Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

13 Street Food yang Wajib Kamu Coba di Myeongdong, Korea Selatan

Tempat asyik berburu kuliner khas Korea Selatan

Nindi Widya Wati

Belakangan ini makin banyak orang merekomendasikan Myeongdong sebagai destinasi wajib jika berkunjung ke Seoul, Korea Selatan. Bukan tanpa alasan, ternyata Myeongdong menjadi pusat wisata utama sekaligus surganya belanja. Mulai dari produk kosmetik, pakaian, hingga jajanan kaki lima yang menggiurkan untuk dijelajahi. 

Myeongdong memang tak hanya menjual barang branded di pertokoan yang mahal, namun di sana juga menawarkan jajanan street food yang harganya sangat ramah di kantong. Bahkan tak hanya terkenal murah, namun banyak jajanan di Myeongdong yang rasanya patut diacungi jempol, apalagi soal beberapa makanan lokal khas Korea Selatan.

Penasaran? Informasi lengkap tentang street food yang wajib kamu coba saat jalan-jalan di Myeongdong, simak dalam artikel berikut, Bela.

1. Tang hu lu menyerupai buah-buahan yang dilapisi cairan gula dengan tekstur luar kering dan jussy saat digigit. Biasanya, pilihan favorit adalah buah strawberry dan anggur shine muscat, satu tusuknya seharga Rp60 ribu.

Dok. Internet

2. Grilled cheese jadi kudapan yang diburu saat musim dingin, berupa potongan tteok dan keju yang dipanggang sampai sedikit kecokelatan. Makin lezat, saat diguyur saus campuran mayonaise dan susu kental manis. Tertarik? Cukup menyiapkan uang Rp60 ribu.

Dok. Internet

3. Dakkochi menawarkan potongan daging ayam yang empuk dengan dua varian saus andalan, yaitu saus gochujang dan non spicy saus teriyaki. Per tusuk dakkochi seharga Rp60 ribu.

Dok. Internet

4. Kalau ingin makanan jenis seafood, ada pula roast lobster cheese yang menyajikan satu lobster utuh dengan taburan keju yang dipanggang, satu porsinya Rp240 ribu.

Dok. Internet

5. Gyeranppang terkenal jadi roti khas Korea Selatan yang bertekstur lembut seperti cheesecake dengan rasa manis. Kudapan ini biasanya diberi topping telur utuh yang dimasak setengah matang, satu potong gyeranppang sekitar Rp25 ribu.

Dok. Internet

6. Jadi permen yang makin terkenal karena drama Squid Game, dalgona atau bbopgi termasuk cemilan paling murah di Myeongdong, mulai dari harga Rp12 ribu. Rasanya manis karena terbuat gula merah yang dicampur baking soda, biasanya diberi hiasan motif lucu.

Dok. Internet

7. Bungeoppang jadi kue khas Korea Selatan yang rasanya manis dan bertekstur seperti waffle. Dahulu hanya berisi kacang merah, namun sekarang bungeoppang makin digemari karena isian es krimnya. Kalau ingin sekali beli, cukup merogoh Rp25 ribu, ya.

Dok. Internet

8. Kurang lengkap rasanya kalau ke Korea Selatan tak icip-icip tteokbokki, jajanan yang terbuat dari kue beras dan dimasak dalam gochujang yang pedas sekaligus manis, per porsinya seharga 15.000 won atau setara Rp180 ribu.

Dok. Internet

9. Kalau ingin menikmati lezatnya es krim wafel dengan harga affordable, Myeongdong bisa jadi surga kuliner yang tepat. Karena di sana ada lembutnya wafle dengan es krim varian rasa, dapat kamu nikmati mulai dari Rp35 ribu.

Dok. Internet

10. Salah satu jajanan unik yang ada di Myeongdong adalah jipangyi, sebuah es krim dengan cone berbentuk pipa yang sangat panjang, cukup membayar Rp15 ribu kamu sudah bisa mencicipinya.

Dok. Internet

11. Eomuk kkochi bisa jadi kudapan saat cuaca dingin seperti ini, semacam fishcake yang direbus kemudian disajikan dengan kuah kaldu lobak dan rumput laut. Supaya makin lezat beri kecap asin dan saus sambal, eomuk kkochi biasanya dijual Rp15 ribu per porsi.

Dok. Internet

12. Tak hanya Indonesia, di Korea Selatan juga ada gorengan yang kerap disebut twigim. Kaki lima di Myeongdong menjual twigim dengan berbagai jenis, seperti terong, cumi, udang, wortel atau ubi yang dicelup dalam adonan tepung kemudian digoreng. Twigim satuannya dihargai sekitar Rp25 ribu.

Dok. Internet

13. Supaya makin afdol saat jajan di Myeongdong, jangan lupa menikmati hotteok. Sejenis pancake khas Korea yang di dalamnya terdapat isian gula, madu, kacang ataupun sirup. Tertarik? Hotteok bisa kamu beli mulai dari harga Rp35 ribu saja.

Dok. Internet

Cukup menggiurkan ya jajanan kaki lima khas Myeongdong, mana yang jadi favoritmu, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Food