Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

25 Peralatan Dapur Multifungsi yang Wajib Dibeli, Berguna Banget!

Memasak jadi lebih mudah dan praktis

Niken Ari Prayitno

Memasak kadang menjadi momen yang bisa menyenangkan, tetapi juga kadang jadi hal yang cukup berat dilakukan. Selain menghabiskan cukup banyak waktu, memasak juga biasanya membutuhkan berbagai peralatan untuk bisa menghasilkan masakan enak di meja.

Tak jarang, setelah memasakan kadang meninggalkan banyak cucian mulai dari piring, peralatan masak hingga perkakas lain yang dipakai. Nah, untuk memudahkanmu ketika memasak, maka perlu sejumlah peralatan multifungsi yang membuat momen memasak jadi lebih mudah.

Berikut daftar peralatan dapur multifungsi yang wajib dibeli untuk di dapur. Apa saja?

1. Dispenser kontainer tempel

Tokopedia.com

Dispenser sabun atau sampo mungkin sudah umum dijumpai. Namun, dispenser kontainer di dapur sepertinya belum banyak yang memiliki.

Nah, dengan alat ini selain kamu tidak perlu repot mengambil sendok dan membuka tutup, juga membuat dapur lebih aestetik, lho. Dengan satu tombol yang mudah untuk mengeluarkan isinya. Kamu bisa menggunakan alat ini untuk menampung sereal, hingga kacang-kacangan.

2. Baskom sekaligus parutan potong

Tokopedia.com

Membuat berbagai masakan dari berbagai daerah biasanya memerlukan bentuk potong dari sayuran yang berbeda. Ada yang perlu dipotong memanjang atau dadu. Nah, dengan alat ini kamu tidak perlu repot memotong satu-satu sayuran yang ada. 

Tinggal meletakkan sayur seperti kentang dan wortel di atas mata pisau tertentu dan akan langsung terpotong sesuai bentuknya. Kamu juga tidak perlu memindahkan ke tempat lain untuk mencucinya. 

3. Panci listrik mungil serbaguna

Tokopedia.com

Panci listrik yang mungil ini cocok digunakan di dalam kamar. Ia bisa memasak berbagai masakan dari goreng telur hingga membuat sup. Panci mungil ini juga bisa digunakan untuk mengukus, lho

Kamu hanya perlu mencolokkannya ke sumber listrik dan menekan tombol on/off di depannya. Jadi, masakan apa, nih, yang bisa dibuat dengan panci ini?

4. Rak sudut wastafel segitiga

Blibli.com

Untuk menapung buah, sayur atau peralatan makan yang habis dicuci perlu tempat yang multifungsi dan serbaguna. Salah satunya adalah rak sudut ini. Selain bisa menyimpan sayur atau buah untuk sementara ditiriskan setelah dicuci, alat ini juga bisa menampung peralatan makan. 

Bentuknya yang tinggi membuatnya bisa menapung barang dalam jumlah banyak. Dengan alat ini, kamu tidak akan melihat air menetes membasahi meja dapur setelah sayur, buah, atau peralatan makan selesai dicuci.

5. Magnetic box serbaguna

Shopee.co.id

Untuk membuat dapur terkesan rapi, jangan sampai semuanya berserakan dan tak beraturan. Gunakan box untuk menampung berbagai peralatan dapur kamu. Box dengan magnet dan bukaan ini salah satunya.

Desainnya yang modern, bentuknya yang minimalis dan bisa ditumpuk membuatnya jadi pilihan tepat untuk menyimpan berbagai perlengkapan dapur. Dijamin dapur jadi lebih rapi!

6. Gantungan rol tisu

Tokopedia.com

Siapa yang punya tisu dapur, tapi selalu lupa menyimpannya di mana?

Nah, dengan alat ini hal itu tidak akan terjadi lagi. Gantungan untuk tisu dapur ini dapat ditempatkan dan disangkutkan di pintu lemari penyimpanan. Desainnya yang fleksibel dan portabel ini didesain untuk tisu gulungan, ya.

7. Juicer buah manual yang multifungsi

Tokopedia.com

Ingin membuat jus jeruk segar, tapi tidak kuat untuk memerasnya dengan tangan? Kamu perlu sekali alat ini. Dengan juicer manual ini, kamu tidak perlu susah mengeluarkan banyak tenaga untuk memeras jeruk.

