Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Peringati Hari Musik Nasional, Ini 10 Musisi dengan Royalti Terbesar  

Akhirnya, para musisi ini mendapatkan performing rights!

Firly Fenti

Pada peringatan Hari Musik Nasional Senin kemarin (9/3), Performers Right Society of Indonesia (Prisindo) memberikan royalti kepada lebih dari 300 musisi dan penyanyi Tanah Air. Royalti ini bukan berasal dari penjualan lagu secara fisik atapun digital, melainkan berasal dari perfoming rights para musisi tersebut. 

Nah, perfoming rights sendiri merupakan hak yang didapat oleh para musisi karena karya musik mereka diperdengarkan untuk kepentingan komersil seperti di hotel, tempat karaoke, maupun restoran. Meskipun tidak menyebutkan nominalnya, Marcell Siahaan, penyanyi sekaligus ketua umum Prisindo, memberi tahu 5 nama penyanyi serta 5 grup band sebagai penerima royalti terbesar tahun ini. Hmm, kira-kira siapa saja ya, Bela? Berikut daftarnya! 
 

1. Via Vallen

Instagram.com/viavallen

Pelantun lagu "Sayang" ini berada di urutan pertama sebagai penerima royalti terbesar untuk kategori penyanyi. Nggak heran, sih. Lagu "Sayang" emang fenomenal banget. Bahkan sampai saat ini, lagu tersebut masih sering dimainkan di berbagai tempat. Selamat, ya, Via!

2. Anji

Grid.id/Atikah

Bukan hal yang baru, mantan vokalis band Drive ini juga pernah menempati posisi sebagai 3 penerima royalti terbesar di tahun 2017, lho. Bersama dua penyanyi lainnya, Chrisye dan Cita Citata, ia memperoleh royalti sebesar 40 juta dari Sentra Lisensi Musik Indonesia (SELMI).

3. Judika

Fajar.co.id

Mengawali karir sebagai juara 2 di ajang Indonesian Idol musim ke-2, Judika tetap eksis dengan karya-karyanya. Suara powerful dan khas dari lelaki kelahiran 31 Agustus 1978 itu, memang jadi daya tarik sendiri, lho!

4. Iwan Fals

Mediaindonesia.com/Sumaryanto

Penyanyi yang memulai karirnya sejak 1975 ini juga masuk di posisi 5 besar penyanyi dengan royalti terbesar. Nggak pernah patah semangat dan terus bangkit ketika jatuh, adalah kunci kesuksesan Bang Iwan, sapaan akrab Iwan Falls, untuk tetap eksis di industri musik ini. Legendaris banget!

5. Cita Citata

Instagram.com/Cita_citata

Selain Via Vallen, Cita Citata juga menjadi pedangdut yang berhasil mendapatkan royati terbesar di tahun ini. "Sakitnya  Tuh di Sini" dan "Goyang Dumang" menjadi dua lagu paling hits dari Cita citata. Hebat, ditunggu karya selanjutnya, ya, Cita!

6. Armada

Internet

Nggak di tahun ini aja, ternyata di tahun 2017 band pop ini juga menempati posisi pertama sebagai musisi yang mendapatkan royalti terbanyak, lho. Tetap konsisten menampilkan karya terbaik adalah kunci kesuksesan Armada untuk sering berada di posisi ini. Keren, semoga menginspirasi musisi lain, ya!

7. NOAH

Musiklik.com

Band legendaris yang berkarya sejak tahun 2000 sejak namanya masih Peterpan ini, seakan nggak pernah lelah untuk terus berkarya ya, Bela. Lagu-lagu yang selalu relevan di pergantian dekade membuat karya-karyanya seperti tidak ketinggalan zaman. Nggak salah mereka menerima royalti ini. 

8. Ungu

Liputan6.com/Fachrur

Meskipun vokalisnya terjun ke dunia politik, nyatanya Band Ungu tidak ditinggal oleh para penggemarnya, lho. Ini terbukti dari royalti yang mereka dapatkan bahwa masih banyak masyarakat, termasuk penggemarnya, yang masih setia mendengar lagu-lagu mereka. 

9. Seventeen

Instagram.com/Ifanseventeen

Band yang sempat terkena musibah tsunami ketika sedang manggung di akhir tahun 2018 ini, juga mendapatkan royalti terbesar di tahun ini. Lagu berjudul "Kemarin" menjadi salah satu lagu yang paling populer dan sering diputar akhir-akhir ini.

10. Naff

Harnas.co

Band asal Bandung ini juga mendapatkan royalti terbesar. Meskipun jarang muncul di TV, band yang sudah menelurkan tujuh album sepanjang karier mereka tesebut, tetap eksis dalam acara off air atau di radio-radio. Lagu-lagu mereka yang sempat populer pun, selalu tak lupa untuk tetap dilantunkan dalam setiap kesempatan.

Selamat ya, untuk para musisi hebat di atas. 

IDN Media Channels

Latest from News