Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit, Rasanya Lezat dan Sehat!

Siapa yang suka pare?

Romi Subhan

Untuk kamu yang sering membeli siomay, pare bukanlah sayuran yang asing lagi. Makanan dengan rasa pahit ini seringkali dihindari untuk dikonsumsi dengan alasan rasa pahitnya yang sulit hilang padahal telah ditambahkan bumbu dan penyedap rasa. Padahal, di balik rasa pahitnya itu, pare memiliki rasa lezat dan kandungan yang mampu mengatasi asam urat.

Jika kamu tertarik untuk menyantap pare, berikut ini cara memasak pare agar tidak pahit. Apa saja? Simak selengkapnya, yuk!

1. Pilih pare yang tepat

Unsplash.com/Misty Rose

Langkah pertama untuk cara memasak pare agar tidak pahit adalah dengan memilih jenis pare yang tepat. Beberapa jenis pare memiliki rasa yang tidak terlalu pahit, sehingga mudah diolah menjadi masakan yang lezat.

Pare yang tidak terlalu pahit biasanya dapat terlihat dari warna, tingkat kematangan, dan ukurannya. Warna pare yang cenderung lebih gelap menandakan pare tersebut masih muda. Jenis ini, pare memiliki rasa yang tidak terlalu pahit. Lalu, pilih pura ukuran pare yang lebih kecil karena pare berukuran besar biasanya memiliki rasa yang pahit.

2. Gunakan garam untuk mengurangi rasa pahit

Organicrepublic.com

Sebelum memasak dan setelah mencuci bersih pare, balurkan pare dengan garam secukupnya. Garam yang dibalurkan pada pare, mampu mengurangi rasa pahit. Sebelum membalurkan garam, jangan lupa untuk membelah dan membersihkan biji pare.

3. Bisa juga menggunakan gula pasir

Unsplash.com/Alexander Grey

Selain garam, kamu juga bisa merendam pare dengan gula untuk menghilangkan rasa pahitnya. Caranya sama dengan saat kamu menggunakan garam. Setelah dirasa bersih, pare yang sudah dibersihkan dengan gula bisa kamu bilas dengan air bersih sebelum kemudian diolah menjadi makanan.

4. Potong tipis-tipis sebelum dimasak

SCMP.com

Cara memasak pare agar tidak pahit adalah dengan memotongnya menjadi tipis-tipis. Dengan memotong tipis pare, saat dimasak, pare akan mengeluarkan sari-sarinya. Sehingga, rasa pahitnya dapat berangsur-angsur menghilang.

5. Rebus dengan campuran cuka, garam dan gula

Raiseitkilliteatit.wordpress.com

Cara selanjutnya untuk menghilangkan rasa pahit pada pare adalah merebusnya dengan campuran cuka, gula, dan garam. Setelah pare dicuci bersih, masukkan ke dalam air bersih yang telah dicampurkan satu gelas cuka, serta garam dan gula masing-masing dua sendok makan. Rebus selama kurang lebih dua menit, angkat, dan sisihkan untuk kemudian dimasak sesuai selera.

6. Rebus dengan daun jambu biji

Healthline.com

Bukan hanya ampuh mengobati diare, daun jambu biji ternyata juga mampu mengurangi rasa pahit dan getir pada pare. Caranya, ambil lima lembar daun jambu biji. Ingat untuk memilih daun yang muda dan segar, ya. Lalu, rebus pare yang sudah dibersihkan selama kurang lebih lima menit.

7. Rendam dengan yoghurt selama satu jam

Pexels.com/Cats Coming

Memang, sih, sampai saat ini belum ada penelitian resmi yang menyatakan bahwa yoghurt bisa mengurangi rasa pahit pare. Namun, asam laktat dan komponen asam orotik yang terkandung di dalam yoghurt dipercaya bisa mengurangi rasa pahit. Kamu bisa mencoba merendam pare yang telah dibersihkan dan dipotong ke dalam yoghurt selama satu jam. Lalu, jangan lupa untuk membilasnya hingga bersih sebelum mengolahnya.

8. Memasaknya dengan telur orak-arik

Philips.com.hk

Telur ternyata mampu mengurangi rasa pahit yang tajam dari pare. Maka dari itu, kamu bisa membuat telur orak-arik yang dicampur dengan potongan pare. Rasa telur dan bumbu yang kamu gunakan bisa membuat rasa pahit pare menghilang.

9. Masak pare dengan bumbu pedas gurih

Foodrepublic.com

Selain telur, rasa pedas dan gurih juga bisa menghilangkan rasa pahit pada pare, lho. Kamu bisa menggunakan bumbu penyedap, cabai, dan garam untuk membuat tumis pare. Selain sedap, kamu tidak akan merasakan pahit berlebihan pada pare tersebut.

10. Rebus dengan tanah liat

Dzargon.com

Terakhir, cara memasak pare agar tidak pahit adalah dengan merebusnya bersama tanah liat. Bukan sembarang tanah liat, yang dimaksud di sini adalah tanah liat bisa dimakan atau yang dikenal pula dengan ampo, makanan khas Tuban, Jawa Timur. Kamu bisa merebus pare dengan tanah liat selama 3-5 menit untuk kemudian dimasak.

Itulah tadi cara memasak pare agar tidak pahit yang bisa kamu coba di rumah. Semoga artikel ini membantumu, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Food