Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10+ Potret Kerusakan Gempa Turki dan Suriah

Lebih dari 4.000 jiwa meninggal dunia di Turki dan Suriah

Zikra Mulia Irawati

Sebuah gempa dahsyat berkekuatan 7,8 magnitudo mengguncang Turki selatan dan Suriah utara pada 6 Februari. Berdasarkan laporan Associated Press, kerugian yang ditimbulkan adalah meninggalnya lebih dari 4.000 jiwa dan kerusakan parah pada beberapa bangunan.

Hingga kini, penelusuran korban yang terjebak di bawah puing-puing masih terus dilakukan. Berikut beberapa potret kerusakan dan situasi terkini yang berhasil Popbela rangkum.

1. Pusat gempa ini terletak di dekat kota Gaziantep dengan kedalaman 17,9 KM. Gempa pertama ini terjadi pada pukul 04.17 waktu setempat atau 01.17 GMT.

apnews.com

2. Beberapa gempa susulan terjadi setelahnya. Salah satu yang terbesar berpusat di distrik Elbistan, Kahramanmaras dengan kekuatan 7,5 magnitudo.

apnews.com

3. Setidaknya ada 5.600 bangunan yang hancur di Turki. Ribuan warga yang selamat kehilangan tempat tinggal. Bangunan sepenting rumah sakit pun dilaporkan mengalami kerusakan.

apnews.com

4. Kondisi ini diperparah dengan fakta bahwa Turki tengah menginjak musim dingin. Untuk sementara waktu, pengungsian didirikan di sejumlah masjid, pusat perbelanjaan, dan stadion.

apnews.com

5. Beberapa kastil bersejarah dan masjid di Turki tak elak mengalami kerusakan.

6. Relawan dari berbagai pihak kemudian bahu membahu mencari korban yang terjebak di bawah puing-puing.

apnews.com

7. Ambulans pun bersiaga di sekitar lokasi pencarian korban.

apnews.com

8. Kerusakan serupa juga terjadi di Suriah. Ini adalah potret dari Provinsi Idlib yang terletak di dekat perbatasan Turki.

apnews.com

9. Salah satu rumah sakit yang masih beroperasi di sana, al-Rahma Hospital, langsung dipenuhi korban yang membutuhkan perawatan.

apnews.com

10. Juru bicara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Stephane Dujarric mengatakan 224 bangunan di barat laut Suriah telah hancur dan setidaknya ada 325 bangunan rusak, termasuk gudang bantuan.

apnews.com

11. Menurut catatan, bencana ini merupakan salah satu gempa paling mematikan sejak tahun 2000. Hingga artikel ini tayang, korban tewas dari kedua negara sudah mencapai angka 4.000 jiwa dan puluhan ribu lainnya terluka.

apnews.com

Negara-negara di dunia sudah mulai berupaya mengirimkan bantuan kepada dua negara tersebut. Kamu juga bisa ikutan berdonasi lewat beberapa penggalangan yang tengah dibuka, Bela. Mari kita doakan saudara-saudara kita di sana agar senantiasa dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

IDN Media Channels

Latest from News