Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Rekomendasi Makanan Halal dan Lezat Khas Jepang 

Olahan seafood begitu digemari

Nindi Widya Wati

Jepang atau biasa dikenal sebagai Negeri Matahari Terbit, tak hanya menyimpan budaya yang beragam. Namun, juga memiliki berbagai kuliner lezat yang namanya tersohor hingga ke mancanegara dan kiranya begitu menarik untuk dicicipi.

Bahkan saking populernya, banyak makanan khas Jepang sampai menjamur di Indonesia. Jika menilik lebih dalam, perihal masakan tradisional Jepang terbilang cukup menyehatkan karena biasanya mengandung cukup banyak protein, dan relatif rendah kalori.

Lantas, kira-kira apa saja makanan khas Jepang yang halal dan lezat untuk dinikmati? Selengkapnya, simak dalam artikel berikut ini, Bela!  

1. Gyutankyaki berupa hidangan lidah sapi khas daerah Sendai yang sebelumnya sudah dimasak sampai bertekstur lembut. Biasanya, gyuntayaki disajikan bersama nasi serta tororo (ubi parut), mugimeshi, kubis putih, berbagai acar, dan sup lidah sapi.

Dok. Internet

2. Nizakana sebagai kuliner tradisional Jepang dengan bahan utama ikan yang direbus menggunakan kecap asin dan saus super. Ikan yang dimasak nizakana biasanya jenis makarel (saba), ikan halibut (karei) dan ikan kakap merah (kinmedai).

Dok. Internet

3. Jingisukan jadi sajian daging khas daerah Hokkaido dan Iwata Prefecture, berbahan dasar daging kambing yang dimasak dalam sebuah panci. Jika kamu tak suka daging kambing, bisa diganti dengan jenis daging sapi atau ayam, ya.

Dok. Internet

4. Onigiri sejenis nasi kepal yang biasanya berbentuk segitiga, bulat, atau seperti karung beras. Nasi yang diberi campuran garam ini umumnya berisi ikan salmon dan dilapisi lembaran rumput laut. Kepopuleran nasi kepal khas Jepang ini juga sampai ke Indonesia, lho!

Dok. Internet

5. Yakitori berupa kuliner daging ayam yang dibumbui dengan garam manis atau kecap, ditusukkan ke skewer, lalu dibakar. Jika di Indonesia, makanan ini sejenis olahan sate.

Dok. Internet

6. Chankonabe berupa sup bening dengan kaldu ayam (dashi) yang berisi bakso ikan, tahu dan sayuran. Kuliner rebusan ini awalnya adalah masakan untuk pesumo, namun kini juga bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

Dok. Internet

7. Tamagoyaki salah satu makanan rumahan yang terkenal sampai masuk di banyak restoran Jepang. Menggunakan bahan utama telur yang dikocok lalu digoreng selapis demi selapis dan digulung dengan bantuan sumpit.

Dok. Internet

8. Sushi jadi salah satu ikon kuliner Jepang, terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, dan sayuran mentah atau sudah dimasak. Lezatnya sushi karena nasinya dibumbui dengan campuran cuka beras, garam, dan gula.

Dok. Internet

9. Mi Soba salah satu jenis mi Jepang yang dibuat dari tepung gandum kuda dengan ukuran seperti spageti. Soba dimakan dengan cara mencelupnya dulu ke dalam saus yang disebut soba tsuyu. Sewaktu dimakan, soba boleh diseruput hingga mengeluarkan suara.

Dok. Internet

10. Tempura (tenpura) berupa makanan laut atau sayur-sayuran yang digoreng menggunakan adoanan tepung terigu dan kuning telur. Tempura biasanya dinikmati dengan saus yang disebut tentsuyu yang ditambah parutan lobak atau parutan jahe sebagai penyedap.

Dok. Internet

11. Shabu-shabu menyajikan irisan tipis daging sapi yang dicelup ke dalam panci berisi kaldu panas. Shabu dimakan bersama saus (tare) mengandung wijen yang disebut gomadare atau ponzu. Di dalam panci biasanya juga dimasukkan sayur-sayuran, tahu, atau kuzukiri.

Dok. Internet

12. Sukiyaki biasanya berisi irisan tipis daging sapi, sayur-sayuran, dan tahu. Santaplah saat baru dimasak dan masih di dalam panci. Sukiyaki dimakan dengan mencelup irisan daging ke dalam kocokan telur ayam.

Dok. Internet

13. Tendon atau tempura bowl adalah kombinasi dari seafood atau sayuran yang digoreng dan disajikan dengan nasi di sebuah mangkuk. Ada pula menu pendamping lain seperti daging, telur, hingga sayuran segar.

Dok. Internet

14. Udon merupakan sejenis mi putih dan tebal. Zaman dulu, orang Jepang kerap memakan mi gandum ini saat ada perayaan besar. Mengenai cara memasak udon di Jepang ternyata beragam, tergantung pada ciri khas tiap daerahnya.

Dok. Internet

15. Okonomiyaki berupa olahan sayur, daging, makanan laut dan bahan pelengkap yang diaduk bersama tepung terigu dan telur. Cara memasaknya di atas hot plate seperti martabak dan makin lezat dengan saus atau mayonese.

Dok. Internet

Itulah 15 makanan khas Jepang yang tak hanya lezat namun juga terbilang halal untuk dinikmati. Kalau makanan khas Jepang favoritmu apa, Bela? Bisa tulis lewat kolom komentar, ya

IDN Media Channels

Latest from Food