Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Lauk Lezat khas Nusantara ini Bisa Dijadikan Stok Makanan Darurat

Nggak harus selalu mi instan dan kornet, kok!

Audia Natasha Putri

Bagi sebagian orang, hujan adalah sebuah ancaman yang tak boleh diremehkan, apalagi jika dibarengi dengan cuaca ekstrem, seperti badai petir atau angin kencang. Tentu fenomena ini akan menimbulkan bencana alam lainnya yang dapat memakan korban jiwa, misalnya saja banjir bandang, longsor, ataupun air bah.

Sebagai antisipasi, penting sekali untuk selalu waspada dan menyiapkan banyak hal dalam menghadapi potensi cuaca ekstrem ini. Termasuk memenuhi asupan pangan dengan membuat stok lauk makanan.

Tak melulu olahan makanan instan, kamu bisa membuat beberapa lauk lezat khas Nusantara sebagai stok siaga bencana dan dapat disimpan lama. Simak, yuk, daftarnya!

1. Tempe orek kering

Cookpad.com

Tempe orek kering memang tak pernah absen dari meja makan keluarga Indonesia. Olahan tempe yang digoreng kering lalu dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, lada, dan ketumbar yang diulek dan ditambah kecap garam, dan gula. Lauk satu ini dapat bertahan lama hingga 2-3 minggu lamanya, tergantung seberapa kering tesktur tempe yang digoreng.

2. Teri kacang kering

Resepumiku.com

Nah, lauk satu ini menjadi primadona banyak orang karena rasanya yang gurih dari teri medan dan renyahnya kacang tanah goreng. Teri kacang kering sedap disantap bersama sambal terasi dan nasi panas, tak lupa segelas es jeruk yang segar.

3. Kentang mustofa

Rinaresep.com

Kentang mustofa atau populer sebagai kering kentang juga menjadi opsi lauk kering yang dapat bertahan lama. Biasanya kentang mustofa dapat awet disimpan dalam suhu ruang hingga 1 bulan.

Kentang dipotong tipis lalu digoreng kering dan dimasak bersama cabai rawit, bawang-bawangan dan gula merah ini menjadi panganan favorit para pendaki gunung.

4. Dendeng atau gepuk daging

tripadvisor.in

Kamu bisa mengandalkan daging sapi untuk diolah menjadi menu tahan lama, yang bisa dijadikan stok makanan. Termasuk Dendeng atau gepuk merupakan daging yang dikeringkan bersama bumbu khas dengan tekstur yang chewy, namun tetap kering.

Agar rasanya semakin meriah, biasanya banyak orang menambahkan bumbu basah atau sambal balado sebagai pendamping. Untuk itu, baiknya pisahkan bumbu basah atau sambal dari kemasan dendeng agar tidak benyek.

5. Ayam serundeng

Youtube.com/Ika Mardatillah

Tak hanya daging, ayam pun bisa disulap menjadi lauk tahan lama dengan cara digoreng sampai kering sempurna. Sebagai inspirasi, kamu bisa memasaknya dengan bumbu serundeng agar rasanya semakin sedap. Untuk menambah tekstur dan rasa ketika melahapnya, buatlah kremesan ayam dan simpan di stoples secara terpisah.

6. Rendang

Unileverfoodsolutions.co.id

Kepopuleran rendang sebagai makanan paling lezat tak hanya tersohor di Indonesia, tetapi juga di kancah internasional. Selain rasanya yang lezat, kaya bumbu, serta paduan gurih-pedas, rendang dapat menambah selera makan siapapun yang melahapnya. Tak hanya itu saja, rendang juga dapat bertahan lama dan menjadi lauk andalan orang Minang ketika dalam perjalanan jauh.

Sebagai tips, Popbela sarankan agar rendang dimasak sampai benar-benar kering dan bumbunya berubah kehitaman supaya awet lebih lama.

7. Terasi bakar

Pinterest.com

Faktanya, sebagian masyarakat Indonesia menjadikan terasi bakar sebagai lauk teman menyantap nasi hangat. Bukan terasi biasa, nantinya sebelum dibakar, terasi akan melalui proses fermentasi untuk siap dimakan. Untuk itu, pastikan kamu nemilih terasi segar dan berkualitas baik supaya rasanya nikmat dan beraroma udang yang kuat.

8. Sei asap

Seindo Travel

Makanan khas Nusa Tenggara Timur ini menjadi salah satu kuliner kekinian yang cukup digandrungi banyak orang. Tekstur daging yang lembut, bercengkerama akrab dengan rasanya yang gurih dan beraroma harum. Kamu bisa menambahkan sambal agar dapat menambah selera makan.

Sei juga bersifat tahan lama karena proses pembuatannya dengan cara diasap. Kamu bisa menyimpan sei asap dengan membungkusnya dan tersimpan rapat di kemasan yang sudah divakum udara. Letakkan di dalam kulkas dan keluarkan saat dalam kondisi genting.

9. Abon

Masak Apa Hari Ini

Abon adalah salah satu lauk praktis yang kini dijual banyak di supermarket atau toko kelontong. Abon sendiri merupakan olahan daging sapi atau ayam berbentuk seperti suwiran kering dengan rasa yang gurih dan lezat.

Kamu juga bisa mempertajam skill memasakmu dengan membuat abon sendiri di rumah dengan daging. Sebenarnya, langkah pembuatan abon tak sulit. Hanya saja membutuhkan konsistensi dan waktu cukup lama untuk mengaduk bahan-bahannya hingga benar-benar kering.

Nah, itulah ke-9 rekomendasi lauk tahan lama khas Nusantara yang bisa kamu coba. Selain lebih sehat, deretan lauk di atas juga dapat merangsang lidahmu dengan rasanya yang gurih dan bikin kecanduan, membuatmu tak bisa berhenti makan.

IDN Media Channels

Latest from Food