Juicer manual untuk buah ini hampi bisa digunakan untuk buah apa saja. Selain itu, ada wadah untuk menampung hasil perasan buahnya.

8. Kotak bumbu yang multifungsi

Twitter.com/PerkapRumah

Bagi kamu yang memisahkan antara dapur kotor dan dapur bersih akan membutuhkan alat ini.

Kotak bumbu multifungsi ini mudah dibawa ke mana-mana. Di dalamnya terdapat sekat-sekat yang bisa memisahkan berbagai bumbu. Terdapat tutup untuk melindungi bumbu dari debu juga.

9. Gantungan dapur untuk gelas

Blibli.com

Gantungan yang bisa diakitkan ke lemari penyimpanan dapur ini sangat multifungsi. Tak hanya untuk gelas, alat ini juga bisa digunakan untuk menggantung lap, hingga peralatan memasak seperti sutil dan spatula. 

10. Tempat sup multifungsi

Shopee.co.id

Bentuknya yang menyerupai gelas pasti banyak yang salah sangka dengan kontainer ini.

Rupanya alat ini juga bisa digunakan sebagai wadah sup, lho. Kamu pun bisa menggunakannya untuk minuman atau makanan cair yang panas maupun dingin. Bentuknya mirip termos tetapi lebih keci, sehingga cocok untuk dibawa pergi-pergi.

11. Pasta maker untuk di rumah

Lazada.co.id

Senang masakan barat yang terbuat dari tepung seperti pasta? Maka, alat ini wajib banget ada di rumah.

Pasta maker ini bisa membuat adonan untuk mi, pasta, hingga jajanan lain, seperti adonan pisang molen, lumpia dan risol.

12. Alat penggiling serbaguna otomatis

Aliexpress.com

Menyajikan bumbu halus dalam jumlah yang cukup banyak pasti merepotkan jika harus menguleknya. Nah, dengan alat ini masalah itu bisa selesai. Kamu tak perlu repot untuk mengeluarkan banyak tenaga. 

Dengan dicolokkan ke listrik dan menekan satu tombol, kamu bisa menghaluskan bumbu dari bawang-bawangan, kacang-kacangan, hingga sayur.

13. Alat penghancur bawang

Shopee.co.id

Bagi kamu yang tidak punya banyak waktu untuk mencincang halus bawang-bawangan, alat ini cocok digunakan. Belum lagi jika cincangan bawangnya hanya 1-2 buah dan tidak bisa menggunakan mesin otomatis. 

Alat ini akan menghaluskan bawang dalam sekali remasan tangan. Kamu bisa memakainya untuk menghancurkan bawang dan dimasukkan langsung ke dalam masakan yang dibuat.

14. Alat pemotong sayur 6-in-1

Aliexpress.com

Mirip dengan parutan sayur dengan wadah di atas, alat pemotong sayur ini memiliki kemampuan dan bentuk potongan yang lebih beragam.

Varian pisaunya lebih banyak membuat kamu hampir bisa membuat berbagai masakan kesukaan keluarga di rumah dengan mudah.

15. Alat pengupas buah dan sayur dengan penyimpan ampas

Aliexpress.com

Alat ini terdapat kontainer yang bisa langsung menampung ampas dari kulit buah atau sayur yang dikupas. Hal ini yang menjadikannya berbeda dengan alat pengupas biasanya.

Adanya tempat penyimpanan sampah kupasannya, sehingga tidak berantakan di meja atau lantai dapur. 

16. Alat pengupas jagung

Aliexpress.com

Mengupas jagung jadi satu hal yang cukup merepotkan untuk dilakukan. Apalagi jika memasak dalam jumlah yang cukup banyak. Namun, dengan alat ini kamu akan sangat terbantu.

Untuk mengupas jagung mentah dan matang, kamu tinggal memasukkannya lalu diputar sambil ditekan. Biji jagung pun akan langsung rontok ke bawah wadah yang ada.

17. Rak bumbu dapur unik

Twitter.com/PerkapRumah

Punya tempat penyimpanan yang multifungsi akan membantu dapur lebih terorganisir. Dengan alat ini kamu bisa menspesifikasi berbagai macam hal dalam satu wadah. Terdapat tempat untuk bumbu dapur, seperti garam, merica dan gula dengan desain sliding.

