Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Ide Jualan Makanan dan Minuman di Bulan Puasa, Laris dan Praktis!

Mudah dan menguntungkan

Nafi' Khoiriyah

Salah satu yang paling melekat dari bulan puasa adalah jajanan takjilnya yang khas dan bermacam-macam. Setiap sore menjelang waktu buka puasa, orang-orang biasanya ngabuburit dengan membeli aneka macam makanan dan minuman pendamping buka puasa. 

Momen tersebut menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk banyak orang. Tidak harus dengan modal yang besar, ide jualan makanan dan minuman bisa kamu mulai dengan modal yang kecil, lho. 

Berikut adalah 10 ide jualan makanan dan minuman saat puasa yang mendatangkan banyak pelanggan dan tentunya akan laris manis. 

1. Es buah

instagram.com/venijulianti

Ide jualan makanan dan minuman saat bulan puasa yang pertama adalah es buah yang menyegarkan. Minuman satu ini selalu laris di saat bulan puasa karena tampilannya yang sangat menyegarkan.

Apalagi, ditambah dengan cuaca akhir-akhir ini yang sangat panas. Dengan bahan aneka buah-buahan, sirup, susu, dan es, kamu sudah bisa berjualan es buah.

Biasanya, satu porsi es buah dijual seharga Rp5.000-Rp10.000.

2. Gorengan

instagram.com/christinawati1979

Untuk teman makan nasi saat buka puasa, tak lengkap rasanya jika tanpa gorengan sebagai pendampingnya. Ya, makanan satu ini menjadi favorit banyak orang baik di hari biasa maupun saat bulan puasa.

Ada berbagai jenis gorengan yang bisa kamu jual, mulai dari bakwan, mendoan, tahu isi, sampai pisang goreng. Bahan yang dibutuhkan pun sangat terjangkau dan tentunya kamu akan mendapatkan untung yang lumayan.

Biasanya, satu biji gorengan dijual seharga Rp1.000-Rp2.500. 

3. Cilor

instagram.com/faeyzafood97

Bukan hanya aneka macam gorengan seperti di atas saja, ide jualan makanan gorengan kekinian pun akan cocok saat bulan Ramadan. Sebab, anak-anak biasanya berburu jajanan yang menurut mereka menarik untuk menjadi camilan saat berbuka.

Salah satunya adalah cilor atau aci telur. Jajanan ini dibuat dari bahan aci yang digoreng bersama telur kemudian dibumbui dengan bubuk pedas.

Biasanya, cilor dijual mulai dari Rp5.000 per porsinya. 

4. Pisang nugget

instagram.com/jasmine_banana

Selain jajanan yang asin, kamu bisa mencari ide makanan manis yang cocok di lidah saat puasa, misalnya pisang nugget. Makanan ini hanya membutuhkan bahan yang simpel saja, seperti pisang, tepung, dan topping. Kamu bisa menyediakan aneka topping yang menarik supaya bisa mendatangkan pelanggan.

Satu porsi pisang nugget biasanya dijual seharga Rp10.000-Rp20.000.

5. Es pisang ijo

instagram.com/devililian

Kembali dengan ide jualan minuman yang menyegarkan, biasanya orang-orang yang berbuka puasa sering mencari es pisang ijo. Apalagi, bagi para perantau yang rindu dengan kampung halaman mereka.

Es pisang ijo dibuat dari pisang yang dibalut tepung berwarna hijau kemudian dicampurkan dengan kuah santan dan sirup yang gurih. Biasanya, satu porsi es pisang ijo dijual seharga Rp10.000-Rp15.000. 

6. Sosis bakar

wallpaperflare.com

Camilan yang selalu ramai pembeli, baik saat hari biasa maupun saat bulan puasa adalah sosis bakar. Makanan ini memang selalu nikmat sehingga disukai banyak orang. Biasanya, sosis dibakar dengan aneka macam saus sehingga rasanya menjadi lebih nikmat.

Satu sosis bakar biasanya dijual mulai dari Rp3.000-Rp15.000.

7. Es cincau

instagram.com/lanikarassoan

Segala macam es yang tampak menyegarkan pasti akan laris saat dijual menjelang waktu buka puasa. Selain es buah, kamu bisa membuat es cincau yang creamy dan nikmat.

Cukup dengan bahan berupa cincau, santan, dan gula saja, kamu sudah bisa membuat minuman ini. Supaya makin menarik, buatlah es cincau dengan berbagai macam rasa seperti cappuccino, cokelat, dan strawberry.

Satu kemasan es cincau biasanya dijual dengan harga Rp5.000-Rp10.000.

8. Tahu walik

instagram.com/herni_chin

Kembali dengan ide jualan makanan gorengan, tetapi sekarang kamu lebih spesifik menjual tahu walik saja. Olahan tahu ini memiliki rasa yang gurih dan nikmat, apalagi dengan saus sebagai pelengkapnya. Bahan-bahannya pun hanya tahu, tepung, dan daging ayam yang mudah ditemukan.

Biasanya, satu potong tahu walik dijual dari harga Rp1.000-Rp2.000.

9. Es kelapa muda

instagram.com/babygfw

Setelah menahan haus sejak subuh hingga petang, es kelapa rasanya memang sangat menyegarkan jika diminum saat berbuka. Maka dari itu, banyak yang mencari minuman ini menjelang waktu buka puasa. Kamu bisa menjual aneka olahan kelapa muda, mulai dari yang original sampai dengan yang dicampurkan dengan pemanis dan lain sebagainya.

Biasanya, satu gelas es kelapa dijual mulai dari Rp5.000. 

10. Jajan pasar

instagram.com/aidalydiano0148

Ide jualan makanan yang terakhir pasti akan laris diburu para ibu-ibu rumah tangga. Sebab, jajanan pasar cocok sebagai pendamping buka puasa bersama dengan minuman yang menyegarkan. Kamu tidak harus membuat semuanya sendiri, tetapi bisa mengumpulkan barang dagangan dari para pembuatnya, kemudian dijual kembali.

Biasanya, satu jenis jajanan pasar dijual mulai dari Rp1.500-Rp5.000. 

Itulah 10 ide jualan makanan dan minuman saat puasa yang bisa kamu jadikan inspirasi. Kira-kira, makanan atau minuman apa yang akan kamu jual di bulan Ramadan nanti, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Food