Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Inspirasi Nasi Kotak Cantik 2023, Bisa Jadi Ide Takjil Ramadan

Menggugah selera

Nafi' Khoiriyah

Menjelang Ramadan, banyak orang yang mencari ide menu untuk takjil. Biasanya, takjil yang dibagikan berbentuk nasi kotak cantik yang diisi dengan nasi dan aneka lauk-pauk. Namun, sering kali kita bingung menentukan menu takjil tersebut agar tidak membosankan. 

Nah, kali ini Popbela.com akan membantumu mencari ide menu nasi kotak Ramadan yang bisa dibagikan untuk kerabat dan warga sekitar. Mulai dari nasi, lauk-pauk, sampai dengan lalapannya semua sudah tersedia. 

Berikut adalah 10 ide nasi kotak cantik yang bisa kamu jadikan inspirasi takjil Ramadan. Simak ya, Bela!

1. Nasi kotak bento

pinterest.com

Nasi kotak cantik yang pertama bisa kamu buat a la bento. Bento merupakan istilah bahasa Jepang untuk menyebut nasi bersama lauk-pauk yang dikemas praktis.

Di dalamnya, kamu bisa mengisi kotak dengan nasi, lauk berupa udang, bakso, tahu goreng, serta bihun dan sayur sebagai pelengkapnya. Supaya makin sedap, jangan lupa taburkan dengan biji wijen di atas nasi. 

2. Nasi kotak plus snack

pinterest.com

Saat buka puasa, orang-orang biasanya tidak langsung berbuka dengan nasi. Banyak orang yang cenderung ingin makan camilan dulu sebelum makan nasi yang mengenyangkan.

Maka dari itu, kamu bisa menambahkan snack berupa lumpia dan yakult sebagai minumannya. Untuk makanannya, seperti biasa kamu bisa mengisi dengan ayam, sambal, dan sayur. 

3. Nasi kotak penyetan

pinterest.com

Kalau ingin nasi kotak cantik yang praktis, maka ide menu berupa penyetan ini cocok untukmu. Kamu tinggal memasukkan nasi dan ayam, lalu tambahkan tempe dan tahu goreng. Jangan lupa sambal dan juga lalapan supaya lebih nikmat saat disantap. 

4. Nasi kotak paket aqiqah

pinterest.com

Kalau kamu memiliki hajat aqiqah, maka nasi kotak di atas bisa jadi referensi. Tidak perlu terlalu banyak masakan, kamu bisa mengolahnya menjadi dua macam lauk yaitu gulai dan satai. Kemudian, tambahkan sayur kentang balado dan sambal supaya bisa lebih seimbang. Ditambah dengan nasi putih, nasi paket aqiqah pun siap dibagikan. 

5. Nasi kotak ikan dan lalapan

pinterest.com

Banyak orang yang bingung membuat nasi kotak cantik dengan lauk berupa ikan. Padahal, kamu bisa memasukkan ikan ke dalam nasi kotak seperti di atas, kemudian tambahkan dengan lalapan dan sayurnya. Kalau kurang lengkap, kamu pun bisa menambahkan lauk pauk lainnya misalnya empal daging dan sambal. 

6. Nasi kotak ayam bakar

pinterest.com

Praktis dan tampak mewah, begitu kesan pertama saat melihat nasi kotak di atas. Berbeda dengan kardus nasi biasanya, jika ingin kesan premium kamu pun bisa memilih kardus yang unik seperti di atas. Setelah itu, tinggal isi dengan nasi, ayam bakar, salad, dan saus sebelum dibagikan untuk buka puasa. 

7. Nasi campur tumpeng

pinterest.com

Nasi kotak cantik yang berikut ini cocok bagi kamu yang ingin tampilan yang unik dan khas. Caranya adalah dengan membungkus nasi dengan daun pisang yang dibentuk menjadi kerucut. Kemudian, bagian kotak lauk-pauk harus dipenuhi dengan lauk dan sayuran supaya tampak mewah. 

8. Nasi besek bunga telang

pinterest.com

Nasi putih saja untuk makanan takjil tentu sudah biasa. Nah, supaya lebih unik, kamu bisa membuat nasi telang supaya memiliki warna biru seperti di atas. Nasi tersebut terasa sama seperti nasi putih biasa sehingga bisa disajikan dengan aneka lauk-pauk seperti sayur campur tahu tempe, gorengan, ayam, dan sebagainya. 

9. Nasi kotak daging sayur

pinterest.com

Kalau ingin membuat porsi yang lebih kecil, maka kotak stereofoam yang berbentuk persegi panjang adalah ukuran yang tepat. Nasi kotak tersebut bisa diisi dengan nasi mentega, daging, dan aneka macam sayuran. Kemudian, jangan lupa tambahkan telur sebagai pelengkapnya supaya makin menarik.

10. Nasi kotak ikan goreng

pinterest.com

Nasi kotak cantik yang terakhir juga memakai lauk ikan yang besar dan panjang. Namun, nasi pada kotak makan ini dibungkus dengan daun pisang di bagian bawahnya sehingga aromanya terasa lebih nikmat. Selain ikan, kamu bisa mengisi kotak yang kosong lainnya dengan sayuran dan sambal. 

Itulah 10 nasi kotak cantik yang bisa kamu jadikan referensi untuk bagi-bagi takjil pada saat puasa nanti. Kira-kira, nasi kotak mana yang akan kamu buat nanti? 

IDN Media Channels

Latest from Food