Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

13 Makanan Lezat Khas Prancis, Terkenal Kaya Rasa

Makanan khas Prancis masuk warisan UNESCO

Nindi Widya Wati

Kalau mendengar nama negara Prancis, sekarang tak bisa lepas dari kegigihan para pemainnya melawan Argentina di ajang Piala Dunia 2022. Namun tahukah kamu kalau di sisi lain, negara yang terletak di Eropa Barat ini ternyata menyimpan segudang kuliner yang lezat untuk dinikmati.  

Bahkan, UNESCO sempat mengukuhkan makanan khas Prancis sebagai Representative List of The Intangible Cultural Heritage of Humanity atau Daftar Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan. Hidangan dari Prancis memiliki ciri khas tersendiri, apalagi kalau melihat beberapa makanannya diolah dengan campuran minuman anggur untuk menambah cita rasa. 

Tanpa berlama-lama, berikut Popbela telah merangkum 13 makanan lezat khas Perancis. Simak dalam artikel berikut, Bela!

1. Ratatouille

Dok. Internet

Rekomendasi makanan lezat khas Prancis ada dari wilayah Provence bernama ratatouille. Hidangan ini dibuat dengan terong, tomat, bawang bombay, paprika, zucchini, bawang putih, dan rempah yang direbus dalam minyak zaitun. Makin terasa enak, saat dimakan bersamaan dengan nasi, pasta, atau roti.

Ratatouille memiliki rasa manis dari bawang dan jus tomat yang dicampur dengan sedikit rasa pedas karena merica hitam. Kalau dulu, ratatouille dianggap sebagai hidangan petani karena dibuat dengan sisa sayuran. Namun kini, ratatouille telah berkembang menjadi hidangan mewah hingga jadi menu andalan restoran ternama.  

2. Boeuf Bourguignon

Dok. Internet

Cobalah kuliner lokal Prancis bernama boeuf bourguignon yang berasal dari wilayah Burgundy. Makanan ini terbuat dari potongan daging sapi dengan sayuran yang dipadukan dalam saus anggur merah. Proses pembuatan boeuf bourguignon membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar tiga hingga enam jam.

Biasanya, daging sapi direbus dalam anggur merah dengan kentang, wortel, jamur, bawang putih, bawang merah dan buket garni yaitu seikat timi, peterseli dan daun salam. Pembuatan boeuf bourguignon yang cukup lama penting untuk melunakkan daging dan membuat anggur menjadi saus yang enak. 

3. Coq au Vin

Dok. Internet

Kalau ingin coba olahan semur, Prancis juga punya sejenis semur ayam yang sangat terkenal bernama coq au vin. Kalau cara membuatnya, ayam biasanya akan direbus dengan anggur, lardon, jamur, dan bawang putih. Makin lezat kalau menggunakan anggur merah jenis Burgundy, meski kebanyakan daerah di Prancis membuat coq au vin menggunakan anggur lokal. 

Saat akan menyantap coq au vin, coba sajikan dengan nasi basmati, sayuran panggang, pasta, atau roti mentega yang renyah. Awalnya, hidangan ini hanya dianggap sebagai makanan petani dan secara tradisional disajikan dengan jamur, lardon, dan bawang mutiara.

4. Cassoulet

Dok. Internet

Ada sajian tradisional Prancis berupa sup kacang yang dibuat dengan daging babi, bebek confit, dan sosis. Awalnya berasal dari wilayah Languedoc di barat daya Prancis, cassoulet dulunya adalah makanan rumah sederhana, kemudian dikembangkan menjadi hidangan yang kaya rasa dan kompleks.

Saking lezatnya, ada sebuah organisasi bernama The Grand Brotherhood of the Cassoulet of Castelnaudary yang rela menyelenggarakan kompetisi dan pameran untuk menampilkan cassoulet setiap tahun sejak 1999.

5. Bouillabaisse

Dok. Internet

Kalau berkunjung ke daerah Provence, cobalah menikmati bouillabaisse. Salah satu makanan yang awalnya dibuat oleh nelayan Marseille menggunakan ikan batu bertulang yang tidak dapat mereka jual ke restoran atau pasar. Pembuatan bouillabaisse terbilang sangat mahal karena membutuhkan filet berbagai jenis ikan. Makanan ini disajikan dengan saus kaldu yang kaya akan safron, labu siam, bawang merah dan merica yang direbus dengan tulang ikan. 

