Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tips Sederhana Memulai Food Blogging, Pemula Harus Tahu!

Mengulik makanan lewat food blogging

Nindi Widya Wati

Apakah kamu orang yang gemar mengulik ragam makanan? Maka, food blogging bisa menjadi salah satu wadah menyampaikan segala ide resep, warisan makanan, hingga restoran. 

Food blogging diketahui sebagai fitur jurnalisme makanan yang menghubungkan ketertarikan penikmat makanan, penulisan blog, dan fotografi makanan. Pelaku food blogging kemudian dikenal dengan istilah “foodies” atau food blogger

Blog makanan sendiri, menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir, hingga membuat jutaan blog tersebar di internet. Jika kamu tertarik ingin membuat food blogging, sebenarnya ada langkah sederhana yang patut kamu perhatikan. Informasi lengkapnya, simak dalam artikel berikut ini, Bela. 

1. Pertimbangkan konten blog

Pexels.com

Salah satu langkah penting sebelum memulai blog, yaitu menentukan konten makanan yang spesifik. Lalu, disusul dengan membuat target audiens.

Kamu bisa membuat blog berupa resep rumahan, misalnya masakan dari negara tertentu. Dapat pula membuat blog yang berfokus pada makanan yang sedang tren atau makanan sehat. 

Cobalah fokus menulis atau membuat video blog pada sesuatu yang kamu sukai, karena menulis atau merekamnya perlu banyak semangat dan komitmen. Jika kamu bersemangat dengan topik blogmu, maka pesanmu akan sampai ke pembaca atau penonton dengan baik.

2. Penamaan blog

Pexels.com

Pertimbangkan baik-baik saat menamakan sebuah blog. Karena dalam banyak kasus, judul ternyata menjadi penentu apakah orang lain tertarik membaca blogmu atau tidak.

Pastikan untuk memilih nama blog yang pendek, unik, dan terkait dengan kontenmu. Hal tersebut perlu diperhatikan, agar memudahkan pembaca menemukan blogmu di mesin pencarian. 

3. Tentukan tema yang tepat

Pexels.com

Saat hendak membuat blog makanan, maka menentukan tema menjadi salah satu aspek terpenting. Tema harus menarik secara visual dan mudah dinavigasi, agar pembaca dapat menjelajahi situs blogmu dengan mudah.

Lalu, penting juga untuk memilih tema yang sesuai dengan kontenmu. Pastikan meninjau tema dari segi peringkat, fitur, dan coba gunakanlah untuk melihat seberapa baik kinerjanya.

4. Mencoba konsisten

Pexels.com

Memiliki sikap konsisten bisa menjadi salah satu kunci emas, lantaran hal tersebut yang paling dihargai para pembaca. Pastikan, bahwa kamu telah mengunggah konten secara teratur sesuai jadwal. Bila menerapkan sikap tersebut, akan lebih memudahkan produksi kontenmu selanjutnya.

5. Gencar promosi

Pexels.com

Perlu diketahui, kalau faktor yang membuat blog makin dikenal banyak orang karena adanya suatu promosi. Saat ini, cara terbaik untuk melakukan promosi adalah melalui pemasaran media sosial.

Kamu bisa mulai membagikan blogmu lewat media sosial dan mengunggahnya secara teratur. Lalu, tetap berhubungan dengan pembaca melalui bagian komentar dan pesan. Sejauh ini, platform media sosial yang berorientasi visual cukup baik adalah Instagram dan Pinterest.

Demikianlah, lima tips sederhana untuk membantumu dalam memulai food blogging. Adakah tips lain yang kamh tahu? Bisa tulis lewat kolom komentar, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Food