Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Makanan Khas Tarakan yang Lezat dan Wajib Dicoba

Lezatnya masakan seafood khas Tarakan

Nindi Widya Wati

Tarakan menjelma kota terbesar di Kalimantan Utara yang memiliki banyak pilihan kuliner. Bahkan saking tersohornya, membuat Tarakan kerap disebut sebagai surga wisata kuliner seafood di Kaltara. Lantaran, sederet makanan khas Tarakan biasanya didominasi bahan-bahan dari laut. 

Meski banyak makanan yang terbilang sebagai hidangan tradisional, namun para wisatawan kerap mencarinya hanya sekadar icip-icip ataupun buah tangan. Penasaran? Kira-kira apa saja makanan khas Tarakan yang menarik untuk dicicipi? Selengkapnya, simak dalam artikel berikut, Bela.

1. Olahan kepiting soka paling diburu saat pergi ke Tarakan, rasa lezatnya ketika digoreng ataupun diberi bumbu asam manis.

Instagram.com / maya_zikri

2. Sambal goreng tudai berbahan dasar kerang berdaging tebal yang biasanya disajikan dalam acara tertentu di daerah Bulungan.

Dok. Istimewa

3. Sate temberungun terbuat dari kerang jenis cangkang melingkar, usai dibersihkan biasanya ditambah berbagai bumbu dan rempah.

Instagram.com / the.lucky.bey

4. Ikan asin richa atau gami jadi olahan tradisional Suku Tidung yang kerap dijadikan sebagai pelengkap saat makan.

Dok. Istimewa

5. Ikan asin pepija serupa dengan kerupuk karena berukuran tipis, makanan ini sering diolah dengan bumbu balado.

Dok. Istimewa

6. Daun singkong tumbuk memiliki rasa gurih yang khas, dalam pembuatannya diberi tambahan ikan teri, kecombrang, dan santan kelapa.

Dok. Istimewa

7. Tumis keppah jadi masakan tradisional yang memiliki protein tinggi karena berbahan dasar kerang laut.

Dok. Istimewa

8. Lempok cempedak kerap jadi buah tangan karena bercita rasa cenderung manis dengan tekstur kenyal seperti dodol.

Instagram.com / bakefreshly

9. Lawa disajikan sebagai makanan pembuka dengan beberapa pilihan, seperti lawa timun hingga lawa gamai. Umumnya, akan diberi tambahan kelapa sangrai, udang atupun kerang.

Dok. Istimewa

10. Kue ciput berbentuk seperti cone es krim dengan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam, karena biasanya diisi vla manis serta topping kismis.

Dok. Istimewa

11. Nasi subut berasal dari Tana Tidung dengan memiliki warna unik yaitu ungu karena terbuat dari campuran nasi, ubi jalar dan biji jagung.

Instagram.com / ritamooree

Demikianlah, 10 makanan khas Tarakan yang patut untuk dicoba kelezatannya. Adakah jenis makanan lain yang kamu tahu? Tulis lewat kolom komentar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Food