Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

20 Tempat Makan Enak di Bandung yang Murah dan Terkenal

Suasananya sejuk dan nyaman

Nafi' Khoiriyah

Berwisata ke Bandung kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat makan enak. Ada berbagai tempat makan yang enak untuk disantap bersama teman atau keluarga di kota ini. 

Bukan hanya makanannya saja yang lezat, ada banyak tempat makan yang juga menyuguhkan pemandangan dan udara sejuk Bandung. Konsep yang diangkat pun bervariasi, mulai dari konsep alam sampai modern. 

Kali ini, Popbela.com akan membagikan ulasan terkait 20 tempat makan enak di Bandung yang bisa kamu kunjungi. Yuk, langsung simak ulasannya!

1. Saung T & T

instagram.com/saung_tnt

Tempat makan enak di Bandung yang bertama ini berada di Bandung Barat, tepatnya di dekat pusat pemerintahan Bandung Barat yakni di Padalarang. Area restoran ini cukup luas sehingga cocok untuk didatangi bersama keluarga besar.

Tak hanya itu saja, Saung T & T memiliki sajian khas masakan Sunda yang lengkap untuk dinikmati. Dengan udara sejuk di sekitarnya, kamu akan betah berlama-lama di tempat ini. 

2. Iga Bakar Si Jangkung

instagram.com/iga_bakar_si_jangkung

Kalau kamu gemar menikmati makanan yang berdaging, maka Iga Bakar Si Jangkung tidak boleh kamu lewatkan. Seperti namanya, menu yang paling populer di tempat ini adalah iga bakar. 

Namun tak hanya itu saja, Iga Bakar Si Jangkung juga menyajikan sup iga, iga bakar kambing, sate kambing, sampai tongseng ayam. Pusat tempat makan ini berada di Jalan Cipaganti. 

3. Dapoer Pandan Wangi

instagram.com/dapoerpandanwangi

Dapoer Pandan Wangi menjadi tempat makan enak di Bandung selanjutnya. Restoran ini berlokasi di Patuha dan menyediakan makanan khas Sunda. 

Meskipun memiliki area yang cukup besar, tetapi Dapoer Pandan Wangi tidak pernah sepi pembeli. Beberapa menu favorit di tempat ini di antaranya adalah sayur asam, ayam ungkep, pepes tahu, sampai nasi liwet. 

4. Sapulidi Resto, Resort & Gallery

instagram.com/sapulidisawah

Menikmati hidangan sambil melihat pemandangan persawahan yang indah bisa kamu rasakan di Sapulidi Resto, Resort & Gallery. Konsep tempat makan ini adalah back to nature sehingga kamu bisa merasakan suasana alam pedesaan. 

Berlokasi di dataran tinggi Lembang, makanan yang ditawarkan di tempat ini di antaranya adalah aneka seafood, aneka sayur, dan berbagai makanan khas Sunda lainnya.

5. Bumi Sunda Resto

instagram.com/bumisundaresto

Tempat makan enak di Bandung selanjutnya ini bernama Bumi Sunda Resto. Rumah makan tersebut menyediakan berbagai menu ayam, bebek, dan aneka nasi yang harganya cukup bersahabat. 

Tak hanya bisa dimakan di tempat, Bumi Sunda Resto juga membuka pesanan secara online. Kalau ingin mengunjungi tempat ini, lokasi Bumi Sunda Resto berada di wilayah Regol, Bandung.

6. Raja Rasa Restoran

instagram.com/rajarasarestoran

Raja Rasa Restoran menyajikan kuliner khas Sunda yang beragam, mulai dari nasi timbel, nasi liwet, berbagai ikan bakar, sampai aneka macam sayur. Konsep tempat ini bertema tradisional dengan bangunan kayu dan bambu. 

Letak Raja Rasa Restoran berada di Jalan Setra Ria Nomor 1, Setiabudhi, Bandung. Selain menyediakan menu yang beragam, tempat ini memiliki fasilitas internet gratis hingga musala untuk para pelanggannya.

