Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Makanan Khas Indonesia yang Laris di Luar Negeri

Adakah makanan favoritmu?

Rosita Meinita

Seperti yang kamu tahu Indonesia mempunyai masakan khas Nusantara yang beragam. Kekayaan rempah dan bumbunya yang khas membuatnya primadona daripada makanan western lainnya. Bahkan, para warga Indonesia ternyata tetap merindukan makanan indonesia walaupun mereka sudah beberapa tahun tinggal di sana lho, Bela.

Bahkan di luar negeri pun banyak makanan khas Indonesia yang dijajakan. Nggak hanya lidah orang Indonesia saja, para warga lokal sana juga open dengan makanan ini. laris di luar negeri, inilah makanan Indonesia yang khas.

1. Rendang

anekakuliner.net/

Rendang, makanan khas Padang, Sumatera Barat ini memang nggak ada tandingnya. Bagaimana tidak, rempah dan aneka jenis bumbu dapur yang diracik sungguh beragam. Nggak hanya banyak, teknik memasak rendang pun membutuhkan waktu yang lama. Bumbu harus diaduk dalam api yang menyala selama berjam-jam. Kebayang kan bagaimana bumbunya meresap hingga daging?

2. Tempe

id.wikipedia.org/

Olahan kedelai yang difermentasi ini mungkin dianggap makanan yang murah di Indonesia. Tetapi jangan salah, di luar negeri tempe memunyai panggungnya sendiri. Bahkan di Jepang, tempe menjadi makanan yang favorit. Diolah menjadi beberapa jenis masakan, tempe memang bahan baku yang mempunyai taste yang khas.

3. Nasi goreng

noniapr.wordpress.com/

Walaupun nasi goreng sudah nge-tren di berbagai negara, nasi goreng khas Indonesia memang berbeda. Bagaimana tidak, bumbu yang digunakan sangatlah lengkap. Di sini bumbu masak memang menjadi kunci akan rasa nasi goreng Nusantara yang dominan.

4. Sate

facebook.com/yummy

Di Indonesia, sate memang terdengar sangat familiar. Ada Sate Madura, Sate Padang, Sate Blora dan sebagainya. Cara penyajiannya yang khas yaitu daging ayam, kambing ataupun sapi yang ditusuk dengan tusukan bamboo membuatnya ikonik. Bahkan presiden AS, Barack Obama juga menyukai sate sebagai menu favoritnya.

5. Gudeg

fickr.com/ Miel Photography

Yaps, mana lagi jika bukan Jogja kota dengan makanan khas Gudeg. Rasanya yang manis nggak hanya di awalnya saja, tapi meresap sampai di dalam bumbunya. Nggak hanya di Indonesia, di restoran Clayton Road, Melbourne menyediakan makanan gudeg di menunya.

6. Gado-gado

masakapahariini.com/

Makanan menyehatkan ini memang cocok untuk kamu yang sedang diet. Campuran sayuran, yang dipadukan dengan lontong, tahu dan tempe ini disiram dengan bumbu kacang yang khas. Nggak lupa, kerupuk sebagai pelengkapnya. Di Napoli, Italia makanan juga terkenal di warga lokalnya lho, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Food