Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Makanan Khas Kebumen yang Wajib Masuk Wisata Kuliner

Kudapan khas Kebumen ini cocok jadi buah tangan

Nindi Widya Wati

Kebumen jadi salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang makin banyak dilirik wisatawan. Lantaran, tak hanya memiliki destinasi wisata pantai atau gunung yang indah, namun di Kebumen juga menyimpan berbagai kuliner lokal yang patut dijelajahi kelezatannya. 

Bahkan, ada makanan khas Kebumen yang telah berdiri lebih dari setengah abad lalu, seperti ayam es bening Mbah Sendur yang kini jadi incaran wisata kuliner. Daerah yang terkenal sebagai pelarian Pangeran Mangkubumi ini, juga memiliki makanan ringan yang cocok jadi pilihan oleh-oleh, lho!

Penasaran? Informasi lengkapnya simak dalam artikel berikut ini, Bela! 

1. Nasi penggel kebumen berupa nasi dan kikil (jeroan sapi) ditambah campuran sayur nangka dan kuah santan, biasanya disajikan pada satu pincuk daun pisang.

Instagram.com / innasoe_pic

2. Emping mendem bertekstur lebih padat dan kecil dibandingkan emping pada umumnya, kalau ingin mencoba ada beberapa rasa seperti pedas, asin, dan manis.

Dok. Internet

3. Soto ayam petahanan berisi ayam suwir dengan tauge dan kuah kental yang kerap dimakan bersama potongan ketupat.

Instagram.com / ayam_venus

4. Serabi kebumen memiliki rasa dominan gurih, karena terbuat dari tepung beras, kanji, parutan kelapa, santan dan ragi.

Instagram.com / the.lucky.belly

5. Soto tamanwinangun memiliki kuah bening segar yang disajikan dengan potongan daging ayam hingga entok atau itik serati.

Instagram.com / lovictorian

6. Kethek terbuat dari sisa ampas minyak kelapa, sebelum dikukus akan dibumbui cabai, garam, kencur, gula, bawang putih, bawang merah, daun salam dan lengkuas.

Dok. Internet

7. Sate ambal berupa daging ayam lengkap bumbu encer berwarna kuning kecoklatan yang dicampur dengan gilingan tempe rebus, terdengar aneh namun patut dicoba!

Instagram.com / makanajee

8. Jenang sabun banyak ditemukan di wilayah Kecamatan Petanahan, rasa dominan manis karena terbuat dari singkong, gula aren dan legen.

Dok. Internet

9. Yutuk goreng jadi kudapan paling disukai, makanan yang berasal dari hewan laut ini pun biasanya diolah menjadi peyek ataupun bakwan.

Dok. Internet

10. Soto tahu jadi hidangan unik berisi jengkol, tauge dan tahu khas Kebumen, makin lezat kalau disiram kuah sambal kacang.

Instagram.com / bigtummy_culinary

11. Ayam es bening Mbah Sendur konon sudah ada sejak tahun 1970, terbuat dari olahan ayam kampung lengkap dengan bumbu rempah.

Dok. Internet

12. Bengkoang ternyata jadi buah khas Kebumen, rasanya manis dan paling enak menikmatinya dengan cocolan sambal rujak.

Dok. Internet

13. Sale pisang terbuat dari pisang yang diawetkan melalui proses pengeringan, lalu digoreng dengan campuran tepung terigu dan gula.

Instagram.com / yulyan_parwati

14. Lanting berbahan dasar singkong yang memiliki bentuk menyerupai angka delapan, rasanya cukup beragam mulai dari asin, balado, hingga keju.

Instagram.com / kurniaarum_as

15. Jipang kacang terbuat dari kacang tanah yang disangrai dengan pasir, lalu dicampur dengan gula merah sehingga bertekstur padat dan rasa manis.

Dok. Internet

Itulah, 15 makanan khas Kebumen yang cocok jadi pilihan wisata kuliner ataupun oleh-oleh. Tertarik coba yang mana, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Food