7. Paskal Food Market

instagram.com/paskalfoodmarket

Setelah puas menjelajah wisata, selanjutnya kamu bisa mengunjungi tempat makan enak di Bandung bernama Paskal Food Market. Seperti namanya, tempat ini menjadi pusat kuliner yang tak pernah sepi pengunjung. 

Lokasi Paskal Food Market berada di Hypersquare, Jalan Pasar Kaliki No.25-27, Bandung. Di dalamnya, tempat ini menyediakan lebih dari 50 stand makanan dengan berbagai hidangan. Mulai dari chinese food, japanese food, sampai makanan khas nusantara ada di sini. 

8. Lawangwangi Creative Space

instagram.com/lawangwangi.creativespace

Memadukan antara seni, kreativitas, dan kuliner, Lawangwangi Creative Space menjadi tempat yang asyik untuk dikunjungi. Di tempat ini, kamu bisa melihat bangunan yang bagus serta tempat makan yang nyaman. 

Saat memasuki tempat ini, kamu bisa melihat karya seni terlebih dahulu sebelum mengisi perut di restorannya. Beberapa menu yang disediakan di antaranya adalah pindang patin palembang, ayam bakar sambal mangga, dan hot peppermint tea. 

9. Atmosphere Cafe

instagram.com/atmospherecafe

Menawarkan kuliner khas Eropa, Atmosphere Cafe menjadi tempat makan enak di Bandung yang bisa kamu kunjungi. Meskipun hidangan utamanya khas Eropa, tetapi restoran ini tetap menyediakan makanan khas Indonesia. 

Pengunjung bisa menikmati kuliner di lesehan maupun gazebo yang disediakan. Tak hanya itu saja, kamu bisa melihat pemandangann kolam ikan dan bisa berfoto di berbagai spot yang tersedia. 

10. Dancing Crab

instagram.com/dancingcrabid

Penyuka seafood tidak boleh melewatkan untuk mengunjungi Dancing Crab saat berada di Kota Bandung. Restoran ini merupakan cabang dari restoran ternama di dunia yang tersebar d berbagai negara. 

Salah satu negara yang terkenal dengan Dancing Crab adalah Singapura. Di sini, kamu bisa menikmati aneka menu seafood, mulai dari seasonal crab, white clam, sampai fish and chips. 

11. Congo Gallery & Cafe Dago Pakar

instagram.com/congogallery

Berikutnya, tempat makan enak di Bandung ini bernama Congo Gallery & Cafe Dago Pakar. Restoran ini begitu nyaman dengan galeri kayu yang mengesankan. Pemandangannya pun indah dengan perbukitan di sekitarnya. 

Tempat makan utama di restoran tersebut berada di belakang balkon dengan dinding kaca dan panorama pegunungan. Beberapa menu yang bisa dinikmati di antaranya adalah T-Bone steak, ayam, dan iga panggang. 

12. Kampung Daun

instagram.com/kampungdaun

Kalau kamu mencari tempat wisata kuliner yang berkelas di Bandung, Kampung Daun jadi tujuan yang tepat. Letaknya berada di kawasan Bandung Barat yang menawarkan konsep tempat makan menyatu dengan alam. 

Terdapat aneka sajian yang menggugah selera khas Indonesia sampai mancanegara, di antaranya sop buntut, surabi, batagor, iga bakar, sampai dengan steak. Suasana makan di tempat ini akan makin romantis di malam hari dengan pencahayaan yang ada. 

13. Sapu Lidi Resto

instagram.com/sapulidisawah

Tempat makan enak di Bandung selanjutnya ini masih dengan konsep alam, tepatnya persawahan. Letak restoran ini berada di kawasan resort seluas 5 hektare yang punya suasana khas pedesaan. 

Ada banyak pepohonan sampai sawah yang membentang sehingga cocok untuk kamu yang ingin mencari tempat healing. Berbagai menunya pun banyak yang bisa jadi pilihan, mulai dari aneka olahan ayam sampai bebek. 

14. Lawang Wangi

instagram.com/lawangwangi.creativespace

Sementara untuk kamu yang ingin bersantai dengan suasana kafe yang modern, datanglah ke Lawang Wangi Creative Space. Meskipun namanya creative space, tetapi di sini terdapat tempat makan yang tak kalah nikmat. 

