Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Beda Rasa dan Ukuran, Inilah Jenis Pisang di Indonesia

Sudah tahu apa bedanya?

Rosita Meinita

Pisang merupakan buah khas Asia Tenggara, Sebagai bagian dari negara Asia Tenggara, Indonesia sudah menjadi surganya pisang ya, Bela. Teksturnya yang lembut menjadikannya mulai banyak digemari dari balita, dewasa hingga lansia. Rasanya yang manis pun nikmat dimakan langsung ataupun dijadikan beberapa olahan dessert yang menarik.

Nah, ternyata terdapat beberapa jenis pisang di Indonesia. Berbeda jenis, ternyata juga berbeda ukuran, bentuk, bahkan rasa. Bagaimana kamu penggemar pisang apa, Bela?

Inilah beberapa jenis pisang yang ada di Indonesia.

1. Pisang raja

instagram.com/ sukalarang_farm

Siapa yang nggak kenal pisang raja? Kulitnya yang tebal dan buah pisangnya yang bertekstur ketika dikupas ini memiliki rasa paling manis di antara jenis pisang yang lain. Bentuknya juga tebal dan cenderung melengkung ke atas.

Aromanya harum ketika buahnya matang, nggak heran pisang ini menjadi favorit dimakan langsung.

Kamu juga bisa mengolahnya untuk topping berbagai kue tradisional, kue modern, bahkan untuk es pisang hijau.

2. Pisang ambon

freepik.com/ jannoon028

Pisang ambon merupakan pisang asli Indonesia. Bentuknya yang panjang, memiliki warna hijau dan kuning ketika sudah matang.

Pisang jenis ini juga biasa digunakan untuk olahan kue basah karena memiliki tekstur yang halus.

3. Pisang kepok

freepik.com/ sommail

Jika banyak jenis pisang yang bisa dimakan langsung, lain halnya dengan pisang kepok. Pisang jenis ini lebih cocok untuk dimasak terlebih dahulu, bisa direbus ataupun digoreng. Bentuknya yang berisi nggak terlalu panjang, serta dagingnya yang kenyal berwarna kuning.

4. Pisang susu

freepik.com/ spams

Pisang susu merupakan pisang yang memiliki rasa manis dan creamy jika sudah matang, akan tetapi terasa sepat jika masih mentah. Warnanya yang kuning cerah sering juga ada bintik-bintik di kulitnya ketika sedang matang.

Pisang jenis ini lebih enak dimakan langsung daripada diolah menjadi varian dessert.

5. Pisang emas

freepik.com/ stockking

Pisang emas memiliki ukuran yang paling kecil di antara yang lainnya. Nggak hanya ukurannya, pohon pisangnya pun juga lebih kecil. Yang paling membedakan pada pisang emas yaitu terdapat warna hijau di ujungnya.

Rasanya yang lembut, lebih cocok dimakan langsung.

6. Pisang tanduk

instagram.com/ freshgo.id

Sesuai dengan namanya, pisang ini berbentuk seperti tanduk. Dengan ukurannya yang paling panjang di antara yang lain, bentuknya pun paling mudah dikenali karena semakin ke ujung semakin lancip.

Pisang tanduk lebih cocok untuk direbus karena dagingnya yang keras ketika dimakan langsung.

7. Pisang cavendish

freepik.com/ KamranAydinov

Pisang jenis ini merupakan asli Filipina. Sering dijumpai di supermarket, mempunyai ciri kulitnya yang tipis dan daging buah yang tebal. Rasanya manis dan lembut, cocok dimakan langsung ataupun dibuat olahan kue.

IDN Media Channels

Latest from Food