6. Baguette

Dok. Internet

Sejenis roti panjang dan tipis asal Prancis yang biasanya dibuat dari adonan dasar tanpa lemak. Jika ingin membuat sendiri Baguette, hanya membutuhkan empat bahan yaitu; tepung terigu, air, ragi dan garam. Mengenai rasa, tidak asin atau manis dengan sedikit aroma seperti kacang. Baguette memiliki tekstur lembut di bagian dalam dengan bagian luar yang renyah.

7. Croque Monsieur

Dok. Internet

Bisa dibilang sebagai sandwich panas yang dibuat dengan ham dan keju. Croque monsieur cukup populer di kafe dan bar Prancis karena disajikan sebagai camilan. Makanan khas Prancis ini makin lezat karena ada tambahan keju Swiss, lalu di atasnya diberi saus bechamel, susu, pala, keju parmesan, dan gruyere.

Tercetusnya hidangan ini bermula di bistro Paris pada tahun 1910 dan kini menjadi makanan klasik Prancis. Nama croque monsieur berasal dari kata kerja croquer yang berarti "menggigit" dan kata monseiur berarti "tuan". 

8. Quiche au Fromage

Dok. Internet

Mencicipi makanan quiche au fromage yang terbuat dari kulit pastri tipis bersisik dengan campuran keju lezat. Jadi salah satu warisan kuliner tradisional, biasanya menggunakan jenis keju klasik seperti gruyère, camembert, atau roquefort yang dicampur ke dalam puding telur dan susu atau crème fraîche. Selain itu, ada isian krim yang dicampur dengan berbagai rempah segar atau taburan pala parut. Quiche au fromage bertekstur luar renyah, bagian tengahnya lembut, dan sisi atasnya kecokelatan.

9. Meunière

Dok. Internet

Kalau ingin menikmati meunière ternyata ada teknik memasak khusus, yaitu menggunakan seluruh ikan atau filet ikan ditaburi sedikit tepung dan kemudian ditumis dengan mentega. Hidangan ini biasanya dibuat dengan daging ikan putih dan diberi jus lemon dan peterseli. Teknik ini mudah disesuaikan dengan mengganti bahan utama atau memasukkan elemen tambahan seperti caper atau almond. 

10. Clafoutis

Dok. Internet

Kali ini ada kuliner khas wilayah Limousin bernama clafoutis sejenis sajian penutup yang terbuat dari buah yang dilapisi dengan adonan dari telur, gula, susu, dan tepung. Kalau secara tradisional, clafoutis diberi hiasan ceri hitam, ditaburi gula bubuk atau sesendok krim di sampingnya dan akan terasa lezat jika disajikan saat masih hangat.

11. Escargot

Dok. Internet

Ada makanan khas Prancis yang cukup populer karena menggunakan bahan makanan berupa siput atau bekicot. Escargot banyak dinikmati bukan hanya karena rasanya yang unik, namun karena cukup bergizi, kaya akan protein, vitamin B2, asam amino yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. 

12. Confit de Canard

Dok. Internet

Kamu penggemar daging bebek? Maka wajib untuk mencoba olahan daging bebek bernama confit de canard. Makanan ini dimarinasi 24 jam dan dimatangkan paling tidak selama 36 jam sebelum kemudian dipanggang atau digoreng. Proses memasak yang lama, membuat rasa bumbu yang gurih benar-benar terserap hingga ke dalam daging bebek. 

13. Foie Grass

Dok. Internet

Kuliner khas Perancis, foie grass terbilang banyak disantap sejak abad pertengahan di daratan Eropa. Menggunakan bahan utama hati angsa atau bebek, makanan isi dimasak dengan cara digoreng, dipanggang atau dibakar bersama bumbu dan saus khas dengan rasa gurih. Sampai saat ini, foie grass masih bisa kamu temukan walaupun umumnya dijual dengan harga cukup mahal. 

Dari daftar 13 makanan khas Prancis di atas, adakah yang pernah atau sedang ingin kamu coba, Bela? Tulis lewat kolom komentar, yuk

IDN Media Channels

Latest from Food