Ada makanan khas Indonesia sampai dengan western, serta aneka minuman kopi dan nonkopi. Namun bukan hanya bisa menikmati hidangan saja, pengunjung juga bisa sekaligus melihat karya seni yang dipamerkan. 

15. Nasi Kalong

instagram.com/that_nobody_is_me

Tempat makan enak di Bandung yang berikutnya adalah Nasi Kalong yang cocok untuk pencinta kuliner sehat. Sebab, tempat ini menawarkan menu makanan nasi merah yang dimasak dengan kluwek, cabai, kelapa, dan bumbu lainnya. 

Sedangkan lauknya ada lebih dari 20 macam yang bisa dipilih sendiri oleh pengunjung. Perlu dicatat, tempat ini buka mulai dari jam 7 malam dan pasti ramai dengan antrean pembeli.

16. Hummingbird Eatery & Space

instagram.com/hummingbirdeateryandspace

Pilihan tempat makan enak di Bandung yang lebih fancy adalah Hummingbird Eatery & Space. Tempat makan ini merupakan restoran yang menyediakan menu sarapan, camilan, sampai hidangan utama yang bervariasi. 

Lokasinya berada di Jalan Progo No.16, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Jangan khawatir kalau mau datang pagi hari, sebab restoran ini buka mulai pukul 07.00 sampai 22.00 WIB. 

17. Roemah Kopi

instagram.com/roemah_kopi

Sedangkan kalau ingin sekadar ngopi santai, Roemah Kopi jadi tujuan yang menarik. Tempat ini terkesan sangat klasik dengan banyak furnitur berbahan kayu. Lokasinya cocok untuk nongkrong romantis dan santai. 

Nuansa yang artistik itu cocok untuk menikmati secangkir kopi sambil merasakan udara Kota Bandung yang sejuk. Bukan hanya sekadar kopi saja, ada pula makanan berat dan juga snack sebagai pelengkapnya.

Lokasinya berada di Jalan Rancakendal Luhur No.7, Ciburial, Cibeunying Kaler, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kota Bandung.

18. Sate Hadori

instagram.com/bandunggoodguide

Sate Hadori cocok jadi tempat makan yang dikunjungi bersama keluarga. Sebab, Sate Hadori merupakan kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 1940. Menu andalan tempat makan ini adalah sate kambing. 

Namun, ada pula menu sate ayam dan olahan kambing lainnya seperti gule dan tongseng. Lokasi Sate Hadori berada di Jalan Soekarno Hatta Nomor 590, Bandung. Kamu bisa mengunjunginya mulai dari pukul 10.00 sampai 22.00 WIB.

19. Missbee Providore

instagram.com/missbee_providore

Tempat makan enak di Bandung kali ini berada di Jalan Rancabentang No.11A, Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung. Tempat makan ini punya area yang luas dengan aneka pilihan menu. 

Ada makanan lokal, western, sampai makanan Jepang yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Daya tarik utama dari tempat makan ini selain karena makanannya adalah bangunannya yang minimalis, area outdoor-nya yang rapi, dan fasilitas permainan untuk anak.

20. Suis Butcher

instagram.com/suisbutcher

Disebut sebagai restoran steak tertua di Bandung, Suis Butcher sudah beroperasi sejak awal tahun 90-an. Ada berbagai macam menu steak yang tersedia di Suis Butcher, di antaranya Chicken Steak, Sirloin Steak, Tenderloin Steak, sampai dengan Beef Cordon Bleu. 

Steak tersebut disajikan dengan saus dan bumbu rahasia yang jadi favorit para pengunjung. Harga yang ditawarkan pun relatif murah sehingga bisa terjangkau. Adapun lokasi Suis Butcher berada di LLRE Martadinata St No.201, Cihapit, Bandung Wetan, Bandung. 

Itulah 20 tempat makan enak di Bandung yang recommended untukmu. Setelah melihat ulasannya masing-masing, mana yang akan kamu kunjungi setelah ini, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Food