Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Rekomendasi Wisata Bandar Lampung Beserta HTM, Mulai dari Rp5 Ribu

Lengkap dengan alamat dan jam buka tutup

Aisyah Banowati

Mulai dari sekubal yang disantap dengan tapai ketan, bekasam yang merupakan hasil fermentasi ikan air tawar, camilan gagodoh, hingga bejak enjak yang terbuat dari beras ketan dan pisang raja khas Lampung, ada banyak alasan mengapa provinsi Lampung wajib menjadi destinasi wisata saat berlibur.

Bukan hanya memiliki beragam kuliner lezat yang terkenal seantero Nusantara, di ibu kota Lampung, tepatnya di Bandar Lampung tersimpan deretan tempat wisata yang tak kalah menarik untuk didatangi. Berikut rekomendasi wisata Bandar Lampung dan sekitarnya yang wajib dikunjungi saat datang ke sini.

1. Tugu Adipura/Tugu Gajah

id.m.wikipedia.org

HTM: -

Jam buka: -

Alamat: Gotong Royong Tanjung Karang Pusat, Pelita, Enggal, Kota Bandar Lampung

Keberadaan empat patung gajah di tengah kolam membuat Tugu Adipura juga dikenal sebagai Tugu Gajah. Sebagai salah satu ikon kota Bandar Lampung, tak mengherankan jika di sore hari lokasi ini terlihat ramai. Selain berfoto, di sini wisatawan dapat membaur dengan masyarakat sekitar yang sedang bersantai sembari berburu kuliner.

2. Taman Nasional Way Kambas

travelazzi.com

HTM: Rp5.000 - Rp7.000 per orang

Jam buka: 08.00 - 18.00 WIB

Alamat: Jl. Taman Nasional Way Kambas, Labuhan Ratu, Lampung Timur, Lampung, Indonesia, 34194

Terletak di samping sungai Way Kambas, Taman Nasional Way Kambas merupakan tempat konservasi gajah Sumatera yang mulai langka. Dengan luas area mencapai 1.300 km persegi, taman yang didirikan pada tahun 1937 ini dibangun menyerupai hutan sehingga nyaman untuk ditinggali hewan. Di sini, pengunjung bukan hanya akan bertemu dengan gajah Sumatera sebab Taman Nasional Way Kambas juga mengembangbiakkan fauna yang hampir punah, seperti harimau Sumatera, buaya sepit, hingga bangau tongtong. 

3. Pantai Gigi Hiu

flickr.com

HTM: Rp20.000 - Rp40.000 per orang

Jam buka: 06.00 - 17.00 WIB

Alamat: Desa Kelumbayan, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Hamparan bebatuan yang tersebar secara alami di sepanjang pesisir Pantai Gigi Hiu akan menyambut setiap wisatawan yang datang. Nama gigi hiu sendiri diberikan karena barisan bebatuan karang di pantai ini menyerupai gigi hiu. Pantai Gigi Hiu berhadapan langsung dengan perairan Samudera Indonesia sehingga jangan kaget saat melihat gulungan ombak besar yang menampar-nampar bibir pantai. 

4. Pulau Pahawang

pariwisata.pesawarankab.go.id

HTM: Rp30.000 per orang

Jam buka: 24 jam

Alamat: Teluk Lampung, masuk wilayah Kecamatan Punduh Pidada, kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung

Terkenal akan pantai dan keindahan bawah lautnya, Pulau Pahawang merupakan salah satu wisata Bandar Lampung yang paling populer. Biasanya, Pulau Pahawang akan ramai di akhir pekan dan hari libur nasional, lokasinya yang tak jauh dari ibukota provinsi membuat pulau ini mudah diakses. 

Selain dapat mencoba tidur di penginapan yang dibangun di atas laut, saat snorkeling kamu juga dapat menjumpai berbagai jenis ikan badut. Keuntungan lainnya, saat berlibur di sini bukan hanya dapat mengunjungi Pulau Pahawang, wisatawan juga bisa mampir ke Pulau Pahawang Besar, Pahawang Kecil, Kelagian Besar dan Kelagian Kecil. 

5. Pantai Mutun

pariwisata.pesawarankab.go.id

HTM: Rp10.000 - Rp30.000 per orang

Jam buka: 24 jam

Alamat: Sukajaya Lempasing, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung

Pantai Mutun terbagi menjadi dua lokasi yang bersebelahan, yaitu Pantai Mutun 1 dan Pantai Mutun 2. Di pantai mutun 2 terdapat berbagai fasilitas seperti waterboom, banana boat, dan lokasi untuk memancing. Sedangkan Pantai Mutun 1 atau yang juga dikenal dengan nama MS Town menyajikan pantai indah dengan hamparan pasir pantai yang putih dan bersih. 

