Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Supaya Lidah tak Gatal, Ini 7 Cara Mengolah Nanas yang Baik dan Benar

Bisa pakai garam atau memanaskannya

Audia Natasha Putri

Kalau sedang musim panas begini, memang paling nikmat menikmati buah nanas. Cita rasa nanas yang manis dan asam memang sangat menyegarkan dan mampu menghilangkan dahaga. Buah tropis ini bisa disantap langsung sebagai camilan atau diminum sebagai jus.

Sayangnya, kandungan enzim bromelain pada nanas terkadang membuat lidah terasa gatal saat mengonsumsinya. Tingkat keasaman nanas yang cukup tinggi juga dapat menyebabkan mulut terasa gatal, sehingga menimbulkan rasa tak nyaman dan kemerahan di sekitar rongga bibir.

Namun kini tak perlu risau, Bela. Kamu bisa meminimalisir rasa gatal tersebut dengan beberapa tips mengonsumsi nanas yang tepat di bawah ini. Simak langkah-langkahnya, yuk!

1. Lebih baik konsumsi daging nanas bagian luar

Esmarter.com

Enzim bromelain penyebab lidah gatal memang terdapat di seluruh bagian buah nanas. Namun, enzim ini paling banyak ditemukan pada bagian tengah daging nanas. Dengan mengonsumsi daging buah bagian luarnya saja, akan lebih sedikit enzim bromelain yang mengenai lidah Anda.

Supaya lebih mudah disantap, potong daging nanas hingga inti atau bagian kerasnya, lalu buang bagian batangnya.

2. Lumuri nanas dengan garam

Tasteofhome

Cara aman untuk mengonsumsi nanas adalah dengan menggunakan garam sebelum disantap. Hal ini karena garam terbukti ampuh untuk menonaktifkan enzim bromelain yang terkandung dalam nanas. Untuk mencegah rasa gatal akibat enzim ini, kamu juga bisa merendam atau melumuri nanas dengan air garam, lalu diamkan sejenak. Setelahnya, bilas hingga bersih saat nanas hendak disantap.

Menurut ahli akupuntur Amerika Serikat, Dr. Lily Choi mengungkapkan bahwa merendam nanas dalam air garam akan menambah rasa manis buah nanas dan membuatnya semakin legit untuk disantap.

3. Memanggang nanas

Julieharrington.com

Selain dengan garam, memanggang nanas juga bisa menjadi solusi tepat untuk menghindari rasa gatal di lidah saat makan nanas. Mengingat, enzim bromelain dapat berkurang drastis dengan suhu tinggi.

Tak hanya mengurangi enzim bromelain, memanggang nanas dapat memberikan efek karamelisasi yang membuat rasa buah tropis ini menjadi lebih manis.

4. Olah nanas menjadi jus

Yayforfood.com

Nanas adalah salah satu buah yang mengandung kaya nutrisi dan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan peradangan dalam tubuh. Seperti buah pada umumnya, nanas juga bisa diolah menjadi  jus atau smoothies. Meneguk jus nanas dipercaya dapat meredakan rasa gatal pada lidah ketimbang menyantapnya secara langsung.

5. Mencampurkan nanas dengan yoghurt

Eat This Much

Sedari dulu, yoghurt dipercaya sebagai olahan kaya probiotik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Begitu juga dengan kandungan antioksidan pada nanas yang dapat mencegah infeksi tubuh. Menggabungkan keduanya menghasilkan kombinasi yang tepat sebagai antioksidan alami untuk memperkokoh imunitas tubuh dari virus atau penyakit.

Bukan hanya itu, perpaduan nanas fan yoghurt juga dapat meredakan rasa gatal di lidah. Kandungan enzim bromelin mampu meredamkan protein pada yogurt, ketimbang pada jaringan lidah.

6. Hilangkan bagian matanya

Freepik.com

Sebenarnya, tak ada pengujian ilmiah yang membuktikan bahwa menghilangkan bagian mata nanas dapat menghilangkan rasa gatal pada lidah. Namun, banyak orang percaya bahwa teknik pemotongan ini mampu meminimalisir efek gatal tersebut.

Langkah ini sering kali diaplikasikan oleh para penjual buah atau jus agar buah nanas terlihat lebih cantik dan rapih.

7. Konsumsi nanas berumur lebih tua

Unsplash.com/Phoenix Han

Banyak orang lebih menyukai menyantap nanas muda karena rasanya lebih menyegarkan. Sayangnya, nanas muda mengandung enzim bromelain yang lebih tinggi ketimbang nanas matang. Walau tak berbahaya, bromelain yang tinggi dapat menimbulkan risiko iritasi dan gatal menyengat pada bibir dan rongga mulut bagian dalam.

Nanas yang memiliki kematangan yang baik dapat dikenali lewat aroma harum yang khas dengan tekstur yang lebih lunak, ketimbang nanas muda.

Itulah, tips mengkonsumsi nanas yang baik agar lidah tak gatal. Selamat mencoba, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Food