Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Langkah Tepat Cara Memasak Buat Bit

Ternyata mudah, ya!

Rosita Meinita

Buah bit merupakan hidangan yang cocok disajikan untuk beberapa varian menu. Kandungan antioksidan yang tinggi dan nutrisi seperti folat, mangan dan kalium ada di buah ini. Beberapa orang masih awam untuk memasak buah bit mentah.

Sebenarnya cukup mudah, Bela. Dengan teknik sederhana mulai dari memasukkannya ke oven hingga langsung di kompor. Biar nggak salah langkah, ini cara memasak buah bit yang benar.

Cara mempersiapkan buah bit

freepik.com/ freepik

Memilih buah bit yang segar sangatlah mudah, dari bit emas ke bit merah. Aromanya yang khas menambah rasa dan warna yang indah untuk dicampurkan ke beberapa menu.

Ada beberapa langkah untuk mempersiapkan buah bit terlebih dahulu.

  1. Potong batang dan daun bit, bungkus dengan plastik atau kertas dan masukkan ke lemari es untuk digunakan nanti. Daun bit juga bisa digunakan untuk pengganti bayam dengan cara ditumis dengan minyak zaitun selama 2-3 menit.
  2. Potong akar bagian bawah bit.
  3. Gosok kulit dengan sikat atau spons dengan lembut. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel.

Cara memasak buah bit

Setelah kamu menyiapkan buah bit, kamu mempunyai beberapa opsi untuk teknik memasaknya, yaitu memanggang di oven, mengukus dan merebusnya. Beberapa teknik ini bisa kamu sesuaikan dengan menu yang akan kamu buat dengan buah bit ini.

Bit panggang

freepik.com/ sunvic

Memanggang adalah salah satu teknik terbaik memasak buah bit. Hal ini karena kamu tetap memberinya tekstur yang kaya dan padat dengan rasa yang masih khas. Berikut cara memanggang buah bit.

  1. Panaskan oven hingga 425 C.
  2. Lapisi loyang dengan kertas roti.
  3. Tambahkan potongan bit dengan minyak zaitun, garam, dan lada.
  4. Letakkan bit di loyang dan panggang selama 45 menit atau sampai teksturnya lunak.
  5. Untuk hasil yang lebih merata dan rasa yang lebih khas, kamu bisa membungkus buah bit ke dalam alumunium foil pada Loyang yang dioven.
  6. Biarkan bit dingin.

Bit kukus

freepik.com/ stolyevych_yuliya

Jika kamu ingin mempertahankan warna buat bit yang indah dan rasa yang lebih lembut, mengukus adalah salah satu tekniknya. Selain lebih mudah, kamu hanya memerlukan waktu 15 menit. Inilah cara mengukus buah bit.

  1. Potong buah bit besar menjadi empat atau bit sedang menjadi dua bagian.
  2. Letakkan ke dalam keranjang steamer di atas air mendidih.
  3. Kukus selama 15 menit atau sampai lunak.
  4. Kupas kulitnya secara perlahan.

Bit rebus

freepik.com/ kasia2003

Jika beberapa teknik sebelumnya kamu memerlukan media yang banyak, teknik merebus bisa menjadi yang paling mudah untuk mempersiapkan buah bitmu. Dengan setuhan akhir yang lembut dan manis sempurna, merebus juga akan membuat buah bit lebih mudah dikupas. Inilah langkah untuk merebusnya.

  1. Letakkan semua buah bit ke dalam panci besar, masukkan air ke dalamnya.
  2. Didihkan dengan panci keadaan tertutup selama 30-45 menit, tergantung dengan ukuran buah bit.
  3. Rendam buah bit ke dalam air es untuk membuat kulitnya mudah dilepaskan.

Selamat mencoba!

IDN Media Channels

Latest from Food