Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Rekomendasi Makanan Khas Bulukumba, Maknyus Banget!

Kue khas Bulukumba jadi primadona

Nindi Widya Wati

Kalau berkunjung ke kota Makassar, maka cobalah mampir juga ke daerah Bulukumba. Salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan ini menawarkan beragam kuliner tradisional yang patut untuk dicicipi. Perlu waktu sekitar empat jam dari kota Makassar untuk bisa sampai Bulukumba yang memiliki penduduk dengan beragam suku, seperti Bugis, Makassar dan Kajang ini.

Karena hal tersebut,  membuat sebagian besar makanan yang ada di Bulukumba dipengaruhi dari ketiga kultur budaya yang ada. Penasaran? Kira-kira apa saja makanan khas Bulukumba yang wajib dicicipi? Selengkapnya, simak dalam artikel berikut, Bela.

1. Dumpi eja jadi makanan tradisional khas Suku Kajang yang terbuat dari beras ketan dicampur dengan gula merah. Kue yang selalu ada di acara adat ini bertekstur lembut dan kenyal dengan rasa dominan manis.

Instagram.com / topanritacom

2. Juku karra' atau juku tapa adalah sajian berbahan dasar ikan yang diasap hingga 12 jam. Sentra pembuatan ikan asap ini berada di Saukeng, Kecamatan Herlang dengan dijual sekitar Rp10 ribu per iris.

Instagram.com / aritani.id

3. Jagung marning berbahan dasar jagung yang digoreng, bertekstur renyah dan sangat garing. Kudapan ini memiliki beragam varian seperti gurih, asin, pedas hingga manis yang dijual mulai dari Rp5 ribu hingga Rp10 ribu saja.

Instagram.com / camilannusantara

4. Kue uhu-uhu terbuat dari adonan beras ketan, lalu dibentuk menyerupai jaring-jaring yang digoreng hingga krispy dan dilumuri gula merah. Kue ini banyak dijajakan di pasar tradisional dengan harga Rp2 ribu per biji.

bulukumbakab.go.id

5. Bolu peca juga menjadi panganan yang hadir di tiap upacara adat, rasanya lembut dan manis karena ada topping gula merah dan vanili cair.

Instagram.com / beppakota.kdi

6. Barongko dikenal sebagai kue yang terbuat dari pisang kepok yang dihaluskan dan dicampur tepung, gula, serta telur. Lalu, adonan dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang.

Instagram.com / bunda_ghaida

7. Bandang-bandang jadi pilihan kue basah yang terbuat juga dari pisang yang dicampur tepung, lalu dibungkus lagi dengan daun pisang. Paling cocok kalau disantap bersama teh hangat.

Instagram.com/kuenya.misykah

8. Coto kuda terkenal di Bulukumba, karena di wilayah ini banyak daerah yang jadi peternakan kuda. Rasa coto kuda ini konon lebih gurih dan nendang di banding coto daging sapi.

Instagram.com / coto_kuda_daeng_nompo

9. Kapurung kiranya jadi makanan berbahan dasar sagu yang mirip papeda. Biasanya, dicampur dengan kuah khas berisi sayuran seperti bayam, kangkung, hingga jagung dan ditambah potongan daging sapi atau udang.

Instagram.com / mamaettty

10. Barobbo juga termasuk makanan berkuah yang terbuat dari jagung yang sekilas mirip bubur. Namun dengan isian berupa sayuran daging sapi, ikan teri dan kacang goreng.

Instagram.com / daycationdiary

Demikianlah, rekomendasi 10 makanan khas Bulukumba yang patut untuk dicicipi. Adakah yang ingin kamu coba, Bela? Tulis lewat kolom komentar, yuk

IDN Media Channels

Latest from Food