Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Irit, Ini 10 Ide Menu Buka Puasa saat Kantong Menipis

Penyelamat saat tanggal tua

Zikra Mulia Irawati

Selama Ramadan, begitu banyak pedagang makanan yang berjualan di sore hari. Tak jarang kita begitu tergoda untuk terus membelinya. Akhirnya, kantong kita pun jadi menipis padahal gajian masih beberapa hari lagi.

Oleh karena itu, kita harus mengatur strategi agar uang di kantong cukup sampai gaji selanjutnya turun. Salah satu caranya adalah memasak sendiri. Di bawah ini, Popbela punya 10 rekomendasi menu yang bisa kamu masak dengan budget terjangkau.

1. Telur dadar padang

topwisata.info

Telur memang bahan makanan penyelamat di saat kantong pas-pasan. Dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan daging-dagingan, beberapa nutrisi penting bisa kita dapatkan dari sini.

Kabar baiknya, telur bisa dikreasikan jadi berbagai hidangan, lho! Sebut saja telur dadar padang. Tak seperti telur dadar biasa, olahan ini jauh lebih kaya rasa karena tambahan bahan lain, seperti daun bawang, tepung terigu, hingga kelapa parut. 

Hanya dengan sekali memasaknya, olahan ini bisa menjadi lauk untuk beberapa porsi. Hemat dan praktis, bukan?

2. Telur bacem

cookpad.com

Jika kamu lebih suka rasa manis, telur juga bisa diolah dengan cara dibacem. Pastikan bumbu meresap dengan baik ke dalam telur agar lebih enak. Olahan ini akan sangat cocok untuk menu berbuka di tanggal tua.

3. Sayur asem

harianresep.com

Ingin makan masakan berkuah dengan budget terjangkau? Sayur asem solusinya. Paket sayur asem yang dibungkus plastik oleh pedagang sayur di sekitar rumah bisa kamu manfaatkan untuk berhemat. Jangan lupa buat sambal dan ikan asin goreng sebagai menu pendamping. Dijamin satu rumah bisa kenyang, dengan hidangan ekonomis ini.

4. Bakwan jagung

minyakgorengsunco.com

Jika masih punya sisa jagung setelah masak sayur asem, manfaatkan untuk membuat bakwan jagung alih-alih membuangnya. Dengan begini, tak akan ada bahan makanan yang terbuang sehingga uang di dompet akan lebih aman.

5. Tumis kangkung

royco.co.id

Untuk para pencinta tumis, kangkung adalah pilihan paling hemat untuk dimasak. Agar lebih gurih, tambahkan beberapa sendok ebi. Makan dengan nasi hangat supaya lebih nikmat.

6. Pecel sayur

masakapahariini.com

Membuat pecel sayur di saat harga minyak goreng sedang mahal merupakan pilihan yang tepat. Cukup direbus sebentar, sayuran yang disirami sambal kacang ini akan jadi menu berbuka yang irit tetapi tetap menggoyang lidah.

7. Pepes tahu

resepedia.id

Inspirasi menu tanpa minyak goreng lainnya adalah pepes tahu. Cita rasanya yang kuat dan cara memasak yang hanya dikukus akan membuat kamu hemat berkali-kali lipat.

8. Bihun goreng

selerasa.com

Kantong menipis padahal kamu butuh lauk berporsi besar untuk sekeluarga? Tenang, bihun goreng adalah penyelamatmu. Harga bahan bakunya yang terjangkau bisa membuatmu masak dalam jumlah yang banyak sekaligus.

9. Terung balado

cookpad.com

Terung biasanya memiliki rasa yang hambar dan getir. Tak heran, banyak orang yang kurang menyukainya meski harga bahan makanan ini cukup terjangkau.

Namun, olahan terung balado akan mengubah pandangan kamu. Dengan cara memasak yang tepat, dijamin kamu akan ketagihan dengan rasanya yang lezat dan ingin nambah lagi.

10. Pecel lele

endeus.tv

Hidangan ini mungkin sering kamu jumpai di pedagang kaki lima. Sayangnya, harga makanan ini akan terasa mahal saat kantong sedang kering-keringnya.

Jika kamu sangat ingin memakannya, cobalah untuk memasaknya sendiri. Dengan harga yang tidak jauh berbeda, kamu bisa makan lele goreng beserta sambal tomat dan lalapannya dengan porsi yang lebih banyak.

Jadi, ingin masak yang mana, nih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Food