Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Resep Membuat Donat yang Empuk dan Mengembang

Cara bikinnya gampang banget nih!

Prila Arofani

Donat menjadi hidangan penutup yang sangat digemari banyak orang. Apalagi diberikan topping taburan gula halus, madu, meses, dan sebagainya.

Ada yang terbuat dari campuran kentang, ada pula yang dari tepung terigu. Sayangnya, gak semua orang bisa bikin donat yang empuk dan mengembang. Sebelum membuat donat, yuk simak dulu resep cara membuat donat empuk dan mengembang di bawah ini!

1. Bahan-bahan yang diperlukan membuat donat

online.citysuper.com.hk

Sebelum membuatnya, siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan tersebut adalah sebagai berikut.

Bahan-bahan:

  • 1 kg tepung protein tinggi
  • 500 ml air hangat
  • 200 gram margarin yang dilelehkan
  • 10 sendok makan gula
  • 4 butir kuning telur
  • 12 gram ragi instan
  • 4 sendok makan susu bubuk
  • minyak secukupnya
  • gula halus secukupnya

2. Campurkan beberapa bahan untuk adonan donat

Pixabay.com/Webandi

Tuang air hangat bersama sepuluh sendok makan tepung terigu, ragi, dan gula. Aduk semua bahan searah jarum jam sampai merata. Tambahkan setengah dari sisa terigu secara perlahan sembari diuleni sampai kalis. 

3. Tutupi adonan dengan kain lembab

thespruceeats.com

Masukkan kuning telur, susu, dan margarin secara berurutan sembari diaduk. Tuang semua sisa terigu ke dalam wadah, uleni kembali sampai kalis.

Pastikan teksturnya berubah jadi halus, licin, dan tidak lengket. Letakkan di dalam wadah yang telah diolesi minyak, kemudian tutupi dengan kain lembap selama satu jam.

4. Goreng donat sampai matang

chowhound.com

Ambil adonan, uleni kembali dan bentuk bulatan. Diamkan kembali selama sepuluh menit di atas loyang yang telah diberi tepung terigu. Siapkan wajan yang telah diberi minyak, panaskan.

Goreng adonan sampai berwarna kecokelatan setelah dilubangi bagian tengahnya. Angkat dan tiriskan. Sajikan bersama taburan gula halus.

Itulah resep dan cara membuat donat empuk dan mengembang yang bisa kamu terapkan, dijamin anti gagal. Mudah, bukan? Selamat mencoba!

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Cara Membuat Donat Empuk dan Mengembang, Begini Resep Mudahnya"

IDN Media Channels

Latest from Food