Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cocok Jadi Camilan di Rumah, Ini Resep Lumpia Semarang yang Renyah

Dengan bahan dasar rebung

Cynthia Claudia

Lumpia Semarang merupakan salah satu cemilan khas kota Semarang yang jadi favorit masyarakat. Cemilan satu ini terdiri dari berbagai macam isian, mulai dari daging ayam, bihun, jamur, dan rebung. 

Perpaduan daging dan sayuran ini dibalut dengan kulit lumpia yang renyah, dan sering disajikan dengan saus sambal agar lebih nikmat. Bagi Bela yang ingin coba membuatnya di rumah, berikut ini adalah resep lumpia khas Semarang yang mudah dibuat.

1. Bahan-bahan untuk membuat lumpia rebung

pixabay.com/May_Hokkaido

Pertama, kamu harus menyiapkan bahan untuk membuat adonan kulit lumpia dan adonan isian lumpia. Namun, kamu juga bisa menggunakan kulit lumpia instan agar lebih praktis.

Bahan kulit lumpia:

  1. 20 lbr kulit lumpia instan
  2. Minyak goreng secukupnya

Bahan isian lumpia:

  1. 100 gr udang, potong dadu
  2. 200 gr rebung, iris tipis memanjang lalu direbus
  3. 2 batang daun bawang
  4. 2 butir telur, digoreng orak arik
  5. 1 sdm ebi yang sudah dihaluskan
  6. 3 siung bawang putih
  7. 1/2 sdt gula
  8. 1/4 sdt lada bubuk
  9. 1 sdt garam

Bahan saus:

  1. 50 gr gula merah, iris tipis
  2. 2 siung bawang putih
  3. 200 ml air
  4. Garam, gula, lada bubuk, kaldu bubuk secukupnya
  5. 1 sdm tepung maizena yang dilarutkan dengan 2 sdm air

2. Membuat isi lumpia rebung

pexels.com/Sagar Konduri

Panaskan minyak di panci, kemudian tumis ebi dan bawang putih hingga harum dan kecoklatan. Masukkan udang yang sudah dipotong berbentuk dadu lalu aduk hingga tercampur rata.

Setelah udangnya matang, masukkan telur yang sudah di orak arik beserta gula, lada bubuk, garam, daun bawang, dan rebung. Lalu, aduk rata dan tuangkan air hingga mendidih. 

Cek rasanya, dan jika sudah pas, angkat dan dinginkan.

3. Masukkan isian ke dalam kulit lumpa lalu digulung

pixabay.com/sontung57

Masukkan isian yang sudah dingin ke dalam kulit lumpia. Pastikan isinya sudah dingin agar nanti kulitnya tidak robek ketika dibentuk. Ambil 1 lembar kulit lumpia, masukkan 1 sdm isian, kemudian lipat dan rekatkan kulitnya dengan 2 sdm tepung terigu yang sudah dilarutkan dengan air. 

Setelah semua kulit lumpia sudah terpakai, siapkan wajan untuk menggoreng lumpia. Panaskan minyaknya dahulu, dan goreng lumpia hingga matang dan berwarna kecoklatan.

4. Membuat saus lumpia

Wholefully.com

Untuk membuat saus lumpia, rebus air dahulu kemudian masukkan bawang putih halus, garam, gula merah, lada bubuk dan adonan hingga larut.

Setelah mendidih, tuang 1 sdm tepung maizena yang telah dilarutkan dengan air. Aduk kembali dan masak hingga sausnya mengental dan mendidih, lalu matikan kompor. Saus lumpianya siap dituangkan ke mangkok.

5. Lumpia khas Semarang siap disajikan dengan saus dan daun bawang

instagram.com/lumpiasemarang.jkt

Sajikan lumpia rebung di atas piring, kemudian letakkan mangkuk berisi saus lumpia di sampingnya. Bela juga bisa menambahkan daun bawang sebagai pelengkapnya.

Lumpia rebung khas Semarang pun siap disajikan dengan saus sambal yang nikmat. 

Itulah resep lumpia Semarang yang renyah dan cocok jadi camilan di rumah, Bela. Daripada kamu ngiler, yuk segera coba buat di rumah agar tahu rasanya gimana!

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Resep Lumpia Rebung khas Semarang, Renyahnya Pengen Ngunyah Terus" ditulis oleh Izam Lisa

IDN Media Channels

Latest from Food