Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

12 Kota & Negara yang Melebihi Ekspektasi Saat Dikunjungi

Beberapa sulit ditemukan di peta

Aisyah Banowati

Menjelajah dunia sama dengan mencari harta karun. Akan ada banyak kejutan di sudut-sudut kota dan negara yang tak pernah kamu pikirkan sebelumnya. Mulai dari hamparan lembah, laut dengan air berwarna-warni, pegunungan yang terjal, hingga sungai dengan arus deras yang meminta untuk ditaklukan. 

Untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda, datanglah ke tempat-tempat yang baru. Bangunlah komunikasi dengan penduduk lokal, cicipi makanan khas dari tempat yang kamu datangi, dan jika cukup beruntung kamu dapat belajar langsung seputar budaya, adat, serta seni dari tempat kelahirannya. 

Melansir dari situs BuzzFeed, mereka telah merangkum sederet kota dan negara di dunia ini yang saat didatangi berhasil melebihi ekspektasi. Keindahannya bukan hanya terekam dalam potretnya, namun juga dibuktikan dengan keberadaannya. Ada di mana sajakah itu? Berikut daftarnya.

1. Sarajevo

unsplash.com/amel00

Sarajevo merupakan ibu kota dari Bosnia dan Herzegovina yang berpenduduk mayoritas muslim. Letaknya di lembah sempit Sungai Miljacka di kaki Gunung Trebević. Di dekat kota ini terdapat sisa-sisa pemukiman Neolitik dari budaya Butmit. Di tahun 1850, saat terjadi kemunduran Kekaisaran Ottoman, Sarajevo mendapat kursi administratif Bosnia dan Herzegovina. 

Kota tua Sarajevo menyimpan sejarah yang berlapis dan beragam, cocok dikunjungi wisatawan yang tertarik dengan sejarah. Landmark paling terkenal di kota ini adalah situs ikonik air mancur di Baščaršija Square. Tak kalah populer, terowongan perang Sarajevo yang kental akan sejarah juga ramai dikunjungi turis, dahulu terowongan ini digunakan untuk transfer barang dan manusia selama pengepungan Sarajevo.

2. The Cape Winelands, Afrika Selatan

andbeyond.com

Cape Winelands merupakan serangkaian lembah luas yang terdiri dari kumpulan kota bersejarah, dusun kecil, lahan pertanian, dan deretan gunung yang menciptakan pemandangan yang luar biasa. Distrik Cape Winelands sendiri merupakan area yang terletak di antara Pantai Barat dan Pantai Oberberg serta Lembah Sungai Breede.

Cukup satu hari untuk berkunjung ke kota pembuat anggur di Franschhoek, Stellenbosch, dan Paarl. Jika ingin berjalan-jalan, wisatawan dapat pergi ke Hemel-en-Aarde di dekat kota Hermanus untuk melihat paus dan perkebunan anggur di Route 62—meski tidak seterkenal yang disebutkan sebelumnya, datang ke kebun anggur sama-sama menyegarkan mata.

3. Porto, Portugal

unsplash.com/nickkarvounis

Sebagai kota terbesar kedua dan tertua yang terletak di Portugal, Porto merupakan pusat komersial dan industri untuk zona utara Sungai Mondego. Di tahun 1996, pusat bersejarah Porto ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Menengok sejarahnya, kota ini terkenal dengan ekspor anggurnya. 

Ada banyak lokasi wisata menarik saat berada di kota ini sebab Porto penuh dengan pesona. Mampirlah ke Riberia Square, distrik kota tua yang tercatat dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Tak lupa, karena Porto terkenal dengan anggurnya maka mampirlah ke gudang anggur. Di sana wisatawan dapat berkeliling bersama tour guide untuk belajar tentang sejarah.

4. Idaho

unsplash.com/abbyjsketch

Masih jarang dibahas, mungkin ini kali pertama kamu mendengar negara Idaho. Letaknya berdekatan dengan Washington dan Oregon di Pacific Northwest, Idaho merupakan bagian dari benua Amerika. Badan legislatif negara ini menunjuk bunga Syringa atau Philadelphus Lewisii sebagai bunga negara di tahun 1931. 

Idago menyimpan hutan hijau yang subur, danau yang tenang, ngarai yang dramatis, lembah yang dalam, air terjun yang indah, lanskap yang masih alami, serta kota tambang perak Kellogg yang bersejarah. Beberapa lokasi wisata populer di Idaho meliputi Sandpoint, Lava Hot Springs, Sawtooth Mountains, National Hell Canyon, hingga Idaho Falls.  

5. San Sebastian, Spanyol

unsplash.com/jchmrt

Juga dikenal dengan nama Donostia, kota San Sebastian terletak di sepanjang teluk berpasir putih di antara perbukitan Urgull dan Igueldo. Tepatnya di provinsi Gipuzkoa, San Sebastian sering menjadi tuan rumah festival musik dan film serta perayaan seperti karnaval. 

