Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Rekomendasi Lauk Nasi Kuning Dari Berbagai Daerah Indonesia

Dari urap sampai cakalang

Reyhan Putri

Dalam merayakan sebuah acara besar atau acara adat, makanan yang biasanya sering disajikan untuk banyak orang adalah tumpeng nasi kuning. Nasi yang dimasak bersama kunyit dan santan itu dibentuk kerucut dan dihiasi dengan berbagai lauk sebagai teman makan nasi.

Uniknya lagi, ada beberapa lauk yang pasti selalu disajikan sebagai penghias nasi kuning seperti perkedel kentang, bihun goreng, dan orek tempe. Tapi nyatanya setiap daerah di Indonesia memiliki lauk versinya tersendiri untuk disajikan bersama nasi tersebut. Berikut beberapa rekomendasi lauk penghias nasi kuning yang bisa dicoba apabila akan membuat tumpeng.

1. Ikan cakalang

Tumis ikan cakalang biasanya menjadi pengganti ayam goreng serundeng sebagai lauk protein dalam nasi kuning khas Manado dan Gorontalo. Karena Manado dikenal dengan produksi makanan lautnya, ikan menjadi salah satu makanan utama di daerah tersebut. Selain ditumis, ikan cakalang untuk lauk nasi kuning Manado juga diolah dalam bentuk abon.

Nasi kuning Manado dikenal juga dengan Nasi Kuning Woka. Cara penyajiannya berbeda dengan nasi kuning biasanya, yaitu dibungkus dengan daun woka dan disajikan dalam porsi yang lebih sedikit dari tumpeng.

2. Daging masak habang

endeus.tv

Menyeberang ke Kalimantan, lauk yang biasanya menemani hidangan nasi kuning di sana adalah daging masak habang. Masak habang atau bumbu merah adalah bumbu masakan khas Kalimantan yang biasanya dimasak dengan daging sapi, ayam, maupun telur rebus. Meski berwarna merah gelap, bumbu masak habang tidak pedas, melainkan manis dan gurih.

3. Ayam betutu

canva.com

Nasi kuning Bali tentunya dipasangkan dengan salah satu hidangan khas yang dikenal banyak orang juga, yaitu ayam betutu. Jika biasanya ayam betutu disajikan dengan bagian utuh, tapi untuk penyajian bersama nasi kuning tentunya ayam tersebut dipotong dalam berbagai bagian.

4. Ikan tongkol balado

canva.com

Selain ayam, protein dalam hidangan nasi kuning juga menggunakan ikan tongkol pedas. Lauk satu ini lumayan sering dijual sebagai penghias nasi kuning dan biasa disajikan langsung dalam potongan besar maupun disuwir. Ikan tongkol untuk nasi kuning juga biasanya dimasak dengan sambal.

5. Udang balado

Udang balado sebagai lauk protein nasi kuning mungkin tidak seumum ikan tongkol atau ayam serundeng. Namun jika ingin ada makanan laut dalam hidangan nasi kuningnya, memasak udang balado bisa menjadi pertimbangamu. Selain terdapat udang sebagai lauk, kalian juga akan mendapatkan sambal dari udang tersebut karena dimasak pedas.

6. Tumis jamur

Jika tidak ingin memakan urap sebagai lauk sayur untuk nasi kuning, mungkin kamu bisa pertimbangkan dengan menggantinya menjadi tumis jamur. Jamur yang cocok digunakan sebagai lauk ini pastinya yang berukuran lebar dan tipis seperti jamur kuping dan jamur tiram.

7. Empal gepuk

canva.com

Empal gepuk menjadi salah satu lauk nasi kuning yang lumayan umum, bersanding dengan ayam serundeng maupun ikan tongkol. Empal gepuk ini bisa dibuat gurih dan tidak pedas, namun juga bisa dihidangkan balado atau dengan sambal sesuai selera.

8. Urap

Salad berisi sayur-sayuran seperti toge, kacang panjang, dan daun bayam yang direbus dan dihidangkan bersama kelapa parut ini disebut urap. Urap dianggap sebagai penghias dari bahan sayuran sehingga lauk nasi kuning tak melulu protein seperti ayam dan daging ikan. Karena memakai parutan kelapa, urap akan memberikan rasa gurih pada nasi kuning.

9. Sambal cumi

Mungkin sambal cumi menjadi pilihan lauk penghias nasi kuning yang tidak umum. Namun sambal cumi akan memberikan rasa peda yang khas dan gurih, sehingga penikmat nasi kuning tak hanya mendapatkan lauk berupa cumi, namun juga sambal yang pastinya menambah selera makan.

10. Sate lilit

Jika biasanya sate lilit ditemukan sebagai lauk pendamping nasi campur Bali, namun tak jarang juga lauk ini diadaptasi menjadi penghias nasi kuning. Sate lilit yang menggunakan batang serai sebagai tusuk satenya pastinya menambah harum rempah dari nasi kuning itu sendiri. Apalagi aroma smoky dari daging giling yang dibakar juga pasti menambah nafsu makan.

Bagaimana? Tertarik mencobanya dan mengganti menu lauk pendamping nasi kuning yang itu-itu saja? Hidangan nasi kuning memang bisa menjadi tempat eksperimen menghadirkan lauk pauk yang unik dan beragam jika dimakan bersama, jadi selamat bereksperimen.

IDN Media Channels

Latest from Food