Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Makanan Korea Selatan yang Wajib Kamu Coba Seperti di Drama Korea

Jalmukesumneda!

Dina Lathifa

Selain menahan diri untuk jatuh cinta pada para pemainnya, salah satu hal sulit lainnya yang perlu dihadapi saat menonton K-Drama atau variety show adalah menahan rasa lapar dan keinginan untuk mencicipi makanan Korea Selatan yang terlihat begitu lezat. Ada kimbap, tteokbokki, odeng, jjajangmeyon, jjampong, sampai makanan yang dihidangkan khusus untuk keluarga kerajaan. Bahkan, ramen saja terlihat begitu menggoda!

Ada banyak sekali ragam kuliner khas Korea Selatan yang dapat kamu temukan saat berkunjung ke negara tersebut (atau ketika berkunjung ke restoran Korea Selatan di sekitarmu).

Namun, ada 15 makanan Korea Selatan yang dianggap sebagai menu klasik yang sering ditemukan dalam acara televisi yang kamu tonton. 15 makanan Korea itu jadi yang wajib kamu coba.

Apa saja? Yuk, simak ulasannya!

1. Jjajangmyeon

kitchenmisadventures.com

Mie dengan saus kacang hitam ini merupakan hidangan Cina-Korea yang paling digemari anak-anak dan orang dewasa. Ada sesuatu dari rasanya yang membuat anak-anak selalu menginginkannya dan menjadi makanan pilihan mereka.

Biasanya, menu makanan Korea ini dihidangkan bersama dengan potongan daging dan bawang untuk memperkaya rasanya. Kamu pun akan menemukan 'danmuji' atau acar lobak kuning tersaji pada bagian atasnya. Jjajangmyeon juga cocok disantap oleh kamu yang nggak suka hidangan pedas!

2. Kimchi Jjigae

koreanbapsang.com

Kimchi Jjigae atau sup kimchi ini dianggap sebagai menu klasik Korea Selatan. Ada kimchi, daging, tahu, dan sayuran lainnya yang berkumpul menjadi satu di dalam sup sehingga membuat menu ini jadi favorit.

Kimchi Jjiage pun umumnya disantap dengan semangkuk nasi putih dan hidangan samping lainnya. Sup ini juga jadi hidangan yang paling dicari ketika cuaca dingin. Rasanya pun sedikit lebih pedas. Jadi bagi kamu yang nggak suka makanan pedas, siap-siap berkeringat ketika menyantapnya.

3. Tangsuyuk

maangchi.com

Sama seperti jjajangmyeon, tangsuyuk adalah hidangan khas Cina-Korea Selatan. Menu ini berupa potongan daging yang digoreng dalam rendaman minyak, kemudian ditumis dengan saus asam-manis bersama dengan potongan sayuran seperti bawang dan wortel. Hidangan ini umumnya dimakan bersama dengan jjajangmyeon, tapi kamu juga bisa memesan menu ini sendiri, kok.

4. Tteokbokki

dok. internet

Tteokbokki jadi salah satu makanan Korea Selatan yang paling sering muncul di acara televisi apapun, setuju? Ini merupakan cemilan paling terkenal sepenjuru negeri dan biasanya dijual oleh pedagang kaki lima. Tteokbokki adalah potongan kue besar yang dimasak dengan saus cabai pedas.

Beberapa ada yang menghidangkannya dengan irisan bawang, kue ikan (odeng), dan telur rebus. Rasanya yang pedas ditambah harganya yang terjangkau membuat tteokbokki jadi nagih!

Biasanya tersaji dalam warna kemerahan dan pedas, namun ada juga yang menyediakan tteokbokki dalam warna dan rasa berbeda. Ada rasa saus kacang hitam, saus alfredo, atau rasa rose. Mau coba, Bela?

5. Gamjatang

dok. internet

Makanan Korea ini juga dikenal dengan nama sup tulang babi. Hidangan ini merupakan sup dengan potongan kentang, kol, daging babi, dan sayuran lainnya. Gamjatang menjadi menu yang paling dicari saat memasuki musim dingin dan nikmat disantap dengan semangkuk nasi.

6. Hanwoo atau Samgyeopsal

maangchi.com

Hanwoo dianggap sebagai daging kelas A atau kelas terbaik di Korea Selatan. Makanan Korea ini dijual dengan harga yang cukup mahal dan biasanya dimakan tanpa nasi karena rasanya yang begitu lezat. Jika bujetmu kurang untuk membeli hanwoo, restoran korean barbeque pada umumnya memiliki ragam daging lainnya yang bisa kamu nikmati.

Salah satu pilihan lainnya yang juga cukup terkenal adalah samgyeopsal atau daging perut babi. Panggang daging yang kamu pilih, bungkus dalam daun selada bersama dengan kimchi, kemudian celupkan pada saus dan santap! 

7. Fried Chicken

cbc.ca

Fried Chicken atau ayam goreng tepung di Korea Selatan berbeda dengan yang biasa kamu santap di Indonesia, Bela. Ayam goreng tepung di negara ini biasanya dalam baluran saus yang pedas atau kurang pedas. Ada juga yang memiliki rasa bawang atau honey butter yang gurih-manis.

