Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia, Nomor Satu Bukan Indonesia

Indonesia masuk peringkat sepuluh besar

Aisyah Banowati

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di Asia Tenggara. Negara kita terdiri dari 70% perairan dengan kekhasan geologis dan budaya di tiap pulau yang berbeda-beda. Indonesia memiliki lima pulau terbesar yakni Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. 

Menariknya, Indonesia bukanlah negara dengan pulau terbanyak di dunia. Berdasarkan data yang dijabarkan oleh World Atlas, Swedia menempati urutan pertama posisi ini. Sedangkan pulau terbesar di dunia adalah Greenland dan Kanada merupakan negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. 

Ada ratusan ribu pulau di dunia, tersebar di berbagai negara sehingga total keseluruhannya hampir tidak mungkin dihitung. Sulit untuk memperkirakan secara akurat, sebab masih ada perdebatan mengenai definisi dari pulau itu sendiri. Melansir dari situs worldatlas.com, berikut negara dengan pulau terbanyak di dunia.

1. Swedia memiliki 221.831 pulau dengan sekitar 24.000 di antaranya terbuka untuk umum. Meski menempati posisi pertama, kurang dari 1.000 pulau yang berpenghuni.

unsplash.com/yessijes

2. Kepulauan Lofoten adalah pulau paling terkenal di Norwegia. Terletak 800 mil dari Oslo, kepulauan ini terkenal dengan keindahannya sebagai tempat untuk pelukis dan penulis mencari inspirasi. Jika ditotal ada 239.057 pulau di Norwegia.

unsplash.com/mariolagr

3. Finlandia tercatat memiliki 178.947 pulau yang membentang dari pantai barat daya ke Laut Baltik. Sebagian besar pulau dapat ditemukan di empat kepulauan utama yakni Kotka, Helsinki, Laut Kepulauan, dan Kvarken.

unsplash.com/saiksaketh

4. Kanada menyimpan tiga pulau besar dari sepuluh pulau terbesar di dunia, yaitu Pulau Baffin, Pulau Ellesmere dan Pulau Victoria. Selain ditetapkan sebagai pulau dengan garis pantai terpanjang, Kanada juga masuk jajaran negara dengan pulau terbanyak di dunia, sebanyak 52.455 pulau.

unsplash.com/john_artifexfilm

5. Tercatat, Amerika Serikat memiliki 18.617 pulau. Termasuk Hawaii, Puerto Riko, Virgin AS, Guam, hingga Samoa Amerika.

unsplash.com/zahidlilani

6. Indonesia terkenal sebagai negara maritim karena 70% wilayah negara ini adalah perairan. Tercatat, Indonesia memiliki 17.504 pulau yang tersebar.

unsplash.com/rashel8a

7. Secara teknis Australia adalah sebuah benua, namun negara ini terdiri dari 8.222 pulau di Samudera Pasifik. Salah satu yang paling terkenal adalah Pulau Fraser yang merupakan pulau pasir terbesar.

unsplash.com/calebrussell

8. Ada lebih dari 7.100 pulau di Filipina. Negara ini terletak di Samudera Pasifik dekat dengan garis khatulistiwa.

unsplash.com/cjtagupa

9. Jepang terdiri dari pulau besar dan pulau kecil di berbagai wilayah. Empat pulau utama di negara ini adalah Hokkaido, Honsu, Shikoku dan Kyushu.

unsplash.com/yukato

10. Chile adalah salah satu negara yang menjadi tujuan utama para pecinta alam. Pulau Isla Grande de Tierra del Fuego, Rapa Nui, hingga Chiloé adalah pulau yang wajib dikunjungi para wisatawan saat berlibur di sini.

unsplash.com/stalskaya

11. Tiongkok memiliki luas daratan 9.600.000 km persegi yang membuatnya menjadi negara terbesar ketiga di dunia. Sebanyak 5.400 pulau bertebaran di perairan teritorial Tiongkok dengan garis pantai daratan ±18.000 km.

unsplash.com/hansonluu

12. Korea Selatan memiliki lebih dari 4.000 pulau. Dengan begitu banyak pulau yang bisa dikunjungi ada beberapa yang paling terkenal, di antaranya Pulau Muuido, Pulau Jindo, Pulau Geoje, Pulau Jeju dan Pulau Hongdo.

unsplash.com/bundo

13. Secara teknis, Kuba adalah negara kepulauan yang memiliki 4.195 pulau. Terkenal dengan pantainya, para wisatawan akan dimanjakan dengan pasir putih halus dan air berwarna biru kehijauan.

unsplash.com/alexmeier19

14. Di laut Vietnam terdapat lebih dari 3.000 pulau besar dan kecil serta dua kepulauan besar yaitu Hoang Sa dan Truong Sa. Pulau terbesar di Vietnam bernama Phu Quoc dan pulau terkecil adalah Con Co.

unsplash.com/ammiengo

15. Negara dengan pulau terbanyak yang terakhir adalah Korea Utara. Negara ini memiliki 3.579 pulau yang sebagian tidak berpenghuni di laut lepas.

unsplash.com/randominstitute

Itulah lima belas negara dengan pulau terbanyak di dunia. Tertarik untuk berkunjung dan menikmati keindahannya secara langsung, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel