Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Makanan dan Minuman yang Bisa Membuatmu Bahagia

Makanan ini bisa memproduksi beberapa hormon anti stres

Audia Natasha Putri

You are what you eat. Pernah mendengar ungkapan populer tersebut, Bela? Ucapan ini sering dilontarkan sebagai sebuah nasihat dengan menggunakan analogi makanan. Namun, ungkapan ini memiliki makna cukup dalam, lho.

Menurut penelitian, makanan yang kita konsumsi dapat memengaruhi suasana hati. Maka tak heran jika mengonsumsi makanan tertentu, kamu merasa lebih relax, happy, bahkan semangat.

Makanan dan kebahagiaan berkaitan dalam memproduksi beberapa hormon bahagia dan anti stres, seperti dopamin, serotonin, dan endorfin. Meskipun kita dihadapkan peristiwa menyedihkan, hormon bahagia ini membantu emosimu agar tetap stabil.

Kalau kamu sedang galau, tak ada salahnya mengonsumsi beberapa makanan ini sebagai moodbooster. Yuk, simak daftarnya!

1. Cokelat hitam

eatthis.com

Tak hanya baik untuk kesehatan, menyantap cokelat hitam juga bisa membuat suasana hatimu bagus, lho! Dalam sebuah publikasi studi di National Library of Medicine tahun 2013, dijelaskan bahwa cokelat hitam dapat menumbuhkan rasa bahagia lebih lama.

Ini terjadi karena kandungan triptofan, theobromine, dan phenylethylalanine yang dapat meningkatkan suasana hati, kebahagiaan, dan mengurangi stres.

2. Kelapa

Pinterest

Tak hanya nikmat diminum ketika panas terik, kelapa juga mampu meningkatkan energi dan kebahagiaan.

Buah serbaguna ini juga kaya akan zat trigliserida rantai menengah yang bersumber dari santan atau sari daging kelapa. Zat bersifat antidepresan ini dapat mengurangi kecemasan dan stress. Manfaat ini dibeberkan dalam publikasi studi di Journal of Analytical & Pharmaceutical Research pada tahun 2017.

Agar lebih nikmat, kamu juga bisa membuat hidangan berbahan kelapa yang sedap, seperti klappertart, sop buah kelapa, atau pudding kelapa.

3. Makanan fermentasi

pinterest.com/NaturallyCurly.com

Banyak manfaat kesehatan yang bisa dirasakan saat mengonsumsi makanan fermentasi, seperti menyehatkan usus dan membuat kulit lebih sehat.

Proses fermentasi yang menghasilkan bakteri baik yang menetap di usus ini juga dapat meningkatkan rasa bahagia kita. Perasaan ini dihasilkan oleh hormon serotonin yang diproduksi dari sel-sel usus.

Beberapa Makanan fermentasi seperti asinan kubis, kimchi, kefir, kombucha, dan yoghurt mampu meningkatkan zar serotonin dalam tubuh.

4. Pisang

freepik.com/KamranAydinov

Buah berwarna kuning satu ini juga masuk dalam daftar makanan yang membuat bahagia. Pasalnya, pisang kaya akan hormon serotonin yang dapat meningkatkan suasana hatimu yang membuatmu bersemangat.

Buah ini mampu memenuhi asupan vitamin B6 dalam tubuh yang mengaktifkan zat serotonin. Pisang ukuran sedang mengandung hingga 0,4 mg vitamin B6 yang menyumbang sekitar 25 persen dari asupan harian tubuh.

5. Beri-berian

Healthline

Beri masuk dalam buah-buahan yang meningkatkan rasa bahagia. Fakta tersebut terungkap dalam studi tahun 2016 yang dipublikasikan di National Library of Medicine.

Kandungan sarat antioksidan flavonoid mampu menekan gejala depresi dan kecemasan. Dalam studi Annals of Neurology pada 2012 juga memaparkan, rutin meminum jus blueberry dapat mencegah penuaan dini yang membuatmu awet muda.

6. Kopi

Instagram @jiakopi.id

Bagi kamu pencinta kopi, ada kabar baik, nih! Mengutip sebuah studi di National Library of Medicine pada 2016, menyeruput kopi secara rutin memiliki banyak manfaat! Di antaranya adalah memicu perasaan bahagia, meningkatkan suasana hati, dan menekan depresi.

Kopi dipercaya dapat mengaktifkan hormon endorfin yang membuat tubuh lebih sehat dan bahagia. Mengonsumsi kopa juga dapat menambah stamina dan energi pada tubuh.

7. Alpukat

timeslive.co.za

Tak ada salahnya mengonsumsi buah alpukat ketika kamu sedang sedih. Pasalnya, zat omega-3 dan B3 dalam alpukat baik bagi kesehatan otak dan meningkatkan zat serotonin.  Zat ini berperan dalam mengatur suasana hati,  memacu rasa bahagia dan menurunkan stres. Selain itu, alpukat memuat zat kolin yang dapat mengatur sistem saraf dalam tubuh.

Itulah tujuh makanan dan minuman yang akan membuatmu benar-benar bahagia. Konsumsilah secara wajar dan tidak berlebihan, ya!

IDN Media Channels

Latest from Food