Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tingkatkan Imunitas Tubuh, Ini 8 Makanan yang Kaya Vitamin C

Bisa mencegah virus, lho

Marshelina Tri Utami

Vitamin C dikenal memiliki banyak manfaat, mulai dari menjaga imunitas, mencegah virus masuk ke dalam tubuh hingga menjaga kesehatan kulit. Tubuh kita memang nggak memproduksi vitamin ini, tapi kamu bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin C atau jika perlu dari suplemen yang mengandung vitamin C. 

Eits, tapi ingat vitamin C yang alami dari makanan jauh lebih dianjurkan daripada suplemen ya, Bela. Mengingat pentingnya peranan vitamin C dalam tubuh, kamu perlu mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin C tinggi agar asupannya cukup. Nah, di bawah ini Popbela sudah merangkum buah dan sayur yang kaya akan vitamin C untuk meningkatkan imunitas tubuh. Yuk, simak!

1. Paprika Merah

unsplash.com/vish448

Siapa sangka, jenis sayur-sayuran yang satu ini mengandung vitamin C tiga kali lebih banyak daripada jeruk! Paprika merah juga merupakan sumber vitamin A yang baik, jadi selain menjaga kekebalan tubuh, kamu juga sekaligus meningkatkan kesehatan mata.

2. Kale

www.foodmatters.com

Pasti sebagian dari kamu masih asing dengan sayur kale. Padahal semangkuk kale menyediakan vitamin C lebih banyak daripada sebuah jeruk. Si hijau yang satu ini juga memberikan dosis mineral dan asam lemak yang cukup besar lho, Bela.

3. Brokoli

www.allamfortrade.com

Sayuran yang satu ini juga kaya akan vitamin C dan mengandung setumpuk serat yang diperlukan tubuh. Jika kamu rutin mengonsumsinya, brokoli dapat mencegah penyakit kanker. 

4. Pepaya

unsplash.com/debora_cardenas_

Ternyata buah pepaya mempunyai banyak manfaat lho, mulai dari menjaga kesehatan kulit sampai menguatkan tulang. Setengah buah ini juga mengandung vitamin C sedikit lebih tinggi dari buah jeruk.

5. Stroberi

unsplash.com/mmartini

Buah stroberi juga menjadi salah satu buah yang kaya akan vitamin C, mengandung folat dan senyawa lain yang berguna untuk kesehatan jantung. Manfaat lain yang nggak terduga dari buah ini yaitu dapat membantu memutihkan gigi secara alami. 

6. Kiwi

unsplash.com/enginakyurt

Tahukah kamu kalau buah kiwi memproduksi lebih banyak vitamin C dari buah jeruk? Mengonsumsi kiwi secara rutin juga baik untuk tubuh karena mengandung potasium dan zinc.

7. Mangga

unsplash.com/charlesdeluvio

Mangga mengandung vitamin C yang cukup tinggi, buah ini memainkan peran penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, mangga juga memiliki vitamin A yang tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan mata. Namun, konsumsi pada pagi atau siang hari ya, Bela. Karena kandungan gulanya juga cukup tinggi, sehingga baik sebagai sumber tenaga untuk aktivitas harian kamu.

8. Jeruk

unsplash.com/themeinn

Buah jeruk sering dijadikan pilihan untuk mendapatkan nutrisi vitamin C, mungkin karena buah yang satu ini mudah dicari. Jika bosan dimakan segar, kamu bisa memerasnya atau olah menjadi jus. Selain sehat pasti rasanya segar banget, ya.

Itulah buah dan sayur yang kaya akan vitamin C untuk meningkatkan imunitas tubuh. Di tengah wabah virus corona, imunitas tubuh menjadi salah satu hal yang penting untuk kamu miliki. Konsumsi beberapa pilihan sayur dan buah yang mengandung vitamin C tinggi diatas secara rutin ya, Bela, agar dapat terhindar dari beragam penyakit. 

IDN Media Channels

Latest from Food