Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Potret Kerusakan Gempa di Cianjur, Rumah Warga Banyak Terdampak

Gempa buat sejumlah bangunan rusak parah

Zikra Mulia Irawati

Sebuah gempa berkekuatan 5,6 SR mengguncang Cianjur, Senin (21/11) siang. Dengan skala yang cukup besar ini, guncangan bahkan dapat dirasakan di daerah sekitarnya, seperti Bogor, Bekasi, Depok, hingga Jakarta.

Di Cianjur sendiri, bencana kemarin telah menelan ratusan korban dan membuat sejumlah bangunan rusak. Simak potretnya di bawah ini.

1. Seorang lelaki berjalan di sebelah bangunan yang telah ambruk. Penampakan genting yang sudah lapuk mendominasi potret ini.

apnews.com

2. Tak kalah parah, puing-puing berguguran di dalam rumah ini sehingga mempersulit akses untuk lewat

Reuters

3. Meski sebagian masih berdiri, tak dapat dimungkiri bahwa rumah ini mengalami kerusakan yang cukup serius

apnews.com

4. Usai gempa utama, sejumlah gempa susulan masih terjadi di Cianjur. Oleh karena itu, beberapa rumah bisa sampai ambruk seperti ini.

apnews.com

5. Gempa darat kali ini punya potensi merusak bangunan lebih besar. Dalam foto ini, beberapa sisi dinding mungkin masih berdiri. Namun, atapnya telah runtuh.

apnews.com

6. Berdasarkan data terakhir Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, sebanyak 62 orang meninggal dan 100 orang lainnya kemungkinan tak selamat karena terjebak di bawah puing-puing bangunan yang kurang kokoh

apnews.com

7. Mirisnya, korban diperkirakan didominasi anak-anak karena gempa terjadi di saat jam belajar di sekolah tengah berlangsung

Reuters

8. Sejumlah bangunan sekolah terpantau mengalami kerusakan. Tim evakuasi pun dikerahkan.

apnews.com

9. Di salah satu taman kanak-kanak, atap bangunan bahkan sampai roboh.

Reuters

10. Di salah satu gedung pemerintahan, yaitu Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Cianjur, tampak beberapa puing-puing berguguran. Salah satu korban tertangkap sedang menerima pertolongan dari orang-orang sekitar.

Reuters

11. Terakhir, toko yang menjadi sumber mata pencaharian warga pun tak luput dari keganasan gempa kemarin. Saat rolling door dibuka, bagian dalam bangunan sudah disesaki dengan reruntuhan.

apnews.com

Kita doakan agar para korban dapat segera diselamatkan dari reruntuhan dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan untuk bangkit, ya, Bela. Kalau kamu punya rezeki lebih, kita donasikan sebagian untuk saudara-saudara kita di Cianjur, yuk.

IDN Media Channels

Latest from News