Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Menu Takjil Buka Puasa Ramadan, Enak dan Praktis

Ada yang manis maupun asin

Niken Ari Prayitno

Salah satu hal yang sangat berkaitan dengan bulan Ramadan adalah takjil. Sebab, takjil selalu dicari saat waktu berbuka tiba. Ternyata selama ini kita salah kaprah lho mengenai takjil.

Kita selalu mengira, takjil adalah menu makanan untuk berbuka puasa. Padahal arti sebenarnya bukan itu. Berikut ini penjelasan singkat mengenai arti dan menu takjil buka puasa yang perlu kamu tahu.

Arti takjil

freepik.com

Apa yang ada di benakmu saat mendengar menu takjil buka puasa? Takjil di bulan Ramadan sering diartikan sebagai hidangan buka puasa, terutama makanan dan minuman sebelum lanjut ke menu utama.

Padahal mengacu pada KBBI, takjil berarti mempercepat (buka puasa). Sesuai dengan Bahasa Arab, yakni ajila atau menyegerakan. Jadi, maksud takjil adalah penyegeraan berbuka puasa dengan makanan, bukan hidangan pembuka puasa itu sendiri.

Dikarenakan kata takjil sudah sering digunakan dalam bahasa percakapan sehari-hari, kata ini pun akhirnya sudah diserap ke dalam bahasa Indonesia. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, takjil memiliki arti mempercepat.

Berdasarkan penjelasan di atas, kata takjil tidak menunjuk kepada kata benda atau makanan. Takjil bermakna kata kerja, yakni menyegerakan atau mempercepat. Dalam hal ini, menyegerakan atau mempercepat buka puasa ketika waktu maghrib tiba. 

Menu takjil buka puasa

ANTARA FOTO/Fauzan

Berbicara soal takjil, ada menu takjil buka puasa yang menjadi favorit orang Indonesia. Makanan ringan dengan rasa gurih dan manis paling banyak dicari untuk menyegerakan buka puasa.

Misalnya gorengan, kurma, dan makanan manis, seperti kue pukis, kue lapis, bubur sumsum serta kue lumpur. Sementara untuk minumannya ada menu yang sering digunakan sebagai takjil buka puasa ada kolak pisang, es buah segar, dan es pisang ijo. Macam-macam menu untuk takjil buka puasa adalah sebagai berikut.

1. Kue pukis

mangcook.com

Kue pukis yang rasanya manis akan cocok sebagai hidangan pembuka saat buka puasa. Apalagi saat perut lapar, makanan satu ini bisa mengganjal perut sebelum makan nasi. Pukis ini berbahan dasar tepung dan biasanya diberi aneka macam topping sebagai pelengkapnya. 

2. Gorengan

instagram.com/christinawati1979

Menu takjil buka puasa yang selanjutnya ini tentu sudah tak asing lagi untukmu. Ya, gorengan seakan-akan menjadi hidangan wajib takjil buka puasa. Sebab, rasanya yag gurih dan nikmat cocok untuk menjadi camilan sebelum makan. 

3. Kurma

pexels.com/Konevi

Sesuai dengan sunnah dalam buka puasa, kurma memang menjadi makanan takjil yang baik bagi tubuh. Selain rasanya yang manis, buah satu ini juga menyimpan banyak energi yang dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa. 

4. Es Buah Segar

instagram.com/venijulianti

Kalau ingin menu takjil buka puasa yang segar, es buah tentu menjadi andalannya. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan mengiris aneka buah kemudian dituangkan dengan susu dan sirup hingga rasanya manis. Ditambah dengan es batu, es buah segar pun siap dinikmati. 

5. Kolak

Cookpad.com

Tak lengkap rasanya kalau bulan Ramadan tanpa mencicipi kolak. Hidangan ini memang identik dengan Ramadan karena cocok dijadikan menu takjil. Sebab, rasanya manis dan isian pisang serta ubinya cukup mengenyangkan. 

6. Es Pisang Ijo

instagram.com/devililian

Menu takjil buka puasa es pisang ijo selalu banyak ditawarkan di sepanjang pasar Ramadan. Sebab, menu satu ini memang identik dengan bulan puasa. Dengan pisang yang dibalut tepung berwarna hijau, kemudian disiram menggunakan kuah santan plus sirup, es pisang ijo tampak sangat menggoda. 

7. Es Cendol

flickr.com

Kalau kamu mencari takjil menu tradisional, maka es cendol ini sangat direkomendasikan. Dibuat dengan bahan tepung beras yang diayak menjadi cendol, kemudian disiram dengan kuah santan dan gula merah, rasanya sangat menyegarkan sebagai takjil buka puasa. 

8. Roti Bakar

yummy.co.id

Selain makanan yang berkuah, sesekali menu takjil buka puasa seperti roti bakar akan membuatmu tidak bosan. Di rumah, kamu bisa membuatnya sendiri dengan mengoleskan selai favorit ke roti kemudian dipanggang.

9. Bubur Sagu Mutiara

wikimedia.org

Bubur sagu mutiara merupakan sajian yang enak sekaligus mengenyangkan. Cara membuatnya pun mudah hanya dengan menyiapkan sagu mutiara kemudian kuah berupa santan saja, kamu bisa menyajikannya menjadi bubur sagu yang enak. 

10. Es Semangka

yummy.co.id

Menu takjil buka puasa yang terakhir tampak sangat menyegarkan, yaitu es semangka. Meskipun tampak menggiurkan, cara membuatnya tidak begitu sulit. Cukup dengan irisan semangka, susu, dan sirup saja, es semangka ini bisa kamu nikmati untuk takjil buka puasa. 

Itulah tadi arti dan menu takjil buka puasa. Setelah membaca artikel ini, semoga kamu sudah nggak salah kaprah lagi ya mengenai arti takjil. Selamat berpuasa!

IDN Media Channels

Latest from Food