Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Menu Makanan Buka Puasa yang Praktis dan Sederhana

Sudah tahu mau buka pakai makanan apa?

Romi Subhan

Bulan Ramadan telah tiba. Bulan penuh kemuliaan bagi umat muslim. Di dalamnya ada banyak sekali keistimewaan yang bisa kamu terima dan lakukan. Salah satu diantaranya amal kebaikan yang bernilai berlipat ganda. Untuk menghadapi bulan Ramadan tentu kita perlu menyiapkan hati dan juga jasmani yang kuat. 

Dalam bulan Ramadan umat muslim dituntut akan kewajibannya dalam menjalani ibadah puasa. Puasa yang sangat dinantikan oleh banyak umat muslim di seluruh dunia. Manfaat yang ada di bulan puasa sangat banyak salah satunya yaitu bisa menghilangkan racun-racun di tubuh. Puasa seolah menjadi detoks yang alami bagi tubuh.

Selain kenikmatan bagi tubuh yang seakan refresh kembali. Ada satu hal lagi yang tidak bisa dipisahkan dari bulan Ramadan. Itu adalah kenikmatan panganan berbuka puasa. Biasanya akan ada yang unik-unik yang disajikan spesial khusus bulan Ramadan. Namun untuk berbuka tentu ada juga yang spesial untuk disajikan seperti 7 menu makanan buka puasa yang praktis dan sederhana berikut ini, dijamin bisa membuat menu buka puasamu lebih menyenangkan, Bela.                                       

1. Tumis Brokoli Saus Tiram

Instagram.com/rahmi_mol

Menu makanan buka puasa yang praktis dan sederhana pertama ada tumis brokoli saus tiram. Seperti kita ketahui brokoli merupakan sayuran yang sehat dengan mengandung banyak serat serta vitamin. Di sini brokoli akan ditumis sehingga menjadi empuk dengan dibaluri bumbu saus tiram yang menambah kelezatannya.

2. Tumis Wortel Buncis

Instagram.com/astrid_kevin

Menu makanan buka puasa yang praktis dan sederhana berikutnya adalah tumis wortel buncis. Variasi warna yang tercipta dari masakan ini sangat memanjakan mata dan membuat nafsu makan seolah memuncak. Kamu bisa menambahkan bakso, telor, jagung atau yang lainnya sesuai seleramu.

3. Ayam Saus Karamel

Instagram.com/nonsofie

Menu makanan buka puasa yang praktis dan sederhana selanjutnya adalah Ayam Saus Karamel. Orang Indonesia tidak terlepas dengan panganan ayam. Ayam begitu enak dan juga bergizi. Tentu makanan ini akan sangat digemari ditambah dengan saus karamel yang manis pedas akan menjadikan makanan ini cocok untuk menemani buka puasa kamu.

4. Capcay Kuah

Instagram.com/cynthiahali

Menu makanan buka puasa yang praktis dan sederhana yang keempat ada Capcay kuah. Panganan satu ini memiliki gizi yang tinggi dengan beragam sayuran yang terdapat di dalamnya. Cara membuatnya mudah, hanya perlu mencampur bahan dan bumbu yang kemudian dimasak di atas kompor. Kamu juga bisa tambahan ayam atau udang di dalam Capcay kuah ini.

5. Sayur Lodeh

Instagram.com/ni2k_

Menu makanan buka puasa yang praktis dan sederhana yang kelima adalah sayur lodeh. Yap, sayur lodeh merupakan sayur yang sudah biasa mungkin kamu makan sehari-hari namun untuk di bulan puasa kamu pun sangat bisa menikmatinya. Proses pembuatannya yang sederhana dan simple  membuat makanan ini sangat mudah untuk kamu sajikan saat berbuka puasa. Jangan lupakan sambal untuk makin menambah kenikmatan menyantap sayur lodeh ini.

6. Sapo Tahu

Instagram.com/luen218

Menu makanan buka puasa yang praktis dan sederhana berikutnya mungkin sedikit asing di telinga kamu. Panganan tahu berikut memang terasa jarang ditemukan sebagai menu berbuka puasa. Namun jangan salah, panganan yang memadukan ayam dan seafood ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh kamu. Menu masakan berbuka puasa ini juga sangat cocok untuk dimakan dengan nasi putih yang masih hangat.

7. Semur Telur Puyuh

Instagram.com/resepanekamasakan

Menu makanan buka puasa yang praktis dan sederhana yang terakhir ada Semur Telur Puyuh. Jika kamu bosan akan semur ayam, semur telur puyuh ini bisa jadi alternatif yang baik untuk kamu menikmati buka puasa dengan berbeda. Kenikmatan menyantap telur puyuh nggak kalah enak dengan menyantap ayam yang di semur. 

Itulah tadi ada tujuh menu makanan untuk berbuka puasa yang praktis dan sederhana, yang bisa kamu coba nikmati untuk menemani buka puasa kamu di tahun ini. Selain enak tentu menu masakan berbuka puasa ini sangat bergizi dengan beragam bahan yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Kumpulan Artikel Seputar Ibadah Selama Ramadan

IDN Media Channels

Latest from Food