Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Inilah 8 Makanan Khas India yang Paling Terkenal di Dunia

No.2 unik banget namanya!

Monica Dwi Ardiati

Segala hal tentang India bukanlah hal baru di Indonesia. Melalui film dan dramanya, India menarik perhatian masyarakat Indonesia. Banyak juga yang mengidolakan aktor maupun aktris India. Dari situlah, masyarakat mengenal budaya dan juga makanan khas India. Cita rasa dan rempah-rempah yang melimpah semakin dikenal mancanegara hingga membuat pencinta kuliner bisa dengan mudah menemukan restoran India. Apa saja ya makanan khas India yang paling terkenal di dunia? Simak yuk, Bela!

1. Samosa

instagram.com/tandoori_flames_

Samosa adalah makanan khas India dan camilan favorit masyarakat Asia Tengah, Asia Selatan hingga Jazirah Arab. Memiliki bentuk segitiga, samosa memiliki cita rasa yang gurih dengan tekstur yang renyah. Pada umumnya samosa berisi kentang rebus dengan bumbu rempah-rempah dicampur kacang kapri, bawang bombay, daun ketumbar dan kadang-kadang paneer. Namun, saat ini samosa dimodifikasi dengan beberapa varian rasa, seperti coklat, keju, daging dan lain-lain. Samosa semakin lezat jika disantap dengan hangat.

2. Dosa

instagram.com/thechillipickle

Nama makanan India satu ini memang cukup unik ya, Bela. Dosa adalah makanan India yang sama jenisnya dengan crepes. Dibuat dengan bahan utama beras dan bubuk gram hitam yang sudah difermentasi kemudian menjadi adonan halus dan diberi sedikit garam. Di India dosa juga sering disebut dosay atau dosai. Dosa juga dapat diisi dengan tambahan sayuran, daging dan saus. Dosa juga memiliki banyak varian rasa, seperti masala dosa, rava dosa, chilli paneer dosa dan lain-lain.

3. Jalebi

shankarsweets.in

Bagi pecinta film India, kamu pasti tahu dong manisan terkenal yang satu ini. Ya, manisan jalebi. Jalebi sendiri dibuat dari tepung yang dibentuk melingkar dan kemudian digoreng hingga matang. Setelah itu, jalebi direndam dalam sirup gula hingga permukaannya mengilap dan mengkristal. Jalebi memiliki tekstur yang kenyal dan sangat manis. Manisan berwarna orange dapat disajikan dengan hangat ataupun dingin.

4. Biryani

steemit.com

Banyak sebutan untuk nama makanan India satu ini. Mulai dari biryani, beryani sampai biriani. Biryani menyajikan nasi yang berbentuk panjang atau yang disebut beras basmati dengan campuran rempah-rempah dan kaldu. Biryani biasanya disajikan dengan menu pelengkap yaitu aneka daging dan sayuran. Di Indonesia dan Malaysia biryani diberikan tambahan kata nasi. Nah, untuk menikmati nasi biryani kamu juga bisa menemukannya di kawasan Asia Selatan, lho.

5. Rogan Josh

bazaarbreads.com.au

Rogan josh adalah makanan India dengan bahan dasar daging yang berasal dari Persia atau Kashmir. Biasanya daging yang digunakan yaitu daging domba atau kambing. Rogan josh salah satu makanan India yang juga populer di dunia. Dimasak dengan yoghurt, daun salam dan bumbu rempah lainnya membuat rogan josh lezat dan gurih. Sedangkan cita rasa pedas yang kuat berasal dari paprika dan cabai Kashmir. Meskipun rasanya pedas, rogan josh tetapi digemari oleh masyarakat dunia. 

6. Naan

instagram.com/evgenialevi

Makanan yang terbuat dari tepung ragi dan berbentuk seperti roti ini dinamakan naan. Naan adalah roti tradisional dari India. Sedangkan di Indonesia, naan disebut dengan roti India. Naan biasa dimakan ketika masyarakat India sedang bosan menyantap makanan pokok. Namun, naan juga bisa dimakan dengan ayam tandoori dan palak paneer. Saat ini naan sudah memiiliki beberapa variasi rasa, seperti butter naan. Butter naan memiliki rasa yang lebih gurih karena dimasak dengan mentega yang banyak.

7. Kheema

ruchikrandhap.com

Makanan tradisional satu ini juga terkenal di Asia Selatan, khususnya India. Kheema atau qeema adalah hidangan berbahan dasar daging yang sudah digiling. Daging giling tersebut dibumbui menggunakan berbagai rempah dengan kombinasi kacang polong atau irisan kentang. Kheema biasanya disajikan dengan naan agar lebih lezat. Caranya sangat sederhana yaitu kheema ditaruh dibagian tengah naan. Setelah itu dilipat dan siap dimakan. Kheema dan naan cocok disantap saat udara dingin karena rasa pedas dari kheema dapat menghangatkan tubuh. 

8. Ayam tandoori

mayakitchenette.com

Ayam yang dipanggang dengan bumbu khas India ini sangat digemari oleh masyarakat luar negeri dan Indonesia yaitu ayam tandoori. Diberi nama tandoori karena ayam dipanggang dalam oven tandoori yang sangat panas. Ayam tandoori sangat terkenal di dunia, sehingga banyak yang memasak dengan cara ayam tandoori namun dengan bahan utama berbeda. Ayam panggang dengan warna khas merah ini dibuat dengan bumbu khas India. Kamu wajib coba ini, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Food