Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

20 Trik Dasar Ini Bantu Kamu Jadi Mahir Memasak, Apa Saja?

Ini keahlian dasar yang harus kamu kuasai dulu!

Dina Lathifa

Terlepas dari  sosok laki-laki maupun perempuan, semua orang harus memiliki keahlian di dapur, baik itu untuk memenangkan hati seseorang maupun sekadar memenuhi kebutuhan utama hidup. Namun kenyataannya, nggak semua orang mahir memanfaatkan bahan-bahan makanan beserta peralatan memasaknya. Ada pun sebagian orang merasa 'tersesat' ketika sudah berada di dapur. Jadi, harus bagaimana?

Tenang, selalu mulai dari hal sederhana dan paling mendasar untuk menguasai sesuatu. Sama halnya dengan memasak. Melansir dari Life Hack, ada beberapa tips dan trik dasar memasak yang dapat kamu kuasai pertama kali. Mudah, kok! Apa saja?

1. Menyimpan es krim dalam kantong plastik ziplock

Pexels.com/Kristina Paukshtite

Es krim dapat membeku keras jika kamu taruh begitu saja dalam freezer, menyulitkanmu untuk menyantapnya saat mengeluarkannya. Jika ingin menyimpan es krim untuk kamu makan lagi di lain waktu, masukkan ke dalam kantor plastik ziplock sebelum meletakkannya dalam freezer. Dengan trik ini, konsistensi es krim akan tetap sama sampai kamu mengeluarkannya lagi.

2. Bekukan pisang sebagai bahan dasar es krim

Pexels.com/Juan Salamanca

Ketika dibekukan dan dihaluskan, buah pisang akan menjadi bahan dasar es krim yang tepat dan kamu dapat mencampurnya dengan buah lain maupun topping lain. Jadilah es krim yang menyehatkan sebagai camilan!

3. Campur adonan pancake dalam kantong plastik agar lebih praktis

Pexels.com/Mike Esparza

Plastik ziplock atau plastik pastry dapat kamu gunakan unutk adonan pancake. Pastikan untuk membuat lubang kecil pada ujung plastik jika nggak memiliki plastik pastry. Dengan trik ini, kamu nggak perlu repot lagi jika ingin membuat pancake dengan cepat di pagi hari atau kapan pun kamu inginkan.

4. Gunakan benang gigi untuk memotong makanan yang lembut

Pexels.com/Lisa Fotios

Dapur atau meja makan akan jadi berantakan jika kamu memotong kue besar dengan pisau kecil. Bahkan, kamu akan kesulitan memotong keju atau Swiss rolls dengan tepat. Coba gunakan benang gigi atau dental floss untuk memotong makanan yang lembut ini. Proses memotong lebih cepat, lebih presisi, dan lebih rapi. Ingat, pakai benang yang baru!

5. Masak banyak dan simpan untuk seminggu ke depan

Pexels.com/Ella Olsson

Kamu dapat menghabiskan waktu di dapur untuk memasak berbagai macam makanan di akhir pekan. Sayur tumis, ayam, ikan, steak, nasi, kentang panggang, apa pun yang ingin kamu makan selama sepekan atau beberapa hari ke depan. Masak semuanya dan simpan dalam wadah plastik yang aman. Kamu pun akan punya makanan siap saji kapan saja dibutuhkan.

6. Gunakan bubuk protein, susu almond, tepung oat, dan buah beku untuk camilan sehat

Pexels.com/Rama Khandkar

Selalu ada cara sehat untuk membuat camilan yang lezat. Jika sedang ingin makan pancake, ganti bahan-bahannya dengan yang lebih sehat. Bubuk protein, susu almond, tepung oat, dan buah beku. Pastinya, pancake-mu nggak akan menyalahi aturan dietmu!

7. Bekukan campuran rempah segar dalam minyak zaitun

Pexels.com/Ella Olsson

Jika suka menambahkan daun rempah segar pada makanan, kamu dapat membuat stoknya! Potong daun rempah, taruh dalam cetakan es, rendam dengan minyak zaitun, lalu bekukan. Jadi saat memasak sesuatu di lain waktu, cukup masukkan satu daun rempah beku ke dalam makananmu.

8. Mengeringkan daun rempah dalam microwave

Pexels.com/Mareefe

Untuk penyimpanan jangka lama, kamu dapat membeli berbagai macam daun rempah di pasar tradisional dan membuat kombinasi rempah-rempahmu sendiri, lalu keringkan menggunakan microwave. Taruh dan panaskan selama 20 detik, lalu balikkan dan panaskan kembali. Ulangi sampai daun benar-benar kering dan kamu dapat menghancurkannya dengan mudah.

9. Taruh irisan apel dengan baked treats

Pexels.com/Mareefe

Baked treats cenderung cepat kering dan nggak terasa enak setelah beberapa waktu lamanya. Trik mudah untuk mengatasi hal ini adalah dengan menaruh irisan buah apel dalam wadah penyimpanan baked treats. irisan apel akan membantu mengawetkan tekstur makanan dan menjaga rasanya tetap lezat lebih lama.