Kota yang terkenal sebagai salah satu kota terindah ini menawarkan pedesaan paling indah di Spanyol dan pantai-pantai yang disinari oleh matahari. Memiliki segudang aktivitas yang bisa dinikmati sepanjang hari, kawasan ini penuh dengan kafe, bar, dan restoran yang menawarkan makanan khas mereka, pintxos.

6. Pondicherry, India

unsplash.com/suicide_chewbacca

Tepatnya berada di India Selatan, Pondicherry menyimpan sejarah perdagangan dan perang yang panjang dan menarik. Secara geografis kota ini dibagi menjadi dua bagian oleh sebuah kanal dan semua jalan utama yang sejajar satu sama lain—mengarah ke jalan raya terbuka di lepas pantai. 

Saat berjalan-jalan di kota yang dulunya dihuni oleh Koloni Perancis ini, wisatawan dapat menemukan arsitektur serta restoran Prancis yang menyajikan steak dan anggur yang enak. Saat mampir ke French Quarter of Pondicherry atau Kota Putih di sini wisatawan bisa menemukan struktur kolonial berwarna kuning mustard dengan dinding yang dipenuhi bougenvillaea. 

7. Albania

unsplash.com/yvesalarie

Terletak di bagian barat Semenajung Balkan di Selat Otranto, Albania telah lama berfungsi sebagai jembatan bagi negara dan kerajaan yang mencari penaklukan di luar negeri. Meski banyak yang bahkan tidak tahu jika negara ini ada di peta, Albania adalah negara yang menakjubkan. 

Di sini, para wisatawan akan menemukan kastil tua, reruntuhan Romawi, serta bangunan era Ottoman saat menjelajahi kota dan desa. Albania juga menyimpan pantai dengan air yang biru kehijauan, danau yang berkilauan, serta pemandangan indah yang tersebar di mana-mana. Lebih menariknya lagi, kabarnya berlibur di Albania lebih terjangkau jika dibandingkan dengan sebagian besar negara di Eropa lainnya.

8. Nicaragua

unsplash.com/errezuniga

Nicaragua merupakan negara terbesar di Amerika Tengah dengan luas yang sedikit lebih luas dari New York. Penduduk setempat menyebut diri mereka Nicas dan biasanya menggunakan bahasa Spanyol atau Inggris untuk berkomunikasi. Jika menilik sejarah negara yang satu ini banyak orang Nicaragua adalah keturunan budak. 

Negara di Amerika Tengah ini memiliki Danau Managua tempat hiu banteng hidup. Hiu memasuki danau lewat sungai Rio San Juan dari Samudera Atlantik. Saat mengunjungi Nicaragua datanglah untuk menikmati hutan yang asri, berfoto di dekat arsitektur kolonial yang indah, menikmati keagungan gunung berapi, serta bersantai di tepi danau yang luas.

9. Tarapoto, Peru

unsplash.com/lgarciapezo

Tercatat jika Tarapoto memiliki populasi sekitar 180.000 orang dan merupakan kota terbesar di provinsi San Martín. Terkenal akan misteri lokal miliknya, Tarapoto cocok dikunjungi bagi wisatawan yang senang berpetualang, ingin melihat satwa liar, dan senang dengan pesta sebab Tarapoto terkenal dengan kehidupan malamnya. 

Selain dikenal sebagai “Kota Palem”, Tarapoto memiliki hutan awan yang turun ke hutan hujan Amazon yang lebih rendah, menciptakan ekosistem murni yang menampung segala jenis tumbuhan dan hewan. Kota ini juga menyimpan deretan tempat wisata yang wajib dikunjungi seperti air terjun Ahuashiyacu, Alto Shilcayo, hingga Museo Chanka y de la Diversidad Lamista.

10. Slovenia

unsplash.com/nevenkrcmarek

Slovenia terletak di pertemuan antara Pegunungan Alpen yang bertemu dengan Mediterania dan Dataran Pannonia bertemu dengan Karst. Meski Slovenia berdiri di atas tanah yang sulit ditemukan di peta, keanekaragamannya dapat membuat siapa saja tercengang. Penduduk asli Slovenia suka beraktivitas di luar ruangan, tak mengherankan olahraga populer di sini adalah hiking, bersepeda, jogging, serta bermain ski di musim dingin. 

Ada baiknya untuk merencanakan perjalanan saat mengunjungi negara ini, sebab ada banyak kota menarik untuk dikunjungi. Mulai dari Maribor yang dikenal dengan industri penanaman anggur yang mengelilingi kota, Koper sebagai salah satu kota pesisir tertua di negara ini, Kranjska Gora yang cocok dikunjungi penggemar olahraga musim dingin, hingga ibu kota negara yakni Ljubljana.

Itulah sepuluh kota dan negara yang melebihi ekspektasi saat dikunjungi untuk kali pertama. Meski rata-rata sulit ditemukan di peta, namun kota dan negara di atas menyimpan keindahan yang mesti di tengok sesekali dan kebudayaan yang patut dipelajari bagi pecinta sejarah.

IDN Media Channels

Latest from Travel