8. Naengmyeon

maangchi.com

Pernah makan mie dingin, Bela? Nah, Korea Selatan punya menu tersebut! Namanya naengmyeon, menu mie dingin yang terbuat dari mie soba dan disajikan dalam kuah kaldu dingin.

Sebagian orang menyajikannya bersama dengan potongan lobak, buah pir, telur rebus, daging, dan tambahan cuka atau mustard. Makanan Korea ini biasanya jadi favorit di musim panas karena rasanya yang lezat dan kuah dinginnya yang segar.

9. Kimchi Bokkeumbap

maangchi.com

Apapun yang dicampurkan dengan kimchi rasanya pasti lezat, termasuk salah satunya adalah kimchi bokkeumbap atau nasi goreng kimchi. Kamu hanya perlu menumis kimchi dan nasi bersama, menambahkan bumbu untuk membuat rasanya jadi lebih pedas atau gurih sesuai selera, dan memasukkan potongan daging atau telur untuk melengkapi hidangan. Ingin membuat sajian jadi lebih 'mewah'? Tambahkan potongan keju dan biarkan meleleh. Rasanya? Worth to try!

10. Bibimbap

koreanbapsang.com

Kalau kamu adalah tipe orang yang senang mengaduk nasi dengan sayur dan lauk-pauk sebelum memakannya, patut mencoba bibimbap, nih! Biasanya, bibimbap terdiri dari nasi putih, tauge, bayam, telur, daging, wortel, zucchini, timun, jamur, dan sayur lainnya. Kemudian, tambahkan minyak wijen dan biji wijen di atasnya.

Aduk semuanya menjadi satu, maka hidangan siap disantap! Namun, kamu juga bisa membuat bibimbap dengan nasi dan sayur atau lauk-pauk yang tersisa dari makan sebelumnya.

Masukkan semua dalam satu mangkok dan aduk. Voila! Kamu sudah membuat bibimbap versi kamu sendiri. Ini jadi cara asyik untuk menghabiskan sisa makanan di rumah.

11. Japchae

maangchi.com

Makanan Korea selanjutnya ini menjadi lauk yang sering dimakan dengan nasi. Japchae dibuat dari soun atau bihun Korea yang dimasak dengan campuran daging dan sayur. Sayur yang bisa dimasukkan ke dalam japchae di antaranya adalah wortel, paprika, jamur, dan bawang bombai.

Bahan-bahan tersebut kemudian dimasak dengan bawang putih, kecap asin, gula, dan ditumis dengan minyak wijen. Makanan satu ini biasanya dihidangkan pada pesta atau acara khusus.

12. Bungeoppang

gstarlive.com

Kue ikan ini pasti sering kamu jumpai di drama Korea maupun di banyak street food saat ini. Bungeoppang merupakan kue berbentuk ikan yang serupa dengan waffle dengan isian pasta kacang merah di dalamnya.

Untuk membuat camilan manis ini, kamu memerlukan bahan berupa tepung terigu, garam, baking soda, gula, air, dan minyak sayur. Setelah adonan dicampurkan, bungeoppang kemudian dicetak menggunakan cetakan ikan sampai kedua sisinya kecokelatan. Tampak menggiurkan, ya?

13. Kimbap

seriouseats.com

Sekilas mirip dengan sushi, tetapi kimbap adalah makanan Korea Selatan yang dibuat dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut. Di dalamnya, kimbap diisi dengan daging dan sayuran, mulai dari daging, kimchi, ketimun, bayam, wortel, dan lain sebagainya.

Sementara itu, nasi putih sebagai lapisannya dibumbui dengan garam dan minyak wijen supaya terasa gurih. Setelah digulung, kimbap kemudian dipotong-potong sehingga cocok untuk satu suapan. Dengan bentuknya yang praktis, makanan ini sering dipakai sebagai bekal piknik atau bekal perjalanan. 

14. Sundubu Jjigae

mykoreankitchen.com

Kembali dengan makanan yang berkuah, kali ini kamu bisa menikmati sup tahu sutera khas Korea bernama sundubu jjigae. Seperti namanya, "sundubu" yang berarti tahu halus. Bahan utama sup ini pun berupa tahu sutera.

Tak hanya tahu saja, sundubu jjigae juga diisi dengan aneka sayuran hingga protein hewani sesuai selera. Untuk kuahnya, sup ini dilengkapi dengan bumbu dan kaldu.

Cita rasa dari sup tahu ini cenderung pedas tetapi gurih dan nikmat. Biasanya, makanan khas Korea ini disantap saat cuaca dingin dengan disandingkan bersama nasi. 

15. Bulgogi

bonappetit.com

Makanan Korea yang terakhir adalah bulgogi atau daging sapi barbeque khas Korea Selatan. Daging yang akan dimasak menjadi bulgogi ini diiris tipis-tipis terlebih dahulu sebelum dibumbui.

Adapun bumbu yang diperlukan untuk memasak bulgogi di antaranya adalah kecap asin, gula pasir, minyak wijen, lada hitam, dan bawang putih. Biasanya, makanan ini dihidangkan bersama nasi putih hangat dan aneka makanan pendamping lainnya. 

Ada 15 makanan Korea Selatan yang wajib kamu coba. Hmm, mau makan yang mana dulu ya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Food