Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Stok Makanan yang Cocok Jadi Menu Sahur dan Buka Puasa

Stok makanan yang bisa awet dalam kulkas

Nindi Widya Wati

Memasuki bulan suci Ramadan, kiranya ada beberapa rekomendasi stok makanan yang sebaiknya kamu sediakan. Mengingat, terkadang saat sahur atau berbuka kita bisa saja terkendala waktu sehingga tak punya waktu untuk berlama-lama memasak. 

Beberapa stok lauk untuk bulan puasa tak hanya praktis untuk dimasak, namun juga dapat dikonsumsi langsung dengan nasi. Kira-kira apa saja rekomendasi stok makanan yang cocok selama bulan Ramadan? Informasi lengkapnya, simak dalam artikel berikut ini, Bela.

1. Abon sebagai lauk yang dibuat dari suwiran daging ayam, sapi, atau ikan yang dimasak sampai kering. Kamu bisa menyantap abon dengan sayur-mayur agar memenuhi nutrisi harian selama berpuasa.

Dok. Wikipedia

2. Bakso dalam bentuk frozen bisa jadi bahan masakan untuk sahur atau berbuka. Bakso bisa kamu olah menjadi sup, campuran sayur, topping nasi, atau digoreng tepung.

Dok. Istimewa

3. Dendeng cocok jadi pilihan lauk bagi kamu yang suka pedas. Biasanya, dendeng memiliki tekstur agak kering, makanya tidak akan mudah basi. Cukup simpan di dalam wadah yang kering dan tertutup rapat, agar cita rasa dendeng tidak berubah.

Instagram.com / liuin85

4. Kornet sebagai olahan daging sapi cincang yang diawetkan dan disimpan di dalam kaleng. Kornet cukup lezat kalau ditumis, dijadikan topping, atau dicampur dengan nasi goreng.

Dok. Wikipedia

5. Nugget kerap disukai anak-anak ataupun orang dewasa untuk hidangan berbuka atau sahur. Selain rasanya enak, cara menyajikan nugget juga sangat praktis sehingga dapat menyingkat waktu kalau sedang terburu-buru.

Instagram.com / laysisilia

6. Sarden kaleng jadi stok makanan yang cukup favorit selama Ramadan karena hanya dimasak sekitar 3-5 menit saja. Pastikan kamu memilih kemasan sarden kaleng yang tidak penyok atau gembung, ya.

Instagram.com / yamatosarden.id

7. Rendang sapi biasanya jadi menu andalan selama bulan Ramadan. Apalagi, kalau mengingat daging mengandung protein yang penting untuk menutrisi tubuh selama puasa seharian.

Instagram.com / hojiakmarket

8. Telur kiranya jadi bahan makanan yang wajib ada di rumah untuk menu buka puasa dan sahur. Telur bisa diolah menjadi orak-arik, diceplok, didadar, hingga sambal balado.

Instagram.com / foxnestfood

9. Sosis siap santap dengan beberapa varian rasa juga kerap menjadi pilihan favorit, jika bingung menentukan menu sahur dan berbuka. Kamu bisa menyantapnya dengan nasi hangat atau disandingkan dengan lauk lainnya.

Instagram.com / balmumulokanta

10. Teri kacang menjadi lauk kering yang cocok jadi stok makanan untuk sahur dan berbuka puasa. Bila ingin lebih enak, bisa memakannya dengan sayuran apa saja. Supaya tahan lama, sebaiknya simpan di wadah kedap udara dan kering.

Instagram.com / ancilladhian

11. Selain telur mentah, telur asin juga bisa dijadikan stok lauk selama puasa di bulan Ramadhan. Tak hanya tahan lama, telur asin memiliki cita rasa gurih yang nikmat disantap dengan nasi hangat.

Instagram.com / 1001tipsmemasak

12. Kering tempe jadi hidangan yang aman dikonsumsi saat akan menjalankan ibadah puasa. Karena cita rasanya yang gurih dan manis maka akan sangat aman bagi kamu yang mungkin punya sakit lambung.

Instagram.com / karlinaazis

13. Sereal turut jadi asupan yang mengandung protein, karbohidrat kompleks, dan serat sehingga membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan kalsium pada susu, berperan menjaga fungsi otot dan saraf serta mencegah dehidrasi saat berpuasa.

Instagram.com / bonappetitmag

14. Oatmeal sebagai santapan berkarbohidrat kompleks dan tinggi serat, sehingga bisa membuatmu kenyang lebih lama. Jika punya oatmeal siap seduh, kamu dapat menambahkan topping pisang, kurma, kacang-kacangan, cokelat, atau keju.

Instagram.com / pysznie_bosko

15. Kering kentang atau kerap disebut kentang mustofa termasuk stok wajib untuk selama Ramadan. Jika terlambat sahur, kamu tinggal menyantapnya dengan nasi hangat atu telur ceplok panas.

Instagram.com / diyo_kitchen

Itulah, 15 rekomendasi stok makanan yang bisa jadi pilihan menu untuk sahur dan berbuka selama Ramadan. Semoga lancar dalam beribadah puasa, ya, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Food