salah satu bandara terbesar di Jepang, Tokyo Haneda telah mengantongi sertifikat sebagai bandara bintang 5 untuk fasilitas, kenyamanan, kebersihan, tempat berbelanja, layanan staf dan keamanan. Memiliki tiga terminal, bandara internasional ini masuk ke dalam jajaran bandara tersibuk di dunia.

3. Incheon International Airport - Korea Selatan

skytraxratings.com

Terminal 1 bandara Incheon menghadirkan pameran dan foto media dinding di Hallway, membuatnya terlihat semakin estetik.

Selain itu, pengunjung akan dapat menikmati berbagai budaya Korea melalui parade dan konser mini klasik Korea, museum, lima pusat budaya tradisional, serta menikmati karya seni yang bertebaran di atas bandara.

Pengunjung juga dapat bermain di berbagai area permainan seperti seluncur es, kasino, lapangan golf dan sauna. Bandara ini juga memiliki jajaran restoran dan toko untuk berbelanja, termasuk Louis Vuitton bebas bea pertama di dunia.

4. Hong Kong International Airport - Hong Kong

www.thestar.com

Memiliki lapangan golf yang terkenal, The SkyCity Nine Eagles, bandara ini juga memiliki sembilan pameran dan museum seni, budaya dan musik. Jangan lupakan berbagai lounge bandara yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat, sebelum kembali memulai perjalanan. Jika merasa bosan, kamu dapat bersantai sambil bermain di Dream Come True Education Park.

5. Munich International Airport - Jerman

myfamilytravels.com

Sebagai bandara tersibuk kedua di Jerman, bandara Munich juga dikenal sebagai bandara internasional Franz Josef Strauss. Terletak di dekat kota Freising, bandara Munich melayani 248 tujuan global dan melayani penumpang lebih dari 28 juta per tahun. Jalan penghubung antar terminal diisi dengan pusat perbelanjaan dan hiburan.

6. Hamad International Airport - Qatar

www.hok.com

Terletak di Doha, Qatar, bandara internasional Hamad merupakan satu-satunya bandara internasional dan rumah bagi pesawat Qatar Airways. Sebelumnya, bandara ini telah menerima berbagai penghargaan, seperti bandara terbaik di Timur Tengah dan staf bandara terbaik. Bandara ini memiliki 10 instalasi seni yang bisa didatangi gratis oleh wisatawan. Adapun pilihan penginapan yang tersedia, yaitu Sleep ‘n Fly: Sleep Pods with FlexiSuite dan YAWN Double Cabin.

7. Chubu Centrair International Airport - Jepang

livingnomads.com

Bandara internasional Chubu Centrair terletak sejauh 35 kilometer selatan Nagoya, Jepang, tepatnya di sebuah pulau buatan di Teluk Ise. Dibangun tahun 2001, bandara ini rampung dikerjakan dua tahun setelahnya.

Bandara ini menyediakan 13 pintu untuk penerbangan domestik, serta 14 pintu untuk penerbangan ke luar negeri. Terdapat pusat perbelanjaan di lantai empat yang berisi 61 toko dan jajaran restoran dengan nuansa Jepang.

8. Zürich Airport - Swiss

SHUTTERSTOCK

Telah beroperasi sejak tahun 1947, bandara Zürich memiliki tiga jalur dan tiga terminal. Sebagai bandara terbesar di Swiss, pada tahun 2017 bandara ini menangani 80 ribu orang per hari.

Bandara Zürich memiliki infrastruktur desain modern, dan merupakan rumah bagi Swiss International Airlines. Pengunjung juga dapat menyewa sepatu roda dan sepeda untuk menghabiskan waktu selama singgah, atau mengikuti berbagai kelas yang tersedia.

9. London Heathrow Airport - Inggris

ru.hotels.com

Awalnya, tempat ini dikenal sebagai bandara internasional utama di London hingga tahun 1966. Kini, bandara ini terkenal dengan nama London Heathrow.

Memiliki lebih dari 80 maskapai penerbangan, bandara ini merupakan titik keberangkatan untuk 185 tujuan ke 64 negara. 

Bandara London Heathrow memiliki berbagai fasilitas seperti musala untuk beribadah, galeri seni yang menjual lukisan dan patung, serta ruang keluarga yang dilengkapi dengan Wi-Fi gratis.

10. Frankfurt Airport - Jerman

shutterstock.com/katjen

Terletak di kota Frankfurt, bandara ini berdiri di lahan seluas 2.300 hektar. Terdapat dua terminal penumpang, empat landasan pacu, serta fasilitas logistik dan pemeliharaan yang luas. Pengunjung dapat memilih tiga area utama untuk rekreasi dan hiburan, yaitu dunia film, dunia musik dan dunia olahraga. Terdapat pula fasilitas spa, studio yoga, jajaran restoran, serta area merokok.

Bagi penumpang yang sering bepergian, melompat antara bandara yang satu dengan yang lain mungkin melelahkan. Belum lagi bagian pengecekan keamanan yang sedikit merepotkan. Tidak mengherankan, jika beberapa orang memilih untuk menggunakan layanan terbaik, untuk menciptakan pengalaman terbang yang menyenangkan.

IDN Media Channels

Latest from Travel