Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Kuliner Pilihan Popbela di Festival Jajanan Bango 2023

Dilaksanakan di Parkir Timur Senayan pada 27–29 Oktober

Zikra Mulia Irawati

Festival Jajanan Bango 2023 menjadi lebarannya pencinta kuliner Indonesia di Jakarta dan sekitarnya. Tahun ini, acara terselenggara di Parkir Timur Senayan, Jakarta pada 27–29 Oktober. Setidaknya ada 100 tenant makanan dari berbagai daerah yang hadir dan siap memanjakan lidah pengunjung.

Harus diakui, Popbela cukup kesulitan untuk memilih kuliner legendaris apa saja yang harus dijajal, nih! Setelah berkeliling di delapan blok area yang tersedia, berikut 5 santapan pilihan Popbela!

1. Tahu Tek Telor Cak Kahar

Popbela.com/Zikra Mulia Irawati

Lokasi: Blok D

Harga: Rp35.000 per porsi

Setelah terlibat di Festival Jajanan Bango 2023 Makassar, Tahu Tek Telor Cak Kahar kembali dipercaya untuk menjadi salah satu tenant di expo kuliner akbar ini. Bisnis keluarga yang sudah berjalan selama tiga generasi sejak tahun 1960-an ini secara khusus membawa petis langsung dari tempat asalnya, Surabaya, untuk menjaga keaslian rasanya.

Sebagai orang yang belum pernah berkunjung ke ibu kota provinsi Jawa Timur tersebut, first impression saya terhadap hidangan ini adalah mirip ketoprak. Bahan-bahan yang dipakainya sama-sama tahu goreng, lontong, telur dadar, bumbu kacang, kecap Bango, dan kerupuk. Hanya saja, ada perbedaan signifikan karena Tahu Tek Telur Cak Kahar ini turut menyertakan mentimun dan petis sehingga tekstur bumbunya sedikit lebih kental.

2. Mie Belitung Atep

Popbela.com/Zikra Mulia Irawati

Lokasi: Blok C

Harga: Rp35.000 per porsi

Ternyata menjajal olahan mi versi asli memang berbeda sensasinya dengan menyantap versi instannya. Di Festival Jajanan Bango 2023, saya berkesempatan mencicipi gurihnya Mie Belitung Atep yang sudah melegenda di daerah asalnya. Tempat makan yang berdiri sejak 1973 ini bahkan tetap menyajikan olahan mi ini menggunakan daun simpor yang menjaga makanan agar awet hangat.

Cuaca Jakarta yang sedang panas-panasnya ternyata tidak mengurangi kenikmatan hidangan ini, lho, Bela! Tekstur kuahnya kental dengan perpaduan rasa pedas, gurih, dan sedikit asam berkat perasan jeruk nipis. Mie Belitung Atep ini cocok dengan lidah Indonesia karena cita rasa gurih yang berasal dari kaldu udang. Penyajiannya pun termasuk beberapa ekor udang, mi lurus, irisan tahu, mentimun, dan emping.

3. Iga Bakar Si Jangkung

Popbela.com/Zikra Mulia Irawati

Lokasi: Blok F

Harga: Rp50.000 per porsi

Empuk banget! Begitu tanggapan saya ketika mencoba memotong Iga Bakar Si Jangkung menggunakan sendok plastik yang tersedia. Tentu hal ini jadi poin plus karena memudahkan konsumen saat memakannya. 

Iga Bakar Si Jangkung merupakan salah satu kuliner populer dari Bandung, Jawa Barat yang terpilih menjadi tenant di Festival Jajanan Bango 2023. Menu ini cocok disantap saat sedang lapar-laparnya karena penyajiannya dilengkapi dengan nasi putih, acar, dan irisan cabai. Kamu doyan pedas? Popbela tantang kamu untuk memakan cabai rawitnya dalam sekali iris. Mata dijamin langsung melek, deh!

4. Nasi Tutug Oncom Aira Rasa Garut

Popbela.com/Zikra Mulia Irawati

Lokasi: Blok C

Harga: Rp35.000 per porsi

Nasi Tutug Oncom Aira Rasa Garut mungkin bisa jadi alternatif untuk kamu yang ingin menjajal sensasi berbeda dalam mengonsumsi nasi. Hanya dengan mengonsumsi nasinya saja, rasa gurih langsung menyapa indera pengecapan saya. Hidangan ini jadi lebih nikmat karena ditemani tempe mendoan, telur dadar, dan ikan asin. 

Hal yang membuat menu ini spesial adalah elemen masakan Sunda yang tak pernah ketinggalan: sambal dan lalapan. Nasi Tutug Oncom Aira Rasa Garut sendiri menyediakan sambal terasi dan cabai ijo serta lalapan mentimun dan leunca. Kebayang, kan, seperti apa sensasi gurihnya?

5. Ayam Madu Sibangkong

Popbela.com/Zikra Mulia Irawati

Lokasi: Blok E

Harga: Rp35.000 per porsi

Kuliner selanjutnya yang saya coba adalah Juara Nasional Penerus Warisan Kuliner Bango 2018, Ayam Madu Sibangkong. Begitu mengicipinya, saya langsung tahu mengapa gelar tersebut tersemat pada rumah makan ini. Meski didominasi rasa manis, rempah gurih lainnya tak serta-merta tertutup. Bumbunya pun meresap sampai ke dalam daging sehingga tidak sepa sama sekali.

Saya sempat mengira Sibangkong adalah nama varian yang khusus dimiliki rumah makan ini. Rupanya, itu adalah nama julukan sang pemilik. Saking banyak penggemarnya, Ayam Madu Sibangkong kini memiliki cabang di berbagai kota, seperti Bogor, Indramayu, Semarang, dan Palembang selain di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

Daripada jauh-jauh menyambangi kota-kota tersebut, kamu bisa menjajalnya hanya dengan datang ke Festival Jajanan Bango 2023, lho! Tiket masuknya gratis pula. Kamu bisa melakukan registrasi terlebih dahulu di bit.ly/FJB2023 agar bisa langsung memasuki area festival kuliner ini. Festival akan dibuka lebih awal saat akhir pekan, yaitu pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Karena ada sekitar 100 penjaja kuliner di sini, Popbela menyarankan agar kamu membuat daftar dari rumah dan membawa uang saku yang cukup. Pembayaran di Festival Jajanan Bango 2023 bisa dilakukan dengan uang tunai, QRIS, atau voucher dari penyelenggara. Jangan lupa ajak orang tersayang, ya, Bela, supaya kamu bisa #BangkitkanSejutaRasa dengan menjajal menu di sini sebanyak-banyaknya!

IDN Media Channels

Latest from Food