10. Taruh telur dalam kulkas untuk mengelupasi dengan mudah

Pexels.com/Daniel Reche

Telur rebus kadang susah untuk dikupas, namun itu hanya untuk telur baru dan segar. Telur yang telah tersimpan selama seminggu juga masih aman dan lezat untuk kamu santap, bahkan mudah untuk dikupas dari kulitnya. Jadi, coba beli telur yang sudah berusia lebih lama, bukan telur baru. Simpan dalam kulkas selama beberapa hari sebelum merebusnya.

11. Gunakan sendok untuk mengupasi telur dari kulitnya

Pexels.com/Anna Shvets

Jika ingin menyantap telur rebus dan hanya punya telur segar, kamu dapat menambahkan garam saat merebus dan gunakan sendok untuk memecahkan sedikit satu sisinya. Lalu, kamu dapat mengelupasi cangkangnya dari dalam. Cepat dan mudah!

12. Rendam telur dalam cuka putih untuk membuat poached eggs

Pexels.com/TR Davis

Poached eggs merupakan varian sajian telur yang cukup sulit untuk dibuat. Tapi, ada trik mudah yang dapat kamu coba. Ingat, kamu perlu menjaga bentuk telur tetap konsisten ketika merebusnya. Jadi triknya adalah rendam telus dalam cuka putih selama beberapa menit sebelum memecahkannya dan membuat poached eggs.

13. Anyam strip daging asap dan panggang dalam oven

Pexels.com/Angele J

Bacon atau daging asap dapat matang lebih sempurna di oven ketimbang teflon. Jika ingin membuat proses masak ini lebih menarik dan lebih praktis, anyam strip daging asap ini menjadi satu kotak yang rapi, lalu panggang. Bentuk ini cocok untuk sajian roti lapis dan kamu akan terhindar dari irisan daging yang terlepas saat memanggangnya.

14. Bakar ikan di atas irisan lemon

Pexels.com/Spencer Selover

Ikan cenderung menempel pada alat pembakaran, bahkan terpisah ketika kamu tempatkan di atasnya. Coba taruh beberapa irisan lemon sesuai panjang ikan, lalu taruh potongan ikan di atasnya. Dengan cara ini, ikan nggak akan menempel pada alat pembakaran, serta mendapatkan tambahan rasa pada dagingnya.

15. Lapisi botol soda dengan paper towel basah

Pexels.com/Artem Beliaikin

Minuman soda di rumah terasa kurang dingin? Kamu butuh mendinginkannya dengan cepat? Ambil paper towel basah dan selimuti botol soda tersebut sebelum memasukkannya ke dalam lemari pendingin. Minumanmu akan dingin dengan cepat!

16. Gunakan pemanggang waffle untuk hash browns

Pexels.com/Pixabay

Membuat hash brown itu gampang-gampang susah. Namun, trik sederhana ini membantu proses masak jadi lebih praktis. Gunakan pemanggang waffle untuk memasak hash browns. Tinggal taruh adonan dan tutup alatnya. Hash brown akan matang dengan warna cokelat keemasan yang merata dan sempurna.

17. Panaskan tiram dalam microwave agar mudah dibuka

Pexels.com/Elle Hughes

Butuh tenaga ekstra untuk membuka tiram sebelum memasaknya. Jika belum mahir menggunakan pisau untuk membukanya, coba panaskan tiram terlebih dahulu dalam microwave selama 10-20 detik. Proses ini akan mempermudah membuka tiram.

18. Basahi atau panaskan roti basi agar jadi lebih renyah

Pexels.com/Mariana Kurnyk

Hanya punya roti baguette atau loaf yang terlihat mulai basi? Coba siram dengan air mengalir sebentar dan panggang dalam oven selama 5-10 menit. Kamu pun dapat menyelimuti roti dengan handuk basah dan memanggangnya dalam oven. Cara ini akan membuat roti kembali segar dan renyah seperti baru.

19. Buat mangkuk cokelat menggunakan balon

Pexels.com/Giftpundits.com

Pernah melihat cara koki membuat mangkuk cokelat yang dapat dimakan? Mereka hanya menggunakan balon! Lelehkan cokelat kemudian celupkan balon yang sudah ditiup ke dalamnya sampai menutupi setengah permukaan, seperti setengah bulat. Jika sudah dingin, pecahkan balon dan keluarkan. Kamu sudah punya mangkuk cokelat untuk dessert yang dapat dimakan.

20. Gunakan 2 piring untuk memotong tomat ceri

Pexels.com/Karolina Grabowska

Memotong tomat ceri dalam jumlah banyak terdengar cukup merepotkan. Kalau begitu, coba taruh seluruh tomat ceri itu pada satu piring, lalu taruh piring lainnya di atasnya. Kemudian, tekan pelan dan gerakkan pisaumu untuk memotong dengan satu kali irisan. Ingat, jangan menekan terlalu keras karena itu akan menghancurkan tomatnya!

Meski belum mahir memasak, pastikan kamu mengantongi trik dasar yang dapat membantumu menyiapkan makanan di dapur. Mulai dari keahlian dasar, perlahan kamu dapat memasak dan mengolah berbagai bahan makan serta tahu cara menggunakan peralatan di dapur. Kamu pun dapat memasak untuk menarik hati pasanganmu, atau untuk memenuhi kebutuhan utama hidupmu saja.  

IDN Media Channels

Latest from Food