Lalu, di atasnya bisa pula ditempatkan berbagai kebutuhan lain. Tak hanya itu, dibagian sampingnya ada wadah untuk menaruh sendok, garpu, dan pisau.

18. Gunting 5 lapis untuk memotong

Lazada.co.id

Gunting daput mungkin terlihat biasa, tapi gunting 5 lapis ini bisa membantumu memotong sayuran dengan cepat. Bagi yang sering memasak dengan menambahkan penyedap berupa daun-daun seperti daun bawang, atau rosemary akan menyukai alat ini. Gunting 5 lapis ini dirancang untuk membuat kamu bisa menggunting hingga ujung daun lebih cepat dari biasanya.

19. Multifungsi hotpot grill

Blibli.com

Alat ini sangat unik dan cocok bagi keluarga yang gemar barbeque serta membuat hot pot di rumah. Dengan berbagai fungsi pilihan yakni menggoreng, memanggang, membuat shabu, hingga menumis dengan mudah dalam satu alat. Dengan tombol dan fungsi yang mudah dijalankan, alat ini sangat cocok digunakan untuk membuat pesta dan merayakan sesuatu di rumah dengan keluarga!

20. Wadah sekaligus saringan buah dan sayur

Blibli.com

Ingin mencuci sayur dan buah tanpa repot dan membalikkan wadah? Maka, alat ini harus kamu punya.

Wadah untuk buah dan sayur ini juga terdapat saringan untuk mencucinya langsung. Ada penutupnya juga untuk menghindarkan dari lalat dan serangga lain. 

21. Botol minyak semprot multifungsi

Lazada.co.id

Dalam menciptakan sebuah masakan kadang kita tidak perlu banyak minyak. Namun, ketika menuangkan minyak itu justru bisa tidak terkontrol dan kebanyakan.

Nah, dengan semportan minyak ini kamu tidak perlu mengeluh karena terlalu banyak minyak di wajan lagi. Hal ini bisa mengontrol pengeluaran minyak seminimal mungkin.

22. Talenan sekaligus baskom

Kiozorenz.com

Siapa yang sangka jika alat ini yang dikira talenan atau tempat memotong buah dan sayur juga bisa menjadi baskom atau tempat untuk mencuci. Dengan meregangkannya, alat ini bisa berfungsi dua hal itu.

Kini, kamu tidak perlu repot memindahkan sayuran, buah bahkan daging yang setelah dipotong untuk dicuci ke tempat lain. Tinggal meregangkannya kamu bisa langsung mencucinya tanpa repot lagi.

23. Blender tangan mini untuk bawang dan cabai

Twitter.com/PerkapRumah

Alat ini hampir sama dengan penghancur bumbu dan sayur di atas. Namun, lebih kecil dan biasanya hanya bisa digunakan untuk menghaluskan bumbu saja.

Dengan menarik menggunakan dua jari, kamu bisa langsung membuat bumbu halus dengan mudah dalam waktu singkat.

24. Tempat menaruh tutup panci dan peralatan masak

Aliexpress.com

Ketika memasak sesuatu kadang kita susah untuk menempatkan spatula atau tutup setelah dipakai. Nah, dengan alat ini bisa membantu untuk menjadi wadah setelah kamu mengaduk menggunakan spatula saat memasak. 

Tentunya lebih bersih dan higienis jika dibandingkan tergeletak di meja dapur. Alat ini juga menjadi tempat untuk menyangga tutup panci dan wajan, sehingga uap air yang menetes tidak mengotori meja dapur, lho

25. Pan multi grill serbaguna

Aliexpress.com

Punya dua desain berbeda, pan grill serba guna ini bisa digunakan untuk menggoreng, menumis, hingga memanggang daging. Satu sisi terdapat garis grill yang bisa digunakan untuk memanggang. Sementara sisi satunya, bisa digunakan untuk menggoreng dan menumis secara bersamaan.

Itulah tadi daftar peralatan dapur multifungsi yang wajib dibeli di rumah. Dengan peralatan tadi semoga rutinitas memasak kamu bisa lebih mudah, ya!

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman Popmama.com dengan judul "25 Peralatan Dapur Multifungsi yang Wajib Dibeli, Berguna Banget!" ditulis oleh Putri Syifa Nurfadilah

IDN Media Channels

Latest from Food