Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sangat Ampuh! Berikut 7 Cara Menjaga Makanan dari Tikus

Say no more to tikus bandel!

Audia Natasha Putri

Tikus adalah salah satu hewan hama yang keberadaannya sangat mengganggu di rumah. Bagaimana tidak, hewan pengerat ini sering sekali merusak barang-barang di rumah dengan cara menggigitnya. Sebut saja kabel, kasur, peralatan makan, pakaian, bahkan bahan makanan.

Yang menyebalkan, tikus kerap menyantap makanan yang ada di rumah kita hingga membuat rumah kotor. Tikus juga menyebarkan bakteri lymphocytic choriomeningitis pada makanan yang disantapnya. Bakteri ini dapat menyebabkan diare dan demam hebat.

Lalu bagaimana cara menjaga makanan agar tetap aman dari serangan tikus? Mengutip Pest Management, simak cara berikut ini.

1. Menyimpan makanan di kulkas

Freepik.com

Perlu diingat, tikus cukup lincah dalam mencuri makanan. Menutup makanan dengan tudung saji tidaklah cukup. Karena itu sebaiknya simpanlah makanan di dalam kulkas. Cara ini cukup efektif karena tikus tidak suka tempat bersuhu dingin.

Agar tidak "kecolongan", sebaiknya kulkas tertutup rapat sebelum kita tidur atau meninggalkan rumah. Hal ini karena tikus dapat menyelinap masuk celah sekecil apa pun dari pintu kulkas yang terbuka.

2. Menutup celah di rumah

pexels.com/Marcus Aurelius

Berbagai cara dilakukan tikus untuk  menggerogoti makanan di rumah kita, misalnya menyelinap melalui celah pintu, jendela, lubang lantai, dan retakan kecil di dinding.

Kamu perlu memblokir akses masuk tikus di setiap sudut rumah, seperti memastikan pintu dan jendela tertutup rapat. Selain itu, kamu juga bisa menutupnya dengan bahan-bahan berikut ini.

  • Dempul dan wol baja. Campuran dempul dan wol baja menghasilkan ermukaan yang halus yang dapat menutup lubang kecil. Cara ini efektif agar tikus tidak bisa menarik dan menggigitnya.
  • Semen. Semen cukup keras dan kuat tentunya tikus sulit menggerogotinya dan mencegah tembok bolong.
  • Logam. Logam memiliki bahan cukup kuat sehingga tikus tidak bisa memasukinya. Cara ini cukup ampuh untuk melindungi rumah dari serbuan tikus. Namun, periksalah secara berkala agar logam tidak berkarat.
  • Kaca. Kaca menjadi bahan lain yang sulit digerogoti oleh tikus.

3. Membuat jebakan tikus

Pixabay.com/Reginal

Tikus dapat menahan lapar cukup lama dan menunggu momen yang pas untuk menggerogoti makanan kita. Karena itu, menyimpan makanan di dalam wadah tidaklah cukup.

Selain menutup celah dan lubang, kamu dapat membuat jebakan di beberapa titik agar tikus mati. Supaya tak gagal membuat jebakan, kamu perlu gunakan sarung tangan karena indra penciuman tikus yang kuat dapat mendeteksi bau manusia pada jebakan.

Jebakan yang bisa dimanfaatkan, antara lain sebagai berikut.

  • Jebakan jepret. Jebakan ini banyak digunakan orang. Kamu bisa membuat jebakan jepret dengan kayu dan dipasangi umpan supaya tikus mendekat.
  • Perangkap lem. Cukup efektif, lem tikus memilki zat perekat yang sangat kuat sehingga tikus dapat terjebak dengan mudah. Caranya dengan menempatkan lem di titik-titik tertentu supaya tidak mendekat ke makanan
  • Jebakan elektrik. Jenis jebakan yang satu ini dapat menyetrum tikus dengan listrik bertegangan tinggi. Cara ini memudahkan penghuni rumah untuk menangkap dan membunuh tikus di rumah.

Dengan jebakan di atas, tikus akan tak berdaya dan mati sendirinya. Jika sudah begini, buang bangkainyabgar rumahmu tidak bau dan terkontaminasi bakteri.

4. Bersihkan rumah

ruparupa.com

Tikus sangat senang bersemayam di tempat yang kumuh, lembab, berbau dan bertemperatur hangat. Karena itu kamu perlu membersihkan seluruh bagian rumah secara rutin, seperti dapur, meja makan, kulkas, gudang, dan loteng. Jangan lupa letakkan kapur barus di tempat yang sering dilewati tikus. Kapur barus memiliki senyawa kimia aktif dan bau menyengat yang ampuh mendepak tikus dari rumah.

5. Membersihkan dan membuang isi tong sampah

Pexels/cottonbro

Tong sampah yang kotor dan lembab menjadi tempat favorit tikus memperoleh makanan. Untuk mencegah tikus bersarang di sana, kamu perlu membuang isi tong sampah sehari dua kali, yakni siang hari dan sebelum tidur.

Jangan lupa membersihkan tong sampah dengan disinfektan dan cairan pembersih supaya menghilangkan aroma busuk yang dapat menarik perhatian tikus.

6. Memelihara kucing

Unsplash.com/Daria Shatova

Kucing adalah predator terbesar bagi tikus dan keberadaannya sangat membantu kita dalam membasmi hama ini. Sebagai hewan yang menyukai tantangan, kucing akan memburu tikus dan memangsanya. Hal ini tentunya membuat tikus takut untuk datang ke rumah.

7. Simpan rapat di wadah makanan

Freepik.com

Tikus adalah hewan pemakan segala, bahkan roti kecil sekalipun. Maka itu, sebaiknya simpan rapat makanan ke dalam toples, wadah kedap udara, tempat bekal makan sebelum kita pergi.

Cara ini ampuh untuk mengusir tikus dari rumah. Tikus yang tak mendapat asupan makanan akan meninggalkan rumah dan mencari sumber makanan di tempat lain.

Nah, itulah tujuh cara mencegah tikus menggerogoti makanan milik kita. Makan aman, hati pun senang. Say goodbye to tikus!

IDN Media Channels

Latest from Food