6. Taman Hutan Kera

HTM: Rp10.000 per orang

Jam buka: 08.00 - 17.00 WIB

Alamat: Jalan Dr Cipto Mangunkusumo, Sumur Batu, Teluk Betung Utara, Sumur Batu, Kota Bandar Lampung

Terletak di tengah kota Bandar Lampung, Taman Hutan Kera cocok dikunjungi bagi wisatawan yang senang berinteraksi dengan hewan. Wisata Bandar Lampung yang satu ini dikelilingi oleh aneka pepohonan seperti akasia, mentru, sengon, serta pepohonan perdu.

Saat berkunjung ke sini, wisatawan bukan hanya akan disambut oleh kehadiran kera, namun juga dapat melihat sumber mata air yang konon katanya tidak akan kering. Tak jauh dari sumber mata air, wisatawan akan melihat goa peninggalan zaman Jepang yang terkunci dan dilarang dimasuki untuk umum. 

7. Vihara Thay Hin Bio

direktoripariwisata.id

HTM: Rp5.000 per orang 

Jam buka: 08.00 - 19.00 WIB

Alamat: Jalan Ikan Kakap No. 35, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung

Bernuansa Tiongkok klasik, vihara tertua di Lampung ini telah berdiri sejak 1896. Nama Thay Hin Bio sendiri artinya tempat berkumpul orang-orang yang bahagia. Banyak menggunakan warna merah dan kuning, hiasan ornamen naga dan lukisan klasik Tiongkok semakin mempercantik bangunan ini. Budaya Tiongkok di vihara Thay Hin Bio begitu kental dengan keberadaan dua lampion besar yang bergelantungan, lilin besar yang disusun secara rapi, serta pilar yang bertuliskan aksara.

8. Pulau Kelagian

instagram.com/tour_pahawang

HTM: Rp5.000 per orang

Jam buka: 24 jam

Alamat: Tenggara Teluk Ratai, Kabupaten Pesawaran, Lampung

Pesona pantai pasir putih pulau kelagian sulit untuk dilewatkan. Namun, ini bukanlah pulau berpenghuni sehingga tidak ada penginapan. Bahkan, para nelayan hanya singgah di pulau ini. Ternyata, Pulau Kelagian biasa dipakai untuk latihan militer sehingga pemerintah melarang masyarakat untuk tinggal di sini. 

Keunggulan pulau kelagian yaitu ombak laut yang tenang memanggil-manggil para wisatawan untuk berenang. Dikelilingi teluk dan diapit oleh Pulau Pahawang dan Maitem, Pulau Kelagian cocok untuk wisatawan yang datang untuk bermain air. 

9. Pulau Tanjung Putus

instagram.com/greenbay_tanjungputus

HTM: Rp5.000 - Rp15.000 per orang

Jam buka: 24 jam

Alamat: Kabupaten Pesawaran, Teluk Lampung

Populer karena keindahan bawah lautnya, Pulau Tanjung Putus menyimpan banyak terumbu karang dan biota laut. Tak mengherankan jika banyak wisatawan yang akan diving dan snorkling saat berkunjung. Konon katanya, dulu pulau ini menyambung dengan provinsi Sumatera, namun karena erupsi dan tsunami pulau ini akhirnya terpisah.

10. Pantai Sari Ringgung

HTM: Rp20.000 per orang 

Jam buka: 06.00 - 17.00 WIB 

Alamat: Jalan Way Ratai Km 14, Desa Sidodadi, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung

Rekomendasi wisata Bandar Lampung selanjutnya adalah Pantai Sari Ringgung. Bukan hanya memiliki pantai dengan pemandangan yang indah, Pantai Sari Ringgung juga menyediakan berbagai wahana permainan air. Daya tarik lain pantai ini adalah pasir timbul dan masjid apung yang bisa dijangkau dengan kapal. Selain bermain di pantai, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan ciamik dari puncak Krakatau View. 

Itulah sepuluh rekomendasi wisata Bandar Lampung dan sekitarnya yang dapat kamu kunjungi bersama teman, pasangan, atau keluarga. Tertarik datang ke lokasi yang mana dulu, nih?

IDN Media Channels